Air sadah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keran bak mandi dengan kalsifikasi yang terbentuk dari air sadah di Arizona Selatan.

Air sadah adalah air yang mempunyai kandungan mineral tinggi (berbeda dengan “air lunak”). Air sadah terbentuk ketika air meresap melalui endapan batu kapur, kapur atau gipsum, [1] yang sebagian besar terdiri dari kalsium dan magnesium karbonat, bikarbonat, dan sulfat .

Air minum sadah mungkin memiliki manfaat kesehatan yang moderat. Hal ini dapat menimbulkan masalah kritis dalam lingkungan industri, di mana kesadahan air dipantau untuk menghindari kerusakan yang merugikan pada boiler, menara pendingin, dan peralatan lain yang menangani air. Di lingkungan rumah tangga, air sadah sering kali ditandai dengan kurangnya pembentukan busa saat sabun diaduk dalam air, dan dengan terbentuknya kerak kapur di ketel dan pemanas air. [2] Jika kesadahan air menjadi perhatian, pelunakan air biasanya digunakan untuk mengurangi dampak buruk air sadah.

Asal[sunting | sunting sumber]

Air hujan alami, salju, dan bentuk presipitasi lainnya biasanya memiliki konsentrasi kation divalen yang rendah seperti kalsium dan magnesium. Mereka mungkin memiliki konsentrasi kecil ion seperti natrium, klorida dan sulfat yang berasal dari angin di atas laut. Jika curah hujan turun di cekungan drainase yang terbentuk dari batuan keras, kedap air, dan miskin kalsium, hanya ditemukan konsentrasi kation divalen yang sangat rendah dan air tersebut disebut air lunak . [3] Contohnya termasuk Snowdonia di Wales dan Dataran Tinggi Barat di Skotlandia.

Daerah dengan geologi yang kompleks dapat menghasilkan tingkat kesadahan air yang bervariasi dalam jarak pendek. [4] [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hard water". National Groundwater Association. Diakses tanggal 28 June 2019. 
  2. ^ World Health Organization Hardness in Drinking-Water Diarsipkan 2021-11-05 di Wayback Machine., 2003
  3. ^ Weingärtner, Herman] (December 2006). Ullmann's Encyclopedia of Industrial Chemistry - Water. Weinheim: Wiley–VCH. doi:10.1002/14356007.a28_001. 
  4. ^ "Map showing the rate of hardness in mg/L as Calcium carbonate in England and Wales" (PDF). DEFRA/ Drinking Water Inspectorate. 2009. 
  5. ^ USGS - U.S. Geological Survey Office of Water Quality. "USGS Water-Quality Information: Water Hardness and Alkalinity". usgs.gov.