Rem udara (aeronautika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rem udara di bagian belakang Eurowings BAe 146-300
Convair F-106 Delta DartRem udsra di kerahkan
A U.S. Air Force F-16 Fighting Falcon menunjukkan rem udaranya
DFS sejenis rem udara di Slingsby Capstan

Dalam aeronautika , rem udara atau rem kecepatan adalah jenis permukaan kendali penerbangan yang digunakan pada pesawat untuk meningkatkan gaya hambat pada pesawat. Saat diperpanjang ke aliran udara, rem udara menyebabkan peningkatan gaya hambat pada pesawat. Saat tidak digunakan, mereka menyesuaikan dengan profil lokal pesawat untuk membantu meminimalkan hambatan.

Rem udara berbeda dengan rem peluak karena rem udara dirancang untuk meningkatkan gaya hambat sambil membuat sedikit perubahan pada gaya angkat , sedangkan peluak mengurangi rasio gaya angkat terhadap gaya tarik dan memerlukan sudut serang yang lebih tinggi untuk mempertahankan gaya angkat, sehingga menghasilkan kecepatan terhenti yang lebih tinggi .

Konfigurasi rem udara[sunting | sunting sumber]

Seringkali, karakteristik peluak dan rem udara diinginkan dan digabungkan - sebagian besar pesawat jet modern memiliki fitur gabungan peluak dan kendali rem udara. Saat mendarat, penerapan peluak ini menyebabkan penurunan gaya angkat sayap yang signifikan, sehingga bobot pesawat dipindahkan dari sayap ke bagian bawah pesawat udara. Meningkatnya bobot meningkatkan gaya gesekan yang tersedia untuk pengereman. Selain itu, bentuk gaya hambat yang diciptakan peluak langsung membantu efek pengereman. Dorongan mundur juga digunakan untuk membantu memperlambat pesawat setelah mendarat.

Hampir semua pesawat bertenaga jet memiliki rem udara atau, pada sebagian besar pesawat, peluak pengangkat yang juga berfungsi sebagai rem udara. Pesawat yang digerakkan oleh baling-baling mendapat manfaat dari efek pengereman alami baling-baling ketika tenaga mesin dikurangi menjadi idle, namun mesin jet tidak memiliki efek pengereman yang serupa, sehingga pesawat bertenaga jet harus menggunakan rem udara untuk mengendalikan kecepatan dan sudut penurunan selama pendekatan pendaratan. Banyak jet awal menggunakan parasut sebagai rem udara saat mendekat ( Arado Ar 234 , Boeing B-47 ) atau setelah mendarat ( English Electric Lightning ). Rem udara ekor-kerucut belah telah digunakan pada pesawat serang angkatan laut Blackburn Buccaneer yang dirancang pada tahun 1950-an dan pesawat Fokker F28 Fellowship dan British Aerospace 146 . Rem udara Buccaneer, ketika dibuka, mengurangi panjang pesawat di ruang terbatas di kapal induk . F -15 Eagle , Sukhoi Su-27 , F-18 Hornet dan pesawat tempur lainnya memiliki rem udara yang terletak tepat di belakang kokpit .

Bidang kendali belah[sunting | sunting sumber]

Kemudi guling belah adalah kemudi guling yang berfungsi normal dalam penerbangan tetapi dapat terbelah menjadi dua sehingga bagian atas naik dan bagian bawah turun untuk mengerem. Teknik ini pertama kali digunakan pada F-89 Scorpion dan sejak itu digunakan oleh Northrop pada beberapa pesawat, termasuk B-2 Spirit .

Pesawat Luar Angkasa menggunakan sistem serupa. Kemudi yang dibelah secara vertikal dibuka dengan gaya "kulit kerang" saat mendarat untuk bertindak sebagai rem kecepatan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]