Air (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air
Poster resmi
SutradaraBen Affleck
Produser
  • David Ellison
  • Jesse Sisgold
  • Jon Weinbach
  • Ben Affleck
  • Matt Damon
  • Madison Ainley
  • Jeff Robinov
  • Peter Guber
  • Jason Michael Berman
Ditulis olehAlex Convery
Pemeran
SinematograferRobert Richardson
PenyuntingWilliam Goldenberg
Perusahaan
produksi
Distributor
  • Amazon Studios (Amerika Serikat)
  • Warner Bros. Pictures (Internasional)
Tanggal rilis
  • 18 Maret 2023 (2023-03-18) (SXSW)
  • 05 April 2023 (2023-04-05) (Amerika Serikat & Indonesia)
Durasi112 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$70–90 juta[2][3]
Pendapatan
kotor
$86.3 juta[4]

Air adalah sebuah film drama olahraga biografi Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Ben Affleck dan ditulis oleh Alex Convery. Film ini berdasarkan pada peristiwa nyata tentang asal-usul Air Jordan, sebuah lini sepatu bola basket, di mana seorang karyawan Nike berusaha untuk mencapai kesepakatan bisnis dengan pemain pemula Michael Jordan. Film ini dibintangi oleh Matt Damon, Ben Affleck, Jason Bateman, Marlon Wayans, Chris Messina, Chris Tucker dan Viola Davis.

Proyek ini diumumkan pada April 2022 dengan Affleck ditetapkan untuk jadi sutradara, serta membintangi dan memproduksi bersama Damon dengan perusahaan produksi mereka yang baru dibentuk, Artists Equity. Pengambilan gambar utama berlangsung antara Juni dan Juli 2022 dengan Affleck bersatu kembali dengan kolaboratornya: sinematografer, Robert Richardson dan editor William Goldenberg. Sementara Michael Jordan tidak terlibat dalam produksi, dia bertemu dengan Affleck, menawarkan beberapa saran, termasuk casting Davis sebagai ibunya. Awalnya diatur untuk tayang perdana di layanan streaming Amazon Prime Video, distributor Amazon Studios memilih untuk merilis film ini secara teatrikal terlebih dahulu setelah tes pemutaran mendapat respon positif.

Air ditayangkan perdana di South by Southwest pada 18 Maret 2023 dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat dan Indonesia pada 5 April 2023.[5] Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, terutama untuk arahan Affleck, skenario Convery, dan penampilan para pemerannya, dan film ini mendapat keuntungan kotor, $86 juta di seluruh dunia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1984, Nike, Inc. yang berbasis di Oregon hampir menutup divisi sepatu basket mereka karena penjualan yang rendah. Menanggapi hal ini, Marketing VP Rob Strasser, bersama dengan co-founder dan CEO Phil Knight, menugaskan pencari bakat bola basket Nike, Sonny Vaccaro untuk mencari wajah baru untuk sepatu basket Nike.

Sementara mempertimbangkan pemain bola basket yang dipilih dalam draft NBA 1984, eksekutif Nike menganggap pilihan ketiga Michael Jordan terlarang, akibat Jordan merupakan penggemar Adidas dan terlalu mahal untuk anggaran kecil divisi bola basket. Tapi begitu Sonny menonton penampilan Jordan bersamaan dengan iklan Arthur Ashe untuk raket Head-nya, Vaccaro menjadi yakin bahwa Nike harus mengejar siapa yang dia anggap sebagai berpengaruh, dengan merek dan atlet saling membangun.

Setelah Sonny makan malam dengan temannya George Raveling, yang melatih Jordan di turnamen Olimpiade, dan meminta dukungannya untuk merayu Jordan, Sonny pergi ke Wilmington, Carolina Utara, di mana dia meyakinkan ibu Michael, Deloris bahwa Nike akan memberi Jordan semua perhatian yang dia miliki, yang tidak akan ia dapatkan dari merek favoritnya seperti Adidas dan Converse.

David Falk agen Jordan menelpon dan memarahi Sonny, tentang mendatangi keluarga kliennya, ia juga memberi tahu Sonny bahwa keluarga Jordan telah menjadwalkan pertemuan di markas Nike Beaverton, Oregon pada hari Senin berikutnya. Vaccaro dan Strasser mulai mempersiapkan promosi mereka sambil meminta desainer sepatu, Peter Moore untuk menyiapkan prototipe, yang dinamai Moore "Air Jordan". Sementara itu, Phil menerima seluruh anggaran $250.000 divisi bola basket untuk mempekerjakan Jordan.

Setelah pertemuan dengan Jordan dan orang tuanya berhasil, Vaccaro mengetahui bahwa Adidas menyamai tawaran Nike dan menambahkan Mercedes Benz 380SL, dan menurut Sonny kesepakatan itu tidak akan tercapai. Namun, Sonny menerima telepon dari Deloris, yang menyatakan bahwa Michael akan menandatangani kontrak dengan Nike dengan syarat dia mendapatkan persentase dari setiap penjualan Air Jordan.

Meskipun Vaccaro berpikir petinggi perusahaan tidak akan menerima syarat tersebut, Phil memberi tahu bahwa ia setuju dan akan bicara dengan dewan perusahaan. Sebuah epilog mengungkapkan Air Jordan melebihi harapan Phil sebesar $3 juta dalam penjualan, menghasilkan $162 juta dalam satu tahun dan menjadi sumber pendapatan tetap bagi Jordan.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Matt Damon sebagai Sonny Vaccaro
  • Ben Affleck sebagai Phil Knight
  • Jason Bateman sebagai Rob Strasser
  • Marlon Wayans sebagai George Raveling
  • Chris Messina sebagai David Falk
  • Chris Tucker sebagai Howard White
  • Viola Davis sebagai Deloris Jordan
  • Matthew Maher sebagai Peter Moore
  • Julius Tennon sebagai James R. Jordan Sr.
  • Tom Papa sebagai Stu Inman
  • Joel Gretsch sebagai John O'Neil
  • Gustaf Skarsgård sebagai Horst Dassler
  • Barbara Sukowa sebagai Käthe Dassler
  • Jessica Green sebagai Katrina Sainz
  • Dan Bucatinsky sebagai Richard
  • Damian Delano Young sebagai Michael Jordan

Produksi[sunting | sunting sumber]

Karakter Michael Jordan ditampilkan dalam film ini, meski wajahnya tidak terlihat dan dialognya terbatas.[6] Meski tidak terlibat langsung dengan film ini, Jordan bertemu dengan Ben Affleck sebelum awal produksi dan memberikan restunya pada proyek film ini, serta meminta empat perubahan pada naskah. Jordan meminta dimasukkannya George Raveling, asisten pelatihnya di tim bola basket pria Olimpiade Amerika Serikat 1984, yang pertama kali merekomendasikan agar dia menandatangani kontrak dengan Nike.[7][8][9] Jordan juga meminta agar Howard White, wakil presiden Nike's Jordan Brand dan teman pribadinya, dimasukkan dalam film ini. Hal ini secara langsung menyebabkan Affleck memilih Chris Tucker.[10] Dia juga meminta penghapusan Tinker Hatfield sebagai karakter, karena Hatfield, meskipun bekerja di Nike pada saat itu, tidak terlibat dalam pembuatan Air Jordan.[11] Terakhir, Jordan meminta peran orang tuanya, James R. Jordan Sr. dan Deloris Jordan untuk ditambahkan dan memilih Viola Davis untuk memerankan ibunya, di mana ibunya yang membuatnya untuk bertemu dan menandatangani kontrak dengan Nike.[10][12] Affleck dan Matt Damon melakukan revisi naskah tanpa dikreditkan untuk mengakomodasi permintaan Jordan.[7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 92% dari 302 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 7,7/10. Konsensus situs web tersebut tertulis: "Drama berbasis fakta yang tidak akan ditiru oleh siapa pun, Air bertujuan untuk mendramatisasi peristiwa yang mengubah dunia olahraga selamanya."[13] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 73 dari 100, berdasarkan 59 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang disukai secara umum".[14] Pemirsa yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A" pada skala A+ hingga F, sedangkan yang disurvei oleh PostTrak memberikan skor positif 93%, dengan 83% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikannya.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Air (15)". BBFC. March 30, 2023. Diakses tanggal March 30, 2023. 
  2. ^ McClintock, Pamela (April 4, 2023). "Box Office: 'Super Mario Bros.' to Find Oodles of Easter Eggs, Ben Affleck's 'Air' Joins Hunt". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 4, 2023. 
  3. ^ McClintock, Pamela (April 4, 2023). "Box Office Preview: 'Super Mario Bros.' Aims for $125 Million, Ben Affleck's 'Air' Targets $16 Million Debut". Variety. Diakses tanggal April 4, 2023. 
  4. ^ "Air (2023)". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal May 12, 2023. 
  5. ^ "11 Film yang Tayang di Bioskop April 2023, Lengkap dengan Infonya". detik.com. 3 April 2023. Diakses tanggal 15 Mei 2023. 
  6. ^ Juneau, Jen (June 30, 2022). "Ben Affleck and Matt Damon Spotted Together on Set of Their Upcoming Nike Movie". People. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2023. Diakses tanggal February 2, 2023. 
  7. ^ a b Mottram, James (April 6, 2023). "How Ben Affleck courted Michael Jordan for Nike drama 'Air'". NME. Diakses tanggal April 16, 2023. 
  8. ^ Cash, Meredith (March 29, 2023). "Michael Jordan gave Ben Affleck a list of things he wanted in the biopic 'Air,' including a prominent role for a Team USA assistant coach and Viola Davis as his mother". Insider. Diakses tanggal April 16, 2023. 
  9. ^ Bardini, Julio (April 6, 2023). "'Air' Wouldn't Be the Same Without Michael Jordan's Involvement". Collider. Diakses tanggal April 16, 2023. 
  10. ^ a b McEvoy, Colin (March 21, 2023). "Michael Jordan Had These Two Requests for Ben Affleck's Movie Air". Biography.com. Diakses tanggal March 23, 2023. 
  11. ^ Davids, Brian (April 11, 2023). "'Air' Writer Alex Convery on the Original Plan for Michael Jordan and Building Matt Damon's Show-Stopping Monologue". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 16, 2023. 
  12. ^ Keegan, Rebecca (2023-03-16). "Ben Affleck on 'Air,' New CEO Gig and Those Memes: "I Am Who I Am"". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-21. 
  13. ^ "Air". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2023-05-15. 
  14. ^ "Air Reviews". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal 15 Mei 2022. 
  15. ^ D'Alessandro, Anthony (April 9, 2023). "'Super Mario Bros' Hits High Scores: Record Opening For Animated Pic At $377M+ WW, 5-Day U.S. Record $204M+; 'Air' Soars To $20M – Sunday Box Office Update". Deadline Hollywood. Diakses tanggal April 9, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Air di IMDb (dalam bahasa Inggris) Sunting ini di Wikidata