Ain't No Other Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Ain't No Other Man"
Singel oleh Christina Aguilera
dari album Back to Basics
Dirilis June 3, 2006
Format CD, maxi-CD, music download
Genre Funk, pop, R&B
Panjang 3:48 (Main/Album Version)
Label RCA
Pencipta Christina Aguilera, Charles Roane, DJ Premier, Harold Beatty, Kara DioGuardi
Produser DJ Premier, Charles Roane (co-producer) & Christina Aguilera (additional production)
Sertifikasi Platinum (CRIA)
Platinum (RIAA)
Platinum (ARIA)
Kronologi singel Christina Aguilera
"Somos Novios (It's Impossible)"
(2006)
"Ain't No Other Man"
(2006)
"Hurt"
(2006)

Ain't No Other Man adalah single pertama yang dirilis oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Christina Aguilera yang diambil dari CD pertama album ketiganya berjudul Back to Basics. Single ini berhasil memenangkan penghargaan Grammy Award 2007 untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance. Kategori tersebut adalah nominasi keempat yang diraih oleh Christina Aguilera selama karier musiknya. Single yang dinominasikan untuk kategori ini selain Ain't No Other Man adalah Genie In A Bottle (1999), What A Girl Wants (2000) dan Beautiful (2004). Ain't No Other Man adalah single kedua Christina Aguilera yang meraih pernghargaan untuk kategori ini setelah pada tahun 2004 lalu ia berhasil memenangkan penghargaan untuk single Beautiful. Ain't No Other Man diciptakan oleh Christina Aguilera, Charles Roane, Chris E. Martin, Harold Beatty dan Kara DioGuardi, serta diproduseri oleh DJ Premier dan Charles Roane. Aliran musik yang diusung dalam single ini bervariasi, mulai dari pop, soul, blues dan jazz. Pihak RCA selaku label rekaman Christia Aguilera mengeluarkan single ini dalam format CD single dan digital downlad. Single tersebut dirilis pada tanggal 13 Juni 2006 di kawasan Amerika Utara, 28 Juli 2006 di Jerman dan 29 Juli 2006 di Australia. Di Inggris CD single Ain't No Other Man dirilis selama lebih dari 2 minggu dalam 2 versi yaitu CD single versi pertama (CD1) yang dirilis pada tanggal 24 Juli 2006, berisi lagu Ain't No Other Man versi Radio Edit dan Instrumental, serta CD2 Maxi pada tanggal 31 Juli 2006 yang berisi versi original dari lagu tersebut, versi akapela dan 2 versi remix lainnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Single Ain't No Other Man menampilkan cuplikan lagu The Moon People's Hippy, Skippy, Moon Strut (1969) dan The Cissy's Thang (1969) yang dipopulerkan oleh The Soul Seven. Di dalam lagu ini sebenarnya tidak terdapat instrumen asli berupa alat tiup karena keseluruhan instrumen jenis tersebut diambil dari cuplikan lagu Happy Soul pada tahun 1970 yang dipopulerkan oleh Dave Cortez dan The Moon People. Instrumen drum yang sudah disiapkan dalam lagu ini akhirnya diedit dan lebih menonjolkan instrumen alat tiup.

DJ Premier selaku produser untuk single Ain't No Other Man mengatakan "...It's pretty much about how Aguilera's husband has stolen her from the beginning...". Pihak manajeman label Christina Aguilera yaitu Sony BMG menaggapi isu bocornya single Ain't No Other Man sebelum dirilis ke pasaran pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Sony BMG berusaha mencari bagaimana kebocoran tersebut dapat terjadi dan siapa pelakunya. Akhirnya Sony BMG memutuskan untuk merilis single tersebut lebih awal setelah Christina Aguilera melantunkan lagu tersebut pada ajang penghargaan MTV Movie Award pada tanggal 3 Juni 2006 . Secara resmi pihak RCA merilis single Ain't No Other Man ke seluruh radio di kawasan Amerika Serikat satu hari setelah single tersebut bocor.

Salah satu personel Outkast yaitu Big Boi dijadwalkan untuk ikut memberikan kontribusi mengerjakan versi remix dari single tersebut. Namun beredar rumor yang menyatakan bahwa pihak RCA menolak mengajak Big Boi untuk terlibat dalam penggarapan versi remix tersebut karena dianggap akan terjadi kompetisi bisnis dalam dunia musik dengan Big Boi sendiri untuk single "The Mighty O". Pihak RCA mengganti Big Boi dengan rapper asal Houston yaitu Chamillionaire. Ternyata versi remix yang dikerjakan oleh Chamillionaire tidak begitu populer dikalangan penggemar Christina Aguilera dan tidak mendapat banyak respon dari para pendengar berbagai radio di Amerika.

Video klip[sunting | sunting sumber]

Video klip Ain't No Other Man yang disutradari oleh Bryan Barber dengan tema glamor, klasik dan nuansa klub malam

Video klip Ain't No Other Man disutradari oleh Bryan Barber dan dikerjakan selama 3 hari mulai tanggal 1 Mei 2006 hingga 3 Mei 2006 di Los Angeles. Video tersebut dirilis secara eksklusif di iTunes pada tanggal 20 Juni 2006 dan langsung menduduki posisi pertama di iTunes Video Chart. Video ini juga dipremierekan di acara TRL yang disiarkan oleh MTV pada tanggal 21 Juni 2006.

Tema yang diangkat dalam set video klip Ain't No Other Man berkisar pada nuansa tahun 20 dan 30-an, dimana Christina Aguilera berperan sebagai "image" dirinya yaitu Baby Jane (penyanyi klub malam Peggy Lee atau Judy Garland-ish). Nama Baby Jane terpampang jelas di bagian plat mobil yang dikendarai olehnya dan di depan pintu ruang gantinya. Sebagian besar shoot video ini diambil di sebuah klub, Christina Aguilera sedang bersiap di belakang panggung, kemudian berjalan menuju panggung untuk menyanyikan lagu Ain't No Other Man. Shoot yang lain memperlihatkan Christina Aguilera yang mengenakan gaun berwarna emas dan perak sambil bernyanyi memegang sebuah pengeras suara, sementara beberapa fotografer memfoto dirinya. Christina tampil dengan beberapa penampilan berbeda dalan satu scene. Salah satu shoot juga memperlihatkan Christina sedang menggunakan sebuah headphone dengan alat musik pemutar piringan hitam klasik disampingnya. Pada bagian awal dan akhir video tersebut terdengar cuplikan lagu yang juga diambil dari album Back to Basics berjudul I Got Trouble yang dibuat dengan efek radio minor with noise.

Video ini mendapat banyak respon dari para penontonnya. Pada acara MTV's Total Request Live, video Ain't No Other Man menempati posisi pertama selama 22 kali dan "pensiun" di urutan pertama. Video tersebut sekaligus menjadi video tersukses sepanjang karier Christina Aguilera di MTV dan juga menjadi video terbaik disepanjang tahun 2006 versi MTV TRL. Video ini juga masuk dalam 5 besar dalam program VH1's Top 20 Countdown dan berada di posisi pertama di TMF's Top 10 Countdown Eropa. Video Ain't No Other Man juga sempat dinominasikan dalam ajang penghargaan MTV Video Music Awards pada tahun 2006 untuk kategori Video of the Year, Best Female Video, Best Pop Video dan Best Choreography, tetapi tidak memenangkan salah satu dari nominasi-nominasi tersebut.

Format singel[sunting | sunting sumber]

CD Maxi Single (Premium)

  1. Ain't No Other Man (Main Version) - 3:47
  2. Ain't No Other Man (Jake Ridley Remix) - 6:00
  3. Ain't No Other Man (Ospina & Sullivan Remix) - 3:44
  4. Ain't No Other Man (Acapella Version) - 3:28

CD Maxi Single (Basic)

  1. Ain't No Other Man (Album Version) - 3:47
  2. Ain't No Other Man (Instrumental) - 3:47

Versi remix resmi :

  • Ain't No Other Man (Ospina & Sullivan Radio Mix) - 3:44
  • Ain't No Other Man (Ospina & Sullivan Radio Mix - Vox Up) - 3:44
  • Ain't No Other Man (Ospina & Sullivan Mixshow) - 5:16
  • Ain't No Other Man (Ospina & Sullivan Club Mix) - 7:11
  • Ain't No Other Man (Ospina & Sullivan Dub) - 5:38
  • Ain't No Other Man (Junior Vasquez Mix) - 5:56
  • Ain't No Other Man (Junior Vasquez Radio Edit) - 3:57
  • Ain't No Other Man (Jake Ridley Remix) - 6:00
  • Ain't No Other Man (Shapeshifters Mixshow Mix) - 5:24
  • Ain't No Other Man (Feat. Chamillionaire) - 4:15

Ain't No Other Man juga diremix oleh beberapa remixer, antara lain :

  • Tony Moran & Jody Den Broeden
  • DJ Wayne G.
  • Solar City vs DJ Rico

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Juni 2006 single Ain't No Other Man memulai debut tangga lagu di Billboard Hot 100 di posisi 19 karena banyaknya pendengar musik yang mendownload lagu tersebut. Single tersebut menjadi salah satu debut single tertingginya sejauh ini di Billboard Hot 100, dimana sebelumnya juga pernah dicapai untuk single pada tahun 2000 lalu yaitu I Turn To You. Single ini langsung melesat ke posisi sepuluh besar (top 10) di tangga lagu tersebut dan menduduki urutan tertingginya di posisi 6. Ain't No Other Man mampu bertahan selama 19 minggu di posisi empat puluh besar (top 40). Single tersebut terjual lebih dari 900.000 digital download hanya di kawasan Amerika Serikat.

Ain't No Other Man merupakan single keduanya yang berhasil menduduki posisi sepuluh besar (top 10) sejak hit terdahulunya yaitu Beautiful pada tahun 2003. Versi dance dari lagu ini juga berhasil menduduki urutan pertama di Billboard's Hot Dance Airplay dan Hot Dance Club Play Chart. Di Kanada (Canadian BDS Airplay Chart) single ini berada di urutan tertinggi di posisi ke 3 dengan debut single di posisi 38. Di Inggris single ini berhasil melesat di posisi kedua. Ain't No Other Man berhasil menduduki posisi ke 7 di Top 40 Radio dan merupakan singlenya yang kesepuluh yang menjadi top 10 di tangga lagu tersebut.

Di Indonesia single Ain't No Other Man berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia LIMA Top 50 Chart selama 1 pekan karena banyaknya persaingan musik pada waktu itu Salah satunya adalah dengan single milik Justin Timberlake, Sexyback. Semua single yang dirilis oleh Christina Aguilera di Indonesia sejauh ini dapat dikatakan berhasil karena mampu berada di posisi pertama di Indonesia LIMA Top 50 Chart. Single kedua Christina Aguilera yaitu Hurt berada di urutan pertama selama 2 pekan. Tell Me yang merupakan hasil kolaborasi antara Diddy dengan Christina Aguilera menempati urutan pertama selama 2 pekan, sedangka single ketiganya yaitu Candyman juga berhasil menduduki urutan pertama selama 3 pekan.

Selain Indonesia, single Ain't No Other Man juga berhasil menduduki peringkat pertama di berbagai negara seperti Argentina, Portugal, Filipina, Taiwan dan Jepang. Ain't No Other Man masuk ke dalam sepuluh besar (top 10) di Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Kanada, Chili, Republik Cekoslowakia, Denmark, Eropa, Finlandia, Jerman, Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Luxemburg, Meksiko, Nederland, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Rusia, Skandinavia, Slowakia, Spanyol, Swiss dan Ukraina.

Di United World Chart single Ain't No Other Man memulai debutnya di urutan ke 39 dengan angka penjualan single mencapai lebih dari 65.000 keping. Posisi tertinggi berada di urutan kedua dengan angka penjualan di minggu ke 14 sebesar lebih dari 254.000 keping. Sampai dengan saat ini single tersebut telah terjual lebih dari 4.200.000 keping di seluruh dunia.

Tangga Lagu (2006) Posisi Tertinggi
Argentina Top 40 Singles 1
Australian ARIA Top 50 Singles 6
Austrian Top 75 Singles 8
Belgium Ultra Top 50 Singles 11
Brazilian Hot 100 Singles 3
Bulgarian Airplay Top 100 Charts 3
Canadian BDS Airplay 3
Canadian Top 50 Singles (Sales) 14
Chilean Top 100 Singles 4
Czech Top 50 Singles 4
Denmark Top 20 Airplay 5
Denmark Top 20 Digital Downloads 8
Eurochart Hot 100 Singles 4
European Billboard Digital Tracks 2
Finnish (YLE-lista) Top 20 Singles 5
French Top 100 Airplay 26
German Top 100 Singles 5
Hungarian Top 50 Singles 3
IRMA Official Irish Charts 3
Italian Singles Chart 5
Japanese Top 20 Chart 13
Latvian Top 50 Airplay 5
LIMA Top 50 Chart (Indonesia) 1
Luxemburg Top 50 Singles 3
Mexican Airplay Top 100 12
Mexican Top 100 Digital Downloads 2
Netherlands Top 40 Singles 12
Netherlands Top 50 Singles 5
New Zealand RIANZ Top 40 Singles 5
Norwegian (VG-lista) Top 20 Singles 5
Polish Airplay Chart 2
Portugal Top 50 Singles 1
Quaday Hot 100 Singles Philippines 1
Russian Top 'Hit' 100 Singles 10
Scandinavian Top 20 Dance Tracks 18
Scandinavian Top 20 Urban Tracks 4
Slowakia Top 50 6
Slovenian Top 50 2
Spanish Top 100 Singles 6
Swedish Top 20 Singles 7
Swiss Top 100 Singles Chart 5
Taiwan Top 20 1
Tokio Hot 100 1
U.K. Top 200 Digital Downloads 3
U.K. Top 40 R&B Singles 3
U.K. Top 75 Singles 2
U.S. Billboard Adult Contemporary 20
U.S. Billboard Hot 100 6
U.S. Billboard Mainstream Top 40 9
U.S. Billboard Hot Dance Airplay 1
U.S. Billboard Hot Dance Club Play 1
U.S. Billboard Hot Digital Tracks 3
U.S. Billboard Pop 100 4
Ukraine Airplay Chart Top 20 8
United World Chart 2