Agnes dari Merania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Agnes dari Merania
AnezkaAndechs.jpg
Permaisuri Prancis
Periode1196–1200
Wafat1201 (1202)
WangsaWangsa Andechs
Wangsa Kapetia
AyahBerthold IV, Adipati Merania
IbuAgnes dari Rochlitz
PasanganPhilip II dari Prancis
AnakPhilip, Pangeran Clermont
Marie, Adipati Wanita Brabant

Agnes Maria dari Andechs-Merania (wafat tahun 1201), Ratu Prancis, merupakan putri Berthold IV, Adipati Merania (wafat tahun 1204), yang adalah Pangeran Andechs, sebuah kastil dan wilayah dekat Ammersee, Bayern dan dari tahun 1183 adalah Adipati Merania (Istria). Ibunya adalah Agnes dari Rochlitz. Ia disebut Marie oleh beberapa penulis riwayat Prancis.

Pada bulan Juni 1196 Agnes menikah dengan Philip II dari Prancis, yang mengabaikan istri keduanya Ingeborg dari Denmark pada tahun 1193. Paus Innosensius III mendukung penyebab Ingeborg; namun Philip tidak menyerah sampai tahun 1200, ketika sembilan bulan setelah larangan ditambah dengan pengucilan, ia setuju untuk berpisah dari Agnes. Ia meninggal karena patah hati pada bulan Juli tahun berikutnya di puri Poissy, dan dimakamkan di dalam Biara Santo Corentin, di dekat Nantes. Kedua anaknya dengan Philip II, Philip, Pangeran Clermont (wafat tahun 1234), dan Mary, yang menikah dengan Philip I dari Namur, disahkan oleh paus pada tahun 1201 atas permintaan raja. Sedikit yang diketahui tentang kepribadian Agnes, melalui pengaruh luar baisa yang tampaknya telah dilaksanakan atas Philip II. Ia dibuat menjadi seorang pahlawan dari sebuah tragedi oleh François Ponsard, Agnès de Méranie, dan sebuah opera oleh Vincenzo Bellini, La straniera.

Saudarinya Hedwig dari Andechs menikah dengan Henry I, Adipati Silesia dan dikanonisasikan sebagai Santa Hedwig pada tahun 1267. Saudarinya yang lain, Gertrude, menikah dengan Andrew II dari Hongaria dan adalah ibu Santa Elizabeth dari Hongaria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Prancis
Didahului oleh:
Ingeborg dari Denmark
Permaisuri Prancis
1196–1200
Diteruskan oleh:
Ingeborg dari Denmark