Agen ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Agen ganda adalah seseorang yang cenderung memata-matai sebuah organisasi sasaran atas perintah organisasi pengendalinya, tetapi kenyataannya setia pada organisasi sasaran itu. Agen ganda bisa juga merupakan agen organisasi sasaran yang menyelusup ke organisasi di mana ia menjadi agen, atau sebelumnya agen loyal organisasi itu yang tertangkap dan membelot ke sasaran; ancaman hukuman mati adalah cara paling umum untuk mengubah agen yang tertangkap itu menjadi agen ganda.[1] Diarsipkan 2007-06-07 di Wayback Machine.

Agen ganda sering digunakan untuk mengirimkan disinformasi atau mengenali agen lain sebagai bagian operasi kontra spionase. Mereka sering dipercayai oleh organisasi pengendalinya, sebab organisasi sasaran itu akan memberikan informasi yang benar namun tak berguna.

Istilah "agen ganda" sering digunakan bukan pada tempatnya di media massa untuk merujuk seseorang yang bekerja sebagai mata-mata ataupun agen rahasia. Seorang mata-mata sering menjual informasi dari sasaran ke organisasi pengendalinya.

Agen rangkap tiga cenderung menjadi agen ganda untuk organisasi sasaran, tetapi nyatanya bekerja untuk organisasi pengendali. Biasanya, ia menjaga kepercayaan organisasi sasaran dengan mengumpan informasi pada mereka yang penting namun nyatanya tak berguna.

Daftar agen ganda[sunting | sunting sumber]

Beberapa orang yang didaftarkan di sini bukanlah agen ganda yang sesungguhnya (seperti yang didefinisikan di atas), tetapi merupakan agen (tunggal) yang bekerja sebagai mole dalam sebuah badan intelijen.

Agen ganda fiktif[sunting | sunting sumber]

Peristiwa di mana agen ganda berperan penting[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]