Afro-Kolombia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Afro-Kolombia
afro-colombiano
Jumlah populasi
4,671,160 [9.34%] (2018)[1]
Daerah dengan populasi signifikan
terutama di Pasifik dan Karibia
Bahasa
Bahasa Spanyol Kolombia
Agama
mayoritas Katolik Roma , minoritas Protestan

Afro-Kolombia adalah nama yang diberikan kepada warga Kolombia keturunan Afrika. Kolombia memiliki populasi kulit hitam terbesar keempat di belahan bumi Barat setelah Brasil, Amerika Serikat, dan Haiti.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tarian tradisional Afrika-Kolombia "Festa in Palenque" di San Basilio de Palenque adalah bekas daerah kantong budak yang melarikan diri dan sekarang diakui oleh UNESCO sebagai warisan takbenda dan takbenda pemenang penghargaan.

Kehadiran orang kulit hitam Afrika di Kolombia sudah ada sejak zaman kolonial. Orang Afrika kulit hitam mulai diimpor ke perbudakan oleh Spanyol pada dekade pertama abad keenam belas. Pada tahun 1520-an, orang kulit hitam diimpor di Kolombia untuk menggantikan penurunan populasi penduduk asli Amerika yang stabil. Negro dipaksa bekerja di emas, perkebunan tebu, pertanian dan perkebunan besar.

Pekerja kulit hitam Afrika diperlukan di semua bagian Kolombia, bahkan di zaman modern. Pekerja kulit hitam adalah pionir dalam ekstraksi emas dari endapan aluvial dan budidaya tebu di masing-masing wilayah saat ini di Chocó, Antioquia, Cauca, Valle del Cauca, dan Nariño di Kolombia barat.

Di Kolombia timur, dekat kota Vélez, Cúcuta, Socorro dan Tunja, orang Afrika memproduksi kain di pabrik komersial. Tambang zamrud di luar Bogota sepenuhnya bergantung pada Pekerja Afrika. Juga, sektor ekonomi Kolombia lainnya, seperti tembakau, kapas, kerajinan tangan dan pekerjaan rumah tangga, tidak akan mungkin tanpa pekerja kulit hitam. Perbudakan di Kolombia sama tidak adil dan kejamnya seperti di tempat lain di Amerika. Pada periode sebelum penghapusan masyarakat Kolombia, banyak budak Kolombia berjuang untuk kebebasan segera setelah mereka tiba di Kolombia. Tentu saja ada orang kulit hitam Afrika yang kuat dan bebas di kota-kota yang disebut palenques, di mana orang kulit hitam bisa hidup sebagai cimarrones, yaitu melarikan diri dari penindas mereka.

Beberapa sejarawan menganggap Chocó sebagai Palenque besar dengan populasi besar cimarron, khususnya di daerah Sungai Baudó. Banyak pemimpin Cimarron yang terkenal, seperti Benkos Biojo dan Barule, berjuang untuk kebebasan. Orang kulit hitam memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan melawan Spanyol. Sejarawan menyatakan bahwa tiga dari lima tentara di pasukan Simón Bolívar adalah orang Afrika. Tidak hanya itu, Afro-Kolombia terlibat dalam semua tingkat kehidupan politik dan militer.

Penjual buah Afrika di Cartagena de Indias, Kolombia.

Sejak 1851, negara Kolombia telah mempromosikan ideologi yang melampaui atau salah mengartikan. Pemutihan populasi kulit hitam Afrika ini merupakan upaya pemerintah Kolombia untuk mengurangi atau, jika mungkin, sepenuhnya menghilangkan sisa keturunan Afrika atau India kulit hitam di antara orang Barat. Jadi, untuk mempertahankan tradisi budaya mereka, banyak orang kulit hitam dan penduduk asli yang terisolasi pergi jauh ke dalam hutan. Kolombia dan masyarakat adat menggunakannya dari perkebunan tebu, perkebunan kopi dan perkebunan pisang untuk pertambangan dan penebangan dll. Telah dan terus menjadi incaran para aktor bersenjata yang ingin pindah ke wilayahnya. Pada tahun 1945 divisi El Chocó didirikan; Ini adalah divisi politik-administratif pertama yang didominasi kulit hitam. El Chocó memberi orang kulit hitam kemampuan untuk membangun identitas regional kulit hitam dan otonomi. Namun, orang-orang yang sangat berkuasa dalam pemerintahan nasional bertekad untuk melihat kehancuran unit administratif-politik yang baru. Akibatnya, El Chocó tidak mendapat banyak perhatian dari pemerintah nasional dan justru ditandai dengan relokasi dan eksploitasi sumber daya alam yang terus berlanjut hingga hari ini.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada 1970-an, ada arus masuk orang Afro-Kolombia dari pedesaan ke kota-kota untuk mencari peluang sosial dan ekonomi yang lebih besar. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah daerah marginal miskin di kota-kota besar seperti Cali, Medellin dan Bogota. Sekitar 80% (3,7 juta orang) orang Kolombia keturunan Afrika saat ini tinggal di kota. Pada tahun 1991, Konstitusi Kolombia memberi mereka kepemilikan bersama atas pantai Pasifik dan menyetujui langkah-langkah khusus untuk pengembangan budaya. Kritikus mengatakan langkah-langkah ini tidak cukup.

Populasi Afro-Kolombia terkonsentrasi di daerah pesisir.[2]
  72,7%–100%
  45%–72,6%
  20,4%–44,9%
  5,8%–20,3%
  0%–5,7%
  tidak ada data

Orang Kolombia Afrika membentuk 5 juta orang, atau 10,6% dari populasi negara itu, paling terkonsentrasi di Karibia dan pantai barat laut Samudra Pasifik. Di kota metropolitan Choco, di kota Quibdo, Afro-Kolombia membentuk 95,3% dari total populasi kota.

Afro-Kolombia mungkin masih mengalami rasisme karena prasangka yang tersisa dari zaman kolonial. Mereka jarang ditemukan di posisi pegawai negeri senior. Afro-Kolombia berperan dalam mempromosikan pengembangan berbagai aspek budaya Kolombia. Banyak genre musik Kolombia, seperti Cumbia dan Vallenato, berasal dari Afrika. Beberapa orang Afro-Kolombia, seperti Maria Isabel Urrutia, mewakili Kolombia dalam kompetisi olahraga internasional

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Grupos étnicos información técnica". 
  2. ^ "22 Februari 2008". www.etniasdecolombia.org. Diakses tanggal 2021-12-10.