Afridi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Afridi
افریدی
Kelompok pejuang Afridi tahun 1878
Agama
Islam Sunni
Kelompok etnik terkait
Khattak · Orakzai · Wazir · Bannuzai
dan suku Karlani Pashtun lainnya

Afrīdī (bahasa Pashtun: اپريدی Aprīdai, jamak. اپريدي Aprīdī; bahasa Urdu: آفریدی ) adalah suku Pashtun yang ada di Pakistan, dengan jumlah besar di Afghanistan.[1]

Suku Afridi paling dominan di wilayah Spin Ghar sebelah barat Peshawar di Khyber Pakhtunkhwa, meliputi sebagian besar Celah Khyber dan Maidan di Tirah.[2] Migran Afridi adalah juga ditemukan di India, sebagian besar di negara bagian Uttar Pradesh, Bihar dan di distrik Kupwara Jammu dan Kashmir.[3]

Asal Usul[sunting | sunting sumber]

Suku Afridis pada mulanya disebut the Abaörteans (/ˌæbə.ɔrˈtiːənz/; Latin: Abaortae). Wilayah asli mereka adalah di Spin Ghar, wilayah pegunungan di sekitar Durand line yang berlokasi di timur Kabul dan sebelah barat Peshwar. Berdasarkan cerita rakyat Pashtun, suku Afridi menelusuri asal-usulnya kembali ke leluhur eponymous dari Pashtun, Qais Abdur Rashid, melalui putra bungsunya, Karlan. Dengan demikian, suku Afridi adalah salah satu suku Karlani, yang memiliki reputasi yang tangguh sebagai prajurit.

Klan[sunting | sunting sumber]

Orang Inggris mengklasifikasikan suku Afridis dalam 8 klan, yang bersifat hierarkis.[4]

  1. Kuki Khel
  2. Malikdin Khel
  3. Qambar Khel
  4. Kamar Khel
  5. Zakha Khel
  6. Aka Khel
  7. Sepáh
  8. Adam Khel

Kepercayaan[sunting | sunting sumber]

Islam adalah agama yang diikuti oleh sebagaian besar suku Afridis modern. Ilmu keagamaan mereka kebanyakan diperoleh dari Sultan Mahmud Ghazni, seperti Ibbetson dan Haroon Rashid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Afridi__Iranica.shtml Afridi demographics in Pakistan and Afghanistan Angka berlebihan yang terkadang disebutkan di Afghanistan mencerminkan dengan cara tertentu klaim Afghanistan atas Pashtunistan dan sebenarnya mewakili perkiraan seluruh suku Afridi di kedua sisi perbatasan.
  2. ^ Ramachandran (26-01-2023). Red Jihad: Islamic Communism in India 1920-1950. Indus Scrolls Press. hlm. 280. ISBN 978-93-90981-33-5. 
  3. ^ Study of the Pathan Communities in Four States of India, Khyber.org (retrieved 30 January 2008)
  4. ^ (Inggris)H.A. Rose, IBBETSON, Maclagan (1996). Glossary of the Tribes and Castes of the Punjab and North West Frontier Province (re-edition, first edited in 1919, 1911,1914 ed.). Asian Educational Services. pp. 252–253. ISBN 978-81-206-0505-3.