Advocaat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Segelas advocaat

Advocaat atau Advocaatenborrel adalah sejenis minuman beralkohol yang terbuat dari telur, gula dan brendi.[1] Minuman ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa seperti custard dan serupa dengan eggnog. Kadar alkohol umumnya adalah antara 14% dan 20% ABV. Ia dapat terbuat dari campuran kuning telur, spirit berperisa, gula atau madu, brendi, vanila dan kadang-kadang krim (atau susu evaporasi). Pembuat advocaat yang terkenal adalah Bols, Cooymans, Darna, DeKuyper, Dwersteg, Jansen, Verpoorten, Warninks, and Warners.

Jenis dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebotol advocaat

Advocaat pekat umumnya dipasarkan di pasar-pasar Belanda dan Belgia, walau dalam jumlah sedikit juga dapat ditemukan di pasar-pasar Jerman, Austria, dan Tirol. Ia umumnya disantap dengan sendok kecil, sementara advocaat yang lebih encer dijual sebagai produk ekspor. Advocaat yang pekat mengandung kuning telur, dan digunakan sebagai pelengkap wafel dan sebagai bahan untuk berbagai hidangan penutup seperti es krim, custard dan pastri. Ia juga dihidangkan sebagai minuman aperitif atau digestif dalam gelas besar dengan krim kocok dan bubuk kakao yang ditaburkan.

Minuman terkait[sunting | sunting sumber]

Terdapat minuman setara di Polandia bernama ajerkoniak (bahasa Jerman: Eier—telur; bahasa Perancis: Cognac) yang berbahan vodka dan bukan brendi, walaupun memiliki nama demikian.

Rompope yang berasal dari Puebla, Meksiko, dan Sabajón dari Colombia adalah minuman keras serupa yang berbahan dasar kuning telur dan vanila. Beberapa variasi menambahkan perisa tambahan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rinsky, Laura Halpin; Glenn Rinsky (2009). The Pastry Chef's Companion: A Comprehensive Resource Guide for the Baking and Pastry Professional. Hoboken, N.J.: John Wiley & Sons. p. 3. ISBN 0-470-00955-1. OCLC 173182689. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]