Adu kepalan tangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ambilan dekat adu kepalan tangan

Adu kepalan tangan, salam kepal tangan, atau salam tinju (Inggris: fist bump) adalah gerakan saling mengadukan kepalan tangan yang berfungsi mirip dengan jabat tangan atau tos. Adu kepalan tangan juga bisa bermakna memberikan rasa hormat atau persetujuan, juga persahabatan antara dua orang yang melakukannya. Adu kepalan tangan dapat diikuti dengan gerakan tangan dan tubuh lainnya (seperti segera membuka telapak tangan dan merentangkan jari untuk menggambarkan "ledakan") dan dapat juga menjadi bagian dari salam dap. Gerakan ini biasanya digunakan dalam dunia bisbol dan hoki sebagai bentuk perayaan dengan teman satu tim, dan dengan pemain lawan di akhir pertandingan. Dalam kriket, gerakan ini adalah gerakan perayaan yang umum di antara pasangan pemukul. Adu kepalan tangan sering diberikan sebagai bentuk ucapan selamat yang akrab.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Adu kepalan tangan dianggap sebagai alternatif salam yang lebih aman dari segi kesehatan dibandingkan dengan jabat tangan biasa.[1] Adu kepalan tangan 20 kali lebih higienis daripada jabat tangan dan 10 kali lebih higienis daripada tos.[2] Dalam beberapa pertandingan olahraga, sebagai contoh dalam NBA dan Piala Davis, adu kepalan tangan digunakan untuk menggantikan jabat tangan.[3][4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salam Adu Kepalan Tangan". VOA Indonesia. Diakses tanggal 2020-05-26. 
  2. ^ Afifah, Mahardini Nur (2020-03-02). Afifah, Mahardini Nur, ed. "Salaman, Tos, Adu Kepal Tangan, Mana Paling Baik Cegah Penularan Penyakit?". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-05-26. 
  3. ^ Bola.com (2020-03-03). "NBA Minta Pemain Tak Salaman untuk Hindari Virus Corona". bola.com. Diakses tanggal 2020-05-26. 
  4. ^ "Adu kepalan tangan menggantikan jabat tangan di Piala Davis". id.berita.yahoo.com. Diakses tanggal 2020-05-26.