Adsorpsi ayunan tekanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Adsorpsi ayunan tekanan (Inggris: Pressure swing adsorption, PSA) adalah teknologi yang digunakan untuk memisahkan beberapa spesies gas dari campuran gas di bawah tekanan sesuai dengan karakteristik molekuler spesies dan afinitasnya untuk bahan adsorben. Ini beroperasi pada suhu hampir ambien dan berbeda secara signifikan dari teknik distilasi kriogenik pemisahan gas. Bahan penyerap khusus (misalnya zeolit, karbon aktif, saringan molekuler, dll.) Digunakan sebagai perangkap, yang secara istimewa mengadsorpsi spesies gas target pada tekanan tinggi. Proses ini kemudian diayun ke tekanan rendah untuk menghilangkan bahan yang teradsorpsi.

Proses adsorpsi ayunan tekanan memanfaatkan fakta bahwa di bawah tekanan tinggi, gas cenderung tertarik ke permukaan padat, atau "teradsorpsi". Semakin tinggi tekanan, semakin banyak gas yang teradsorpsi. Ketika tekanan berkurang, gas dilepaskan, atau diserap. Proses PSA dapat digunakan untuk memisahkan gas dalam campuran karena gas yang berbeda cenderung tertarik ke permukaan padat yang berbeda lebih atau kurang kuat.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Hutson, Nick D.; Rege, Salil U.; and Yang, Ralph T., “Air Separation by Pressure Swing Absorption Using Superior Absorbent,” National Energy Technology Laboratory, Department of Energy, March 2001
  • Adsorption Research, Inc., “Absorption is the Solid Solution,”[1] Diarsipkan 2007-06-25 di Wayback Machine.
  • Ruthven, Douglas M., Principles of Absorption and Absorption Process, Wiley-InterScience, Hoboken, NJ, 2004, p. 1
  • Yang, Ralph T., “Gas Separation by Absorption Processes,”Series on Chemical Engineering, Vol. I, World Scientific Publishing Co., Singapore, 1997
  • Ruthven, Douglas M.; Shamsuzzman Farooq, Kent S. Knaebel (1993). Pressure Swing Adsorption. Wiley-VCH. ISBN 9780471188186.