Adrem (makanan ringan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kue adrem
14. Adrem 1.jpg
Adrem atau tholpit
Nama lainTolpit
Tempat asalIndonesia
Wilayah atau negara bagianBantul, Yogyakarta

Adrem atau disebut juga tholpit adalah salah satu makanan ringan traditional khas Bantul. Makanan ini terbuat dari bahan baku utama tepung beras dan gula jawa yang digoreng. Adrem banyak diproduksi di daerah Sanden dan dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional di Bantul dan sekitarnya.[1][2][3]

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Nama asli makanan ringan ini adalah adrem. Selain itu, masyarakat menyebutnya juga dengan nama "Tholpit", singkatan dari "konthol kejepit".[4] Hal ini disebabkan bentuknya yang menyerupai bagian alat kelamin pria, yaitu skrotum, jika terjepit.[5] Selain itu, tholpit juga disebut "mana tahan" yang berasal dari pernyataan jika alat kelamin pria terjepit.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bahan utama pembuatan kue adrem adalah tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Campuran tepung beras dan kelapa parut selanjutnya dicampur dengan gula merah yang sudah dilelehkan, ditumbuk, kemudian dicetak bulat seperti bakso yang dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng. Bentuk unik kue adrem diperoleh pada saat proses penggorengan, yaitu dengan cara dijepit dengan bilah bambu.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]