Adolph Joffe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adolph Joffe
Адо́льф Ио́ффе
Adolf Abramovich Ioffe.jpg
Duta Besar Uni Soviet untuk Tiongkok
Masa jabatan
1922–1924
PendahuluNikolai Kudashev
PenggantiLev Karakhan
Duta Besar Uni Soviet untuk Austria
Masa jabatan
12 Desember 1924 – 29 Juni 1925
PendahuluVoldemar Aussem
PenggantiJānis Bērziņš-Ziemelis
Anggota Sekretariat ke-6
Masa jabatan
6 Agustus 1917 – 8 Maret 1918
Informasi pribadi
LahirAdolph Abramovich Joffe
10 Oktober 1883
Simferopol, Kekaisaran Rusia
Meninggal dunia16 November 1927 (44 tahun)
Moskwa, SFSR Rusia, Uni Soviet

Adolph Abramovich Joffe (bahasa Rusia: Адо́льф Абра́мович Ио́ффе, alternative transliterations Adolf Ioffe atau, terkadang, Yoffe) (lahir di Simferopol, 10 Oktober 1883 – meninggal di Moskwa, 16 November 1927 pada umur 44 tahun) adalah seorang revolusioner Komunis, politikus Bolshevik dan diplomat Soviet keturunan Karait.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Karier revolusioner[sunting | sunting sumber]

Adolf Abramovich Joffe lahir di Simferopol, Krimea, Kekaisaran Rusia dalam sebuah keluarga Yahudi Karait kaya.[1][2] Ia menjadi sosial demokrat pada 1900 saat masih SMA, awalnya bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokrat Rusia pada 1903. Pada 1904, Joffe dikirim ke Baku, dalam rangka melarikan diri dari penangkapan. Ia kemudian dikirim ke Moskwa, namun melarikan diri lagi, pada waktu itu ke luar negeri. Setelah peristiwa Minggu Berdarah pada 9 Januari 1905, Joffe kembali ke Rusia dan aktif ikut dalam Revolusi Rusia 1905. Pada awal 1906, ia terpaksa beremigrasi dan tinggal di Berlin sampai ia diusir dari Jerman pada Mei 1906.

Di Rusia, Joffe dekat dengan faksi Menshevik dari Partai Sosial Demokrat Rusia. Namun, setelah pindah ke Wina pada Mei 1906, ia menjadi dekat dengan posisi Leon Trotsky dan membantu Trotsky menyunting Pravda dari 1908 sampai 1912 sambil belajar pengobatan dan dengan Alfred Adler, sambil belajar psikoanalisis.[3] Ia juga menggunakan kekayaan keluarganya untuk mendukung keuangan Pravda. Dalam aktivitas revolusioner bawah tanahnya, Joffe mengadopsi nama partai "V. Krymsky," sebuah nama yang artinya "Orang Krimea".[4]

Pada 1912, Joffe ditangkap saat mengunjungi Odessa, ditahan selama 10 bulan dan kemudian diasingkan ke Siberia.

Revolusi 1917[sunting | sunting sumber]

Pada 1917, Joffe, kabur dari pengasingan Siberia karena Revolusi Februari, kembali ke Krimea. Sosial demokrat Kristen mengirimnya ke ibu kota, Petrograd, untuk mewakili mereka, namun kemudian ia berpindah ke posisi revolusioner internasionalis, yang membuatnya masih berada di sebuah organisasi yang didominasi oleh Menshevik yang kurang radikal. Selain itu, ia bergabung dengan Trotsky, yang kembali dari luar negeri.

Pada Mei 1917, Joffe dan Trotsky secara sementara bergabung dengan Mezhraiontsy yang bersatu dengan Bolshevik di Kongres Partai Bolshovik VI yang diadakan antara 26 Juli (seluruh tanggal adalah Gaya Lama sampai Februari 1918) dan 3 Agustus 1917. Di Kongres, Joffie terpilih menjadi anggota kandidat (non-voting) Komite Pusat, namun dua hari kemudian, pada 5 Agustus, beberapa anggota Komite Pusat tersebut ditahan, bersembunyi atau tinggal jauh dari Petrograd dan tidak dapat menghadiri pertemuannya. menjadikan Joffe anggota biro permanen-nya. Pada 6 Agustus, Joffe menjadi anggota alternatif Sekretariat Komite Pusat dan pada 20 Agustus menjadi anggota badan editorial surat kabar Bolshevik Pravda yang kemudian secara temporer disebut Proletary (Proletarian) untuk alasan hukum legal.

Joffe mengepalai faksi Bolshevik di Duma (pemerintah kota) Petrograd pada musim gugur 1917 dan menjadi salah satu delegasi Duma untuk Konferensi Demokrat antara 14 dan 22 September. Meskipun Joffe, bersama dengan Lenin dan Trotsky, menentang partisipasi Bolshevik dalam pra-parlementer konsultatif yang dibuat oleh Konferensi Demokrat, gerakan tersebut dilakukan oleh mayoritas deputi-deputi Bolshevik dan Joffe menjadi anggota Bolshevik dari pra-parlementer.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ See Albert S. Lindemann. Esau's Tears: Modern Anti-Semitism and the Rise of the Jews, Cambridge University Press, 1997; pg. 430.
  2. ^ Ambassadors of the Soviet Union to Germany: Adolph Joffe, Vladimir Dekanozov, Nikolai Krestinsky, Konstantin Yurenev, Voldemar Aussem, LLC Books, 2010.
  3. ^ See Chapter XVII of Leon Trotsky's 'My Life' Diarsipkan 20060305033203 di www.marxists.org Galat: URL arsip tidak dikenal
  4. ^ Nadezhda A. Joffe, Back in Time: My Life, My Fate, My Epoch: The Memoirs of Nadezhda A. Joffe. Frederick S. Choate, trans. Oak Park, MI: Labor Publications, 1995; pg. 3.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Joffe, Maria: One Long Night: A Tale of Truth. London: 1978.
  • Joffe, Nadezhda: Back in Time: My Life, My Fate, My Epoch. Frederic S. Choate, trans. Oak Park, MI: Labor Publications, 1995.
  • Volobuev, Pavel Vasil'evich (ed.), Политические деятели России 1917: Биографический словарь. (Russian Politicians, 1917: A Biographical Dictionary). Moscow, Bol'shaia Rossiiskaia Entsiklopediia, 1993.
  • Zalesskii, Konstantin Aleksandrovich, Империя Сталина. Биографический энциклопедический словарь (Stalin's Empire: A Biographical Encyclopedic Dictionary). Moscow, Veche, 2000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]