Adolf Heuken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Adolf J. Heuken, S.J., (lahir 17 Juli 1929; umur 88 tahun) adalah seorang paderi katolik kelahiran Jerman yang kini menjadi warga negara Indonesia.

Adolf menyelesaikan sekolah menengah di Gymnasium Johann-Conrad-Schule, Münster, NRW, pada tahun 1950. Selanjutnya ia memasuki seminari untuk persiapan menjadi rahib katolik. Ia kemudian mengabdikan diri di Keuskupan Agung Münster, dan pada tahun 1963 mulai bekerja di Indonesia.

Namanya banyak dikenal umum dari sejumlah buku penting yang ditulis olehnya, seperti Kamus Dwibahasa Indonesia-Jerman (ditulis bersama E.R.T. Sinaga; buku ini sangat populer dan bajakannya dapat dijumpai di mana-mana) dan kebalikannya, Deutsch-Indonesisch Wörterbuch, serta buku mengenai sejarah Jakarta: Tempat-tempat Bersejarah di Jakarta. Selain itu ia juga membuat bibliografi mengenai sejarah Jakarta berjudul Sumber-sumber asli sejarah Jakarta. Ia juga menulis buku sejarah mengenai gereja dan masjid tua di Jakarta. Untuk kalangan internal katolik ia menulis pula Ensiklopedia Katolik dan Jungen für Christus: Ein Buben-Buch yang ditulisnya bersama Roman Bleistein.

Adolf Heuken menerima penghargaan Das Bundesverdienstkreuz am Bande ("Bintang Penghargaan Republik Federal Jerman") pada tanggal 25 November 2008 atas jasa-jasanya dalam mengembangkan hubungan Jerman-Indonesia.[1] Penghargaan yang disematkan oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Baron Paul von Maltzahn, ini adalah yang tertinggi yang dapat dianugerahkan oleh Pemerintah Federal kepada setiap orang sebagai jasanya terhadap negara Jerman, dan mulai diberlakukan pemberiannya sejak tahun 1951 oleh Presiden Jerman, Theodor Heuss.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]