Adiyaman Amir Saputra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adiyaman Amir Saputra
Lahir(1950-07-06)6 Juli 1950
Bendera Indonesia Cirebon, Jawa Barat
Meninggal16 Agustus 2013(2013-08-16) (umur 63)
Jakarta

Adiyaman Amir Saputra (lahir di Cirebon, 6 Juli 1950 – meninggal di Jakarta, 16 Agustus 2013 pada umur 63 tahun) merupakan seorang politikus Indonesia dan anggota DPR.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Adiyaman Amir Saputra merupakan anggota DPR dari daerah pemilihan Banten II yang mewakili Partai Demokrat. Pria asal Cirebon, Jawa Barat ini menjadi anggota DPR untuk komisi IV yang membawahi bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan. Merupakan anggota TNI sebelum masuk ke kancah politik tanah air, Adiyaman banyak mendapat dukungan dari masyarakat Banten pada saat dirinya termasuk dalam daftar nama calon legislatif yang ditawarkan berbagai parpol pada Pemilu 2009 lalu. Kesuksesan meraih suara memuluskan langkah Saputra untuk masuk ke gerbang Senayan dan duduk di kursi DPR.

Latar belakang militer yang kuat membuat pria berkumis tipis ini gencar mengemukakan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pria yang juga termasuk dalam jajaran Staf Ahli Panglima TNI Bidang Hubungan Internasional ini menunjukkan antusiasmenya untuk membantu generasi muda memahami dan mengamalkan isi dasar negara tersebut. Suami Hj. Tanty Koestantina ini juga salah satu individu yang menggarisbawahi pentingnya tugas dan kewajiban TNI dalam menjaga kesatuan NKRI.

Namun, karier ayah tiga anak ini juga bukan tanpa sandungan. Isu perselingkuhan dengan sesama anggota Partai Demokrat pada 2009 lalu membuat nama Saputra sempat menjadi sorotan di berbagai media cetak dan elektronik Indonesia. Kabar adanya wanita idaman berinisial SM, juga dari Partai Demokrat, tak urung membuat Adiyaman Saputra menuai banyak kritik dan kecaman. Atas kabar miring tersebut, politisi kelahiran 6 Juli 1950 ini membantah dan menyatakan bahwa dirinya memang sudah pernah menikah sebelum masuk dunia politik, baik sebagai anggota DPR maupun Partai Demokrat.

Akhir Hayat[sunting | sunting sumber]

Adiyaman Amir Saputra meninggal pada 16 Agustus 2013 akibat sakit yang dideritanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]