Adelbold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Adelbold (meninggal 208) merupakan seorang Adipati Frisia yang kedua menurut para sejarawan abad ke-19, dan sekarang dianggap sebagai seorang penguasa khayalan Frisia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Adelbold adalah putra Ascon, ia adalah pria yang suka berperang dan sangat nakal, yang kerap menyibukkan dirinya dengan menimbulkan masalah di antara tetangganya dan memicu peperangan. Ia membentuk sekolah-sekolah perang, dimana anak laki-laki Frisia yang berusia 15 tahun atau lebih dididik untuk memegang senjata. Ia mengirim saudaranya yang adalah seorang anak haram, Titus Bojocalis dengan pasukan tambahan ke Kaisar Marcus Aurelius melawan Vandals. Sebuah grup sebesar 1500 Vandal pergi ke perbatasan barat Denmark, yang pada saat itu lebih besar daripada sekarang, namun dapat ditaklukkan, dimana setelah itu mereka pergi ke selatan Elbe dan Weser ke arah Frisia. Mereka telah mencapai Eem ketika bangsa Frisia muncul dengan seluruh kekuatan mereka untuk mencegah musuh menyeberangi sungai. Ketika kedua belah pihak bertemu diseberang sungai, Titus Bojocalis bersama dengan 800 tentara menyeberangi Eem dan menyerang tiba-tiba pasukan musuh, membunuh banyak dari mereka dan mengusir sisa dari mereka ke sungai. Sekitar 400 dari mereka menyeberanginya dengan berenang, namun Adelbold dapat membunuh banyak musuhnya.

Adelbold yang terjangkit sebuah penyakit melemah setelah kemenangan ini, mengusulkan bangsa Frisia untuk menunjuk Titus sebagai komandan pasukan untuk menggantikannya. Oleh karena itu Titus ditunjuk sebagai Adipati Frisia pada tahun 187. Setelah promosi selesai dilakukan, Adelbold pulih dari sakitnya. Titus menawarkan untuk mengembalikan jabatannya, namun Adelbold yang telah kehilangan karakternya sebagai seorang pejuang menolak tawaran tersebut. Ia meninggal pada tahun 208.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]