Ade Ruhandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ade Ruhandi atau yang akrab disapa Jaro Ade (lahir 7 Agustus 1973) adalah seorang politikus Indonesia. meniti kariernya sebagai Kepala Desa Cileuksa selama 10 tahun dari 1998-2008. Ia kemudian berhasil menembus parlemen dengan duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor selama dua periode.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Ade Ruhandi lahir di Kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya. Ia dikenal sebagai sosok yang tegas, santun, bersahaja, serta dianggap pantutan bagi masyarakat di sekitarnya.

Di DPRD, Ade pernah mengemban tugas sebagai Ketua Komisi C pada 2009-2012. Ia kemudian dipercaya menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor hingga ia pun diberi amanah menjadi Ketua DPRD periode 2014-2019.

Sementara di Partai Golkar, Ade menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar masa bakti 2016-2021. Ia menang secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar pada Juni 2016.

Ade Ruhandi berpasangan dengan Inggrid Maria Palupi Kansil atau dikenal Inggrid Kansil di Pilbup Bogor 2018. Keduanya didukung lima partai yakni Golkar, Demokrat, PKS, Nasdem, dan PAN.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]