Adaptive Hypermedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Adaptive Hypermedia adalah bidang penelitian yang diperdebatkan dimana hypermedia dibuat adaptif menurut model pengguna.

Berbeda dengan tradisional electronic learning, e-business, dan sistem e-government, dimana semua pengguna yang ditawarkan atau bahkan diarahkan serangkaian standar hyperlink, adaptif hypermedia (AH) penjahit apa yang pengguna melihat ke model tujuan pengguna, preferensi dan pengetahuan.[1] Adaptive hypermedia adalah jawaban untuk masalah "hilang dalam hyperspace" , di mana pengguna biasanya memiliki terlalu banyak link untuk memilih, dan sedikit pengetahuan tentang bagaimana untuk melanjutkan dan memilih yang paling tepat untuknya. Sehingga adaptive hypermedia menawarkan pilihan link atau konten yang paling tepat untuk pengguna saat ini.

Sebuah sistem hypermedia adaptif harus memenuhi tiga kriteria: harus menjadi sistem hypertext atau hypermedia, harus memiliki model pengguna dan harus mampu beradaptasi dengan hypermedia menggunakan model.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penelitian Adaptive Hypermedia dimulai pada awal 1990-an. Pada saat itu, dua daerah induk utama - Hypertext dan pemodelan Pengguna - telah mencapai tingkat kematangan yang memungkinkan untuk ide-ide penelitian yang akan dieksplorasi bersama. Banyak peneliti telah mengakui masalah statis hypertext di area aplikasi yang berbeda, dan mulai mengeksplorasi berbagai cara untuk menyesuaikan output dan perilaku sistem hypertext untuk memenuhi kebutuhan pengguna individu. Dukungan dari komunitas riset pemodelan pengguna yang sudah mapan berpengaruh dalam membantu tim penelitian yang ada untuk menemukan satu sama lain, dan dalam mengenali dan mempromosikan adaptif hypermedia sebagai arah penelitian independen dalam pemodelan pengguna. Sebagai contoh, beberapa makalah awal adaptif hypermedia juga diterbitkan dalam jurnal User Modeling and User-Adapted Interaction (UMUAI), workshop pertama pada Adaptive Hypermedia diadakan selama konferensi Modeling Pengguna , dan akhirnya edisi khusus UMUAI pada adaptif hypermedia diterbitkan pada tahun 1996. Pada saat itu, beberapa inovasi adaptif teknik hypermedia telah dikembangkan, dan beberapa penelitian tingkat adaptif sistem hypermedia telah dibangun dan dievaluasi.

Tahun 1996 dapat dianggap sebagai titik balik dalam penelitian adaptif hypermedia. Sebelum saat ini, penelitian di bidang ini dilakukan oleh tim terisolasi. Namun, sejak tahun 1996, adaptif hypermedia telah melalui periode pertumbuhan yang cepat. Secara khusus, beberapa tim penelitian baru telah memulai proyek di adaptif hypermedia, dan banyak siswa memilih adaptif hypermedia sebagai wilayah subjek untuk tesis PhD mereka. Selain itu, beberapa lokakarya langsung atau tidak langsung berhubungan dengan adaptif hypermedia ditahan. Akhirnya, sebuah buku tentang adaptif hypermedia, dan edisi khusus Review Baru Hypermedia dan Multimedia (1998) diterbitkan. Ada dua faktor utama yang mungkin menjelaskan pertumbuhan kegiatan penelitian ini.

Faktor pertama adalah peningkatan pesat dalam penggunaan World Wide Web. Web, dengan permintaan yang jelas untuk adaptivitas karena khalayak luas yang beragam disajikan untuk meningkatkan penelitian adaptive hypermedia , menyediakan tantangan dan platform yang menarik. Hampir semua makalah yang diterbitkan sebelum tahun 1996 menggambarkan klasik pra - Web hypertext dan hypermedia. Sebaliknya, sebagian besar makalah yang diterbitkan sejak tahun 1996 ditujukan untuk Web-based adaptif sistem hypermedia .

Faktor kedua adalah akumulasi dan konsolidasi pengalaman penelitian di lapangan. Hal ini jelas terlihat bahwa penelitian di adaptif hypermedia dilakukan dan dilaporkan sampai tahun 1996 telah memberikan dasar yang baik bagi penelitian generasi baru. Koran-koran awal tidak memberikan (atau hampir tidak ada) referensi untuk pekerjaan serupa di adaptif hypermedia, dan menggambarkan metode asli dan teknik. Hampir semua sistem yang dikembangkan pada tahun 1996 adalah sistem laboratorium yang dikembangkan untuk menunjukkan dan mengeksplorasi ide-ide inovatif. Sebaliknya, banyak makalah yang diterbitkan sejak tahun 1996 jelas didasarkan pada penelitian sebelumnya. Makalah ini mengutip karya sebelumnya, dan biasanya menunjukkan elaborasi atau perpanjangan teknik yang disarankan sebelumnya. Selain itu, sejumlah besar sistem yang dikembangkan sejak tahun 1996 adalah salah satu sistem dunia nyata, atau sistem penelitian dikembangkan untuk pengaturan dunia nyata. Ini merupakan indikasi kematangan relatif adaptif hypermedia sebagai arah penelitian.

Cara kerja Adaptive Hypermedia[sunting | sunting sumber]

Sistem adaptive hypermedia mengeksplorasi berbagai teknik yang dapat digunakan untuk beradaptasi dengan aspek-aspek seperti device user sebagai perangkat keras, perangkat lunak, dan bandwidth jaringan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brusilovsky, Peter (2001). "Adaptive Hypermedia". User Modeling and User-Adapted Interaction 11 (1-2): 87–110.
  2. ^ Nielsen, Jakob (1993). "Hypertext and Hypermedia". Academic Press.
  3. ^ Brusilovsky, Peter (1996). "Methods and Techniques of Adaptive Hypermedia". User Modeling and User-Adapted Interaction 6 (2-3): 87–129.