Adandu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Adandu
Adandu
Tampilan cuplikan layar situs web Adandu
Tampilan cuplikan layar situs web Adandu
Jenis situs
Situs web komunitas berbagi video
Bahasa Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Pemilik PT. Nuansa Aspirasi Bening
Pencipta Edi Chin
Gardenia Putri
Stefen W. Wijaya
Situs web http://www.adandu.com
Komersial Ya
Daftar akun Opsional
(dibutuhkan ketika mengunggah, memberi komentar dan memberi peringkat)
Diluncurkan 18 November 2009
Status Aktif

Adandu adalah sebuah situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video berbentuk komunitas maya yang menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen. Layanan yang ditawarkan berupa fasilitas pengunggahan video dari berbagai sumber, pencarian konten, sistem komentar berbentuk teks maupun video, berbagi dan sindikasi materi ke berbagai situs web pihak ketiga, serta pemutaran video streaming melalui peramban web.

Fasilitas layanan video yang ditawarkan sebenarnya mirip dengan layanan situs berbagi video lainnya seperti YouTube maupun Metacafe, namun Adandu memiliki tambahan fasilitas berbeda berupa fitur pengeditan video secara daring yang disebut Video Mashup[1][2][3]. Guna menunjang fasilitas layanan video dan mempermudah interaksi antar pengguna, situs Adandu juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti pengunggahan dan pemutaran berkas audio atau musik, pengunggahan foto, gambar atau grafik, layanan blog pribadi, forum Internet, grup, sistem peringkat atau penilaian konten yang disebut Chips & Karma dan Adandu Gifts [4], sistem klasifikasi isi atau tag, halaman profil pribadi, serta sistem pertemanan daring.

Situs yang diluncurkan tanggal 18 November 2009 ini diprakarsai bersama oleh web designer muda, Edi Chin dan Stefen W. Wijaya, berdasarkan visi seorang wiraswastawan wanita muda, Gardenia Putri. Pengelolaan komunitas dan situs Adandu ditangani oleh PT. Nuansa Aspirasi Bening, sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa Internet di Jakarta, Indonesia.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Arti Nama Adandu[sunting | sunting sumber]

Nama Adandu berkaitan dengan gagasan awal pendirian website tersebut, yaitu berupa sebuah mal komunitas maya yang memungkinkan para penggunanya saling mempromosikan dan menjual hasil karya masing-masing. Kata Adandu sendiri tidak memiliki arti apa-apa dan tidak merujuk ke suatu pribadi, benda, tempat atau sifat tertentu.

Walaupun sudah tidak relevan lagi saat ini, kata ADANDU terdiri atas tiga kata yaitu: AD, AND dan U, atau ads and you atau iklan dan anda [5].

[sunting | sunting sumber]

Logo Bintang-Kunci Adandu

Logo Adandu berupa bintang tiga warna perpaduan antara oranye dan merah, dengan lubang kunci di tengah. Gambar bintang melambangkan keberhasilan yang dapat dicapai seseorang. Tiga warna dalam satu bintang melambangkan keberhasilan kolaborasi tiga orang pendiri Adandu. Lubang kunci di tengah bintang melambangkan proses atau usaha yang ditempuh seseorang untuk meraih keberhasilan [5].

Maskot[sunting | sunting sumber]

Maskot Adandu adalah kartun bintang dengan berbagai ekspresi wajah yang lucu, yang merupakan personifikasi karikatur dari logo Adandu.

Slogan[sunting | sunting sumber]

Moto atau slogan Adandu adalah Get Your Own Star!, yaitu dorongan dan dukungan pada para pengguna Adandu untuk selalu berusaha menjadi dan menghasilkan karya yang terbaik dalam bidang yang ditekuni masing-masing [5].

Warna[sunting | sunting sumber]

Warna situs Adandu didominasi oleh warna merah dan putih, yang mencerminkan nasionalisme dan warna Bendera Indonesia.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Adandu bermitra dengan penyedia teknologi pengelolaan video Opensource dan solusi rich-media dari Amerika, Kaltura Inc. [6]. Dengan menggunakan layanan jaringan pengiriman isi (Content Delivery Network / CDN) dari Limelight Networks, Inc. (Nasdaq: LLNW) [7] dan layanan hosting Biznet Networks [8] memungkinkan Adandu menyajikan layanan pengolahan video, audio dan gambar yang interaktif, kaya fungsionalitas, mudah digunakan dan terintegrasi [2][3].

Situs Adandu dibangun dengan sistem manajemen konten Drupal, sistem iklan online OpenX [9], sistem social bookmark AddThis [10], sistem distribusi widget Gigya [11], dan sistem login, sindikasi serta interaksi sosial Facebook Connect [12].

Sistem penilaian konten yang disebut Chips & Karma dibangun khusus untuk keperluan situs Adandu, yang terintegrasi dengan sistem penghargaan dan sistem peringkat keanggotaan [13]. Penilaian terhadap suatu konten dilakukan melalui fitur Adandu Gifts [4].

Versi Beta[sunting | sunting sumber]

Tampilan Adandu versi beta

Situs Adandu mulai dicoba oleh pengguna umum sejak tanggal 1 Oktober 2008 dalam versi Beta, sebelum diluncurkan pada tanggal 18 November 2009. Di awal beroperasinya, para pengguna Adandu kebanyakan adalah mahasiswa Universitas Bina Nusantara Jakarta.

Angel dan Demon[sunting | sunting sumber]

Angel dan Demon adalah level pengguna tertinggi dan terendah dalam situs Adandu. Nama keduanya dipilih berdasarkan inspirasi cerita novel Dan Brown, Angels and Demons. Pengguna situs yang telah mencapai level tersebut memperoleh fitur-fitur khusus yang tidak dimiliki oleh pengguna di level lainnya. Seseorang dapat mencapai level Angel atau Demon bila banyak memperoleh penilaian positif atau negatif dari pengguna lainnya [4].

Bintang Biru dan Mr. Pew[sunting | sunting sumber]

Bintang Biru atau BB adalah ikon penilaian positif yang populer di kalangan pengguna situs Adandu. Sedangkan Mr. Pew atau EE adalah ikon penilaian negatif yang sering diberikan pengguna situs pada konten yang dinilai tidak baik [4].
Bintang Biru atau BB Mr. Pew atau EE

Kloning Facebook[sunting | sunting sumber]

Saat mulai beroperasi dalam versi Beta, berkembang pendapat yang menilai Adandu sebagai bentuk atau upaya untuk meniru situs jejaring sosial terkemuka Facebook [14][15]

Dalam konferensi pers peluncuran situs tanggal 18 November 2009, para pendiri Adandu menyanggah pendapat ini, sebab situs Adandu lebih menonjolkan layanan berkas-berkas rich-media bagi para penggunanya.

Ksatria Bintang Merah[sunting | sunting sumber]

Ksatria Bintang Merah [16] adalah judul cerita fiksi bersambung di situs Adandu, dengan tokoh-tokoh fiktif yang diambil dari karakter para pengguna Adandu. Cerita yang mulai ditulis oleh darsoswambodo [17] sejak bulan Oktober 2009 ini masih terus berlanjut.

Parodi Wawancara Jackie Chan, Mr. Bean dan Marty Friedman[sunting | sunting sumber]

Dalam penggunaannya, fitur video mashup banyak digunakan untuk membuat video humor atau parodi secara kolaborasi [18][19][20][21], dengan menggabungkan berbagai berkas multimedia yang tersedia di Internet [22]. Contoh parodi video yang dibuat oleh pengguna Adandu antara lain parodi wawancara Jackie Chan [23], parodi wawancara Rowan Atkinson / Mr. Bean [24][25] dan parodi video pelajaran gitar oleh gitaris band heavy metal Megadeth, Marty Friedman [26] dalam Bahasa Jawa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Video Mashup, Apakah Video Mashup Itu?
  2. ^ a b Adandu: Web lokal dengan fitur online video editing pertama, Feedmyapp Indonesia, 3 Agustus 2009
  3. ^ a b Adandu: Bisa Langsung Edit dan Upload, Hai Online, 25 November 2009
  4. ^ a b c d Knowledge of Gift's, Sistem penilaian konten dalam situs Adandu
  5. ^ a b c Apakah Adandu Itu?, Adandu Customer Care Blog, 23 September 2008
  6. ^ Kaltura Inc., Open Source Video Solution
  7. ^ Limelight Networks, Inc., Content Delivery Company
  8. ^ Biznet Networks, Internet and Network Provider
  9. ^ OpenX, Opensource Ad Server
  10. ^ AddThis, Bookmarking & Sharing Service
  11. ^ Gigya, Widget Distribution & Tracking
  12. ^ Facebook Connect, Personalization, Social Context & Social Experiences.
  13. ^ Adandu Leveling
  14. ^ Hebat! Indonesia Juga Punya Facebook, InfoKomputer, 23 Juni 2009
  15. ^ Adandu.com, Facebook Ala Indonesia, Koran Bogor Indonesian News, 3 Juli 2009
  16. ^ Ksatria Bintang Merah 1
  17. ^ Member Profile: darsoswambodo
  18. ^ Mashup (video), Wikipedia
  19. ^ Definisi Video Mashup, Definisi.net
  20. ^ Video Mashup, Adandu
  21. ^ Mashup, Answer.com
  22. ^ (Inggris)Steps in Making a Video Mashup
  23. ^ Hot Gossip - Jackie chan buat film barunya di Adandu (parodi)
  24. ^ Apa Kata Mr.Bean mengenai Adandu (parodi)
  25. ^ Gamelan vs Mr. Bean (parodi)
  26. ^ Orang Gila Main Gitar ! (parodi)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]