Ada Surga di Rumahmu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ada Surga di Rumahmu
SutradaraAditya Gumay
ProduserPutut Widjanarko
Avesina Soebli
Nadjmi Zen
PenulisOka Aurora
Ahmad Al Habsyi
PemeranHusein Alatas
Nina Septiani
Zee Zee Shahab
Ahmad Al Habsyi
Elma Theana
Budi Khairul
Raihan Khan
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
02 April 2015 (2015-04-02)
Durasi
106 menit
Negara Indonesia
BahasaIndonesia
Palembang

Ada Surga di Rumahmu adalah film drama religi Indonesia yang dirilis pada 2 April 2015. Film dengan sutradara Aditya Gumay ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya ustadz Ahmad Al Habsyi. Film ini diproduksi oleh Mizan Production yang dimiliki oleh salah satu cendekiawan muslim di bidang pendidikan yang juga dikenal sebagai pemilik sekolah Lazuardi, yaitu Haidar Bagir.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Keterangan
Husein Alatas Ramadhan disukai Nayla dan Kirana
Nina Septiani Nayla menyukai Ramadhan
Zee Zee Shahab Kirana menyukai Ramadhan
Ahmad Al Habsyi Ustadz Athar guru pesantren Ramadhan
Elma Theana Umi ibu Ramadhan
Budi Khairul Abuya ayah Ramadhan
Raihan Khan Ramadhan kecil
Qya Gus Ditra Kiagus sahabat Ramadhan
Hendra Wirajaya Abdul sahabat Ramadhan
Ali Fikri adik Ramadhan kecil

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil Ramadhan (Raihan Khan) terpaksa berpisah dengan kedua orang tuanya ketika Abuya (Budi Khairul) dan Umi (Elma Theana) mengirimkannya ke sebuah pesantren yang dipimpin oleh Ustadz Athar (Ahmad Al Habsyi). Hidup jauh dari orang tua tak membuat kenakalan Ramadhan berkurang. Akibatnya ia sering dihukum ustadz Athar, diantaranya melakukan dakwah di kuburan dan tempat-tempat yang ramai. Hukuman ini terpaksa mereka jalani meskipun harus menghadapi celaan, hinaan, bahkan terkadang ancaman.

Hidup Ramadhan dewasa (Husein Alatas) berubah saat ustadz Athar menyampaikan kabar yang mengharukan. Ternyata selama ini biaya belajarnya dibayar oleh Abuya dengan mendonorkan ginjal pada ustadz Athar yang memang sakit-sakitan. Kenyataan ini sangat memukul dan menyadarkan Ramadhan. Ia pun bercita-cita senantiasa membaktikan ilmunya.

Akan tetapi godaan tetap datang yang membuat Ramadhan di persimpangan jalan. Dia bertemu Kirana (Zee Zee Shahab), dan berhubungan semakin dekat. Namun perkenalan dengan Kirana menyisakan rasa cemburu Nayla (Nina Septiani), yang sudah menjadi teman akrab Ramadhan sejak kecil. Selain itu, keinginan lama Ramadhan untuk menjadi artis pun bangkit kembali. Tanpa menghiraukan perasaan ustadz Athar dan kedua orang tuanya, Ramadhan mencoba merantau ke Jakarta.

Sementara itu Umi yang sakit-sakitan terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit dan akhirnya kehilangan kemampuan bicara, sedangkan Abuya sudah kehilangan satu ginjalnya demi masa depan Ramadhan. Peristiwa demi peristiwa membenturkan Ramadhan pada kenyataan kehidupan. Bagaimana pilihan hidup Ramadhan? Lalu siapakah gadis yang dipilih Ramadhan?[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sinopsis Ada Surga di Rumahmu, www.21cineplex.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) Sinopsis, filmindonesia.or.id