Elang-alap tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Accipiter soloensis)
Elang-alap tiongkok
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Accipiter soloensis

Elang-alap tiongkok (bahasa Latin Accipiter soloensis) adalah spesies burung dari keluarga Accipitridae, dari genus Accipiter. Burung ini merupakan jenis burung pemakan kodok, belalang, kadal, burung kecil yang memiliki habitat di hutan dataran rendah, hutan pegunungan, pesisir. tersebar sampai ketinggian 900 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Elang-alap tiongkok memiliki tubuh berukuran sedang (33 cm). Dewasa: Bagian atas abu-abu biru. Bulu punggung dengan ujung putih yang jarang. Garis-garis melintang samar pada bulu ekor terluar. Bagian bawah putih. Sapuan merah karat yang samar pada dada dan sisi tubuh. Sedikit garis abu-abu pada paha. Sayap bawah sangat khas, seluruhnya terlihat putih, kecuali ujung bulu primer berwarna hitam. Remaja: Bagian atas coklat. Bagian bawah putih. Garis-garis gelap pada ekor. Coretan pada tenggorokan. Garis-garis coklat pada dada dan paha [1]. Iris merah atau coklat, paruh abu-abu dengan ujung hitam, sera dan kaki jingga. Biasanya berburu di daerah terbuka dari tenggeran, tetapi kadang-kadang terbang melingkar di atas, dan menerkam mangsanya dari tanah.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Berbiak: Asia Timur Laut, Tiongkok.
  • Migran: Asia tenggara, Filipina, Indonesia, Irian.

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 130.