Acanthus (tumbuhan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Acanthus
Acanthus balcanicus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Acanthus

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]

Cheilopsis Moq.

Acanthus atau marga jeruju-jerujuan adalah genus dari sekitar 30 spesies tanaman berbunga dalam keluarga Acanthaceae, asli daerah tropis dan beriklim hangat, dengan tertinggi keanekaragaman spesies di Cekungan Mediterania dan Asia. Tumbuhan berbunga ini berproduksi nektar dan rentan terhadap predasi oleh kupu-kupu, seperti Anartia fatima, dan organisme pemakan nektar lainnya. Nama umum termasuk Acanthus dan Bear's breeches. Nama generik berasal dari istilah Yunani ἄκανθος (akanthos) untuk Acanthus mollis, tanaman yang biasanya ditiru di ibu kota Korintus.[2][3]

Genus ini terdiri dari terna tumbuhan menahun, jarang subsemak, dengan daun berduri dan bunga duri berbunga putih atau keunguan. Ukuran tingginya bervariasi dari 04 hingga 2 m (13,1 hingga 6,6 ft).

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Acanthus". Germplasm Resources Information Network (GRIN) online database. 
  2. ^ ἄκανθος. Liddell, Henry George; Scott, Robert; A Greek–English Lexicon at the Perseus Project. Harper, Douglas. "acanthus". Online Etymology Dictionary. 
  3. ^ Quattrocchi, Umberto (2000). CRC World Dictionary of Plant Names: A-C. CRC Press. hlm. 23. ISBN 978-0-8493-2675-2. 
  4. ^ Snogerup, S.; Snogerup, B.; Strid, A. (2006). "Acanthus greuterianus (Acanthaceae), a New Species from NW Greece". Willdenowia. 36 (1): 323–7. doi:10.3372/wi.36.36127. JSTOR 3997705. 
  5. ^ "Acanthus greuterianus Snogerup, B.Snogerup & Strid — The Plant List". www.theplantlist.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-13. 
  6. ^ "Acanthus syriacus Boiss". Germplasm Resources Information Network (GRIN) online database. 
  7. ^ "African Plant Database". Les conservatoire et jardin botaniques de la Ville de Genève (Conservatories and Botanic Gardens of the City of Geneva). Diakses tanggal 2 February 2019.