Académie André Delvaux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Académie André Delvaux adalah sebuah organisasi profesional Belgia yang didedikasikan untuk mempromosikan dan mengembangkan sinema Belgia, Dibentuk pada 2010, organisasi tersebut bertugas untuk menyelenggarakan Penghargaan Magritte tahunan, sebuah penghargaan film utama di Belgia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Académie André Delvaux dibentuk oleh dua asosiasi: Asosiasi Produser Film Francofon (UPFF), yang diwakili oleh Patrick Quinet, Marion Hänsel, Olivier Bronckart dan Philippe Kauffmann, dan asosiasi pengarang Pro Spère, yang diwakili oleh Luc Jabon, André Buytaers, Benoît Coppée dan Alok Nandi.[1] Namanya dipilih untuk menghormati sutradara Belgia André Delvaux (1926–2002). Akademi tersebut ditujukan untuk mempromosikan industri film Belgia ke seluruh dunia. Tugas utamanya adalah untuk menyelenggarakan Penghargaan Magritte, menggantikan Penghargaan Joseph Plateau, yang dianugerahi dari 1985 sampai 2006. Charly Herscovici, yang membuat yayasan Magritte, memperbolehkan akademi tersebut untuk menggunakan nama René Magritte untuk penghargaan tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Annexes du Moniteur belge" (PDF) (dalam bahasa Prancis). Académie André Delvaux. 28 Oktober 2010. Diakses tanggal 9 Januari 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]