Abrikos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penampang buah abrikos

Abrikos merupakan nama dari buah atau pohon dari beberapa tumbuhan yang tergabung dalam marga Prunus. Kebanyakan buah ini didapat dari jenis pohon P. armeniaca, namun jenis-jenis seperti P. brigantina, P. mandshurica, P. mume, P. zhengheensis and P. sibirica yang berkerabat dekat juga menghasilkan buah yang serupa yang kadang dinamai pula Abrikos.[1] Abrikos diduga berasal dari kawasan Media yang terletak di perbatasan Iran dan Azerbaijan,[2] namun pendapat lain menyebutkan bahwa sebenarnya Abrikos memiliki persebaran asli yang luas mulai dari Armenia, Kaukasus, Himalaya, Tiongkok, sampai ke Jepang.[3] Buah ini diperkirakan sudah mulai diperkenalkan ke Nusantara oleh para pedagang Tiongkok sejak abad ke-5 M melalui jalur perdagangan rempah.[4]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bortiri, E.; Oh, S.-H.; Jiang, J.; Baggett, S.; Granger, A.; Weeks, C.; Buckingham, M.; Potter, D.; Parfitt, D.E. (2001). "Phylogeny and systematics of Prunus (Rosaceae) as determined by sequence analysis of ITS and the chloroplast trnL-trnF spacer DNA". Systematic Botany. 26 (4): 797–807. JSTOR 3093861. 
  2. ^ Bosscha, Johannes (1871). Rantjana hikajat doenia jang bergoena kapada segala goeroe dan kanak dalam sekolah Malajoe dan Djawa adanja (dalam bahasa Melayu). 
  3. ^ Loudon, J. C. (1838). Arboretum Et Fruticetum Britannicum. Vol. II. London: Longman, Orme, Brown, Green and Longmans. hlm. 681–684.  The genus is given as Armeniaca.
  4. ^ Sejarah. Grasindo. 2004. ISBN 9789797325305.