Abominable (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Abominable
Abominable (2019 poster).png
Sutradara
Produser
PenulisJill Culton[1]
Pemeran
Penata musikRupert Gregson-Williams[2]
SinematograferRobert Edward Crawford
PenyuntingSusan Fitzer
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 07 September 2019 (2019-09-07) (TIFF)[7]
  • 27 September 2019 (2019-09-27) (Amerika Serikat)
  • 04 Oktober 2019 (2019-10-04) (Indonesia)
Durasi109 menit
Negara
  • Amerika Serikat
  • Tiongkok
Bahasa
Anggaran$75 juta[8]
Pendapatan
kotor
$181.4 Juta[8]

Abominable adalah film petualangan animasi komputer 2019 yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan Pearl Studio. Ini ditulis dan disutradarai oleh Jill Culton dan disutradarai bersama oleh Todd Wilderman, dan dibintangi suara-suara oleh Chloe Bennet, Albert Tsai, Tenzing Norgay Trainor, Eddie Izzard, Sarah Paulson, Tsai Chin, dan Michelle Wong. Film ini mengikuti seorang gadis remaja bernama Yi, yang bertemu dengan Yeti muda di atap gedung apartemennya di Shanghai, menamainya Everest dan memulai upaya epik untuk menyatukan kembali makhluk ajaib dengan keluarganya di titik tertinggi di Bumi bersama dengannya. teman-teman nakal Jin dan Peng, tetapi trio teman-teman harus tetap selangkah lebih maju dari Burnish, seorang pria kaya yang bermaksud menangkap Yeti, dan ahli hewan Dr. Zara untuk membantu Everest pulang.

Film ini diputar perdana di Toronto International Film Festival pada 7 September 2019, dan dirilis oleh Universal Pictures di Amerika Serikat pada 27 September 2019[9] sementara Pearl Studio mendistribusikan film tersebut di Tiongkok.[10] Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus dan telah mendapat $ 181 juta di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, Abominable mendapat kontroversi pada adegan yang melibatkan peta wilayah tersebut dengan Sembilan Garis Putus, garis demarkasi yang diperebutkan yang digunakan oleh China untuk mengklaim sebagian Laut Cina Selatan. Karena itu, film ini telah dilarang di beberapa negara yang terlibat dalam perselisihan teritorial dengan Cina di Laut Cina Selatan — yaitu, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Seekor Yeti muda melarikan diri dari kompleks di Shanghai yang dimiliki oleh pengusaha kaya Mr Burnish (Eddie Izzard), yang bermaksud menggunakannya untuk membuktikan keberadaan yeti bagi dunia. Sementara itu, remaja Yi (Chloe Bennet) tinggal bersama ibunya Yi (Michelle Wong) dan Nai Nai (Tsai Chin) di sebuah gedung apartemen. Dia menjalani kehidupan yang sibuk dan lalai menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-temannya, penggemar sepak bola Peng (Albert Tsai) dan Jin (Tenzing Norgay Trainor) yang paham teknologi dan populer. Yi juga seorang pemain biola yang merindukan almarhum ayahnya, yang juga seorang pemain biola.

Suatu malam, Yi bertemu dengan Yeti di dekat rumah kecilnya di atap gedung apartemennya di Shanghai, yang ia beri nama "Everest." Sementara menyembunyikannya dari helikopter Burnish Industries, Yi mendapatkan kepercayaannya dengan memberinya makan Baozi dan mengobati lukanya. Yi mengetahui bahwa Everest ingin bersatu kembali dengan keluarganya di Gunung Everest sementara Everest belajar tentang keinginan Yi untuk bepergian ke seluruh Tiongkok. Ketika pasukan keamanan swasta Industri Burnish mendekati tempat persembunyian Everest, Everest melarikan diri dengan Yi. Setelah melarikan diri dari helikopter Burnish di Oriental Pearl Tower, Yi dan Everest melarikan diri dengan kapal yang membawa kaleng Kola merah, diikuti oleh Peng dan Jin yang enggan.

Yi, Everest, dan anak-anak itu mencapai pelabuhan di Cina selatan dan bepergian dengan truk. Setelah peti mereka jatuh dari truk, mereka berakhir di hutan. Di sana, Everest memukau manusia dengan kekuatan mistisnya untuk merangsang pertumbuhan di antara tanaman blueberry. Sementara itu, Mr Burnish dan ahli zoologi Dr. Zara (Sarah Paulson) melanjutkan perburuan untuk Everest. Mengikuti jejak Everest dan teman-teman manusianya, mereka menyusul mereka di wilayah Sichuan, tetapi Everest menggunakan kekuatannya untuk membuat tanaman tumbuh hingga ukuran raksasa. Sementara Yi, Everest, dan Peng berhasil melarikan diri pada syuting yang ditiup angin, Jin tertinggal dan ditangkap oleh Goon Leader (Richard Dietl) dari Burnish Industries.

Meskipun Dr Zara sangat mencintai binatang, Jin mengetahui bahwa dia berencana untuk memburu dan membunuh yeti untuk penelitian medis. Dia juga mengetahui bahwa Tn. Burnish yang tampak dingin hati memiliki titik lemah bagi hewan termasuk jerboa hewan peliharaan Dr. Zara. Sementara itu Yi, Everest dan Peng mencapai Gurun Gobi di mana mereka berteman dengan beberapa kura-kura, yang dengan penuh syukur menerima tembakan raksasa mereka. Kemudian, mereka melakukan perjalanan ke sebuah kota di tepi Sungai Kuning tetapi Burnish Industries menyudutkan mereka. Peng membantu mereka melarikan diri dengan melepaskan penyerbuan yak. Dengan bantuan Jin, mereka melarikan diri melintasi Sungai Kuning ke bidang bunga kuning, yang menyebabkan Everest mekar ke ukuran raksasa.

Melanjutkan perjalanan mereka, manusia dan Everest akhirnya mencapai Himalaya. Saat melintasi jembatan, mereka terjebak di kedua sisi oleh pasukan Burnish Industries. Namun, Mr Burnish mengalami perubahan hati setelah melihat Everest melindungi anak-anak; menyebabkan dia mengalami kilas balik ke pertemuan pertamanya dengan yeti yang melindungi anak mudanya. Berusaha untuk mengeksploitasi Everest untuk penelitian ilmiah, Dr Zara menyuntikkan Mr Burnish dengan obat penenang sebelum penenang Everest juga. Ketika Yi mencoba melindungi Everest, Dr Zara melemparkannya ke atas jembatan. Burnish Industries kemudian meninggalkan gunung dengan Everest, Peng, dan Jin di belakangnya.

Namun, Yi berhasil berpegangan pada seutas tali. Dia kemudian menggunakan biolanya, yang telah diperbaiki secara ajaib oleh Everest, untuk memanggil es yang menghidupkan kembali Everest, yang membebaskan diri dari sangkarnya. Dr Zara melakukan upaya terakhir untuk membunuh Everest tetapi pemburu itu sendiri terbunuh bersama dengan Goon Leader dalam longsoran salju yang dipicu sendiri. Untuk melindungi Everest dan yetis dari kemanusiaan, Burnish setuju untuk membantu Yi, Peng, dan Jin menjaga rahasia keberadaannya. Yi, Peng, Jin, dan Everest melanjutkan perjalanan ke Gunung Everest di mana mereka menyatukan kembali Everest dengan keluarganya.

Kembali ke Shanghai dengan bantuan Tuan Burnish, Yi menghabiskan lebih banyak waktu dengan ibunya, neneknya, Peng, dan Jin.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Chloe Bennet sebagai Yi, seorang remaja yang bermain biola.[11]
  • Albert Tsai sebagai Peng, seorang teman Yi. [11]
  • Tenzing Norgay Trainor sebagai Jin, teman Yi. [11]
  • Eddie Izzard sebagai Burnish, seorang pria kaya yang ingin menangkap Yeti. [11]
  • Sarah Paulson sebagai Dr. Zara, pemburu yang menyamar sebagai ahli zoologi yang bekerja dengan Burnish.[11]
  • Tsai Chin sebagai Nai Nai [11]
  • Michelle Wong sebagai ibu Yi [11]
  • Dietl Kaya sebagai Pemimpin anak buah
  • James Hong sebagai Pemimpin Yak
  • Christine Lin sebagai Gadis Remaja # 1, Ibu anak laki-laki, Pelanggan Wanita
  • Kym Miller sebagai Gadis Remaja # 2
  • Jason Ko sebagai Remaja Laki-Laki
  • Trevor Devall sebagai Pengemudi Van
  • Karen Huie sebagai Gadis anjing, Pekerja Dokter
  • Vic Chao sebagai Peniru Jin
  • Fernando Chien sebagai Pedagang
  • Rupert Gregson-Williams sebagai Senandung Everest.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Abominable dalam pengembangan di DreamWorks Animation sejak 2010.[12] Untuk beberapa waktu, Jill Culton menulis dan mengarahkan film, awalnya berjudul Everest, yang bercerita tentang seorang gadis kecil dan seorang Yeti,[13] tetapi pada tahun 2016, ia telah meninggalkan proyek. Dia kemudian digantikan oleh Tim Johnson dan Todd Wilderman.[11]

Pada Desember 2016, DreamWorks mengumumkan bahwa film tersebut akan dirilis pada 27 September 2019, dan akan diproduksi bersama oleh Oriental DreamWorks (sekarang Pearl Studio), menandai kolaborasi kedua mereka setelah Kung Fu Panda 3.[11] Pada tanggal 2 Februari 2018, diumumkan bahwa Culton telah kembali sebagai direktur, menggantikan Johnson.[14] Pada 20 Maret 2018, diumumkan bahwa Chloe Bennet telah berperan sebagai Yi. Pada 18 Mei 2018, DreamWorks dan Pearl Studio telah mengumumkan bahwa film tersebut telah diberi judul ulang dari Everest ke Abominable, dan Albert Tsai, Tenzing Norgay Trainor, dan Tsai Chin yang diisi suara pada bulan berikutnya.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Abominable mengadakan premier dunianya di Toronto International Film Festival pada 7 September 2019.[15] Film ini dirilis pada 27 September 2019 di Amerika Serikat dan pada 11 Oktober di Inggris oleh Universal Pictures. Universal juga menangani distribusi di seluruh dunia bersama dengan berbagai mitra regional kecuali China, di mana film tersebut hanya didistribusikan oleh co-produser Pearl Studio, yang (dengan nama lama mereka Oriental DreamWorks) telah mendistribusikan semua film DreamWorks Animation di negara tersebut sejak kemitraan dimulai.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer resmi pertama ditampilkan sebelum Dumbo pada tanggal 29 Maret 2019. Trailer resmi kedua dirilis pada 23 Mei 2019, dan merupakan yang pertama diunggah secara online[16]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Abominable telah mendapat $ 60,7 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 120,7 juta di wilayah lain, dengan total dunia $ 181,4 juta, dibandingkan dengan anggaran produksi $ 75 juta.[17]

Di Amerika Serikat dan Kanada, film ini diproyeksikan menghasilkan $ 17-20 juta dari 4.200 bioskop di akhir pekan pembukaannya.[18] Film ini menghasilkan $ 5,7 juta pada hari pertama, termasuk $ 650.000 dari preview Kamis malam. Film ini kemudian memulai debutnya menjadi $ 20,9 juta, menempati posisi pertama di box office dan menandai pembukaan terbaik untuk film animasi asli tahun 2019.[19] Film ini menghasilkan $ 12 juta di akhir pekan kedua, menempati posisi kedua di belakang pendatang baru Joker.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 81% kritikus telah memberikan film ini ulasan positif berdasarkan 160 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6.68 / 10. Konsensus kritik situs web tersebut berbunyi: "Bekerja dengan bahan-bahan yang sudah dikenal, Abominable menawarkan kepada para penonton sebuah petualangan yang indah dan menarik secara keseluruhan yang dapat dinikmati seluruh keluarga."[20] Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 61 dari 100 berdasarkan pada 28 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[21] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A" pada skala A + ke F, sementara yang di PostTrak memberinya nilai rata-rata 4 dari 5 bintang.[19]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Film ini dilarang di Vietnam pada 14 Oktober 2019, sepuluh hari setelah dirilis, karena penampilan sembilan garis putus dalam sebuah adegan.[22] Filipina dan Malaysia juga bereaksi negatif terhadap adegan ini.[23] Pengacara Filipina Jay Batongbacal meminta agar film itu dilarang, sementara Sekretaris Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr. berpendapat bahwa lebih baik memotong adegan "menyinggung".[24] Pada 17 Oktober, Malaysia memerintahkan adegan itu dipotong dari film melalui papan sensor filmnya.[25] Namun, setelah Universal menolak melakukan sensor, film itu dilarang sepenuhnya di Malaysia.[26] Keesokan harinya, Badan Klasifikasi dan Klasifikasi Film dan Televisi Filipina mengikutinya, juga melarang film tersebut. [27]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Abominable". Universal Pictures. 
  2. ^ "Rupert Gregson-Williams to Score Brian Henson's 'The Happytime Murders'". Film Music Reporter. December 20, 2017. Diakses tanggal June 27, 2018. 
  3. ^ McNary, Dave (May 18, 2018). "DreamWorks-Pearl Studio Animated Movie 'Everest' Retitled 'Abominable' (EXCLUSIVE)". Variety. Variety Media. Diakses tanggal October 22, 2018. 
  4. ^ a b "Film releases". Variety Insight. Variety Media. Diakses tanggal May 13, 2018. 
  5. ^ https://www.prnewswire.com/news-releases/dreamworks-animation-and-pearl-studio-announce-cast-of-abominable-at-annecy-international-animation-festival-300666461.html
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama AbominableAM
  7. ^ https://www.tiff.net/events/abominable
  8. ^ a b "Abominable (2019)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal September 22, 2019. 
  9. ^ "Universal Delays DreamWorks Animation's 'How to Train Your Dragon 3,' Sets 'Everest' Feature". Animation World Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  10. ^ McLean, Tom (2019-09-08). "'Abominable': All Yeti for the Big Screen". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  11. ^ a b c d e f g h i "Abominable". Universal Pictures (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama ":0" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  12. ^ "Two in One Interview: NY Illustrator - Character and Designers". ctnanimationexpo.com. Diakses tanggal 2019-11-04. 
  13. ^ Milligan, Mercedes (2014-03-26). "DreamWorks Adopts FLIX for Story Development". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  14. ^ Amidi, Amid (2018-02-02). "Oriental Dreamworks Relaunches As 100% Chinese-Owned Pearl Studio". Cartoon Brew (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  15. ^ Lang, Brent; Lang, Brent (2019-07-23). "Toronto Film Festival: 'Joker,' 'Ford v Ferrari,' 'Hustlers' Among Big Premieres". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  16. ^ "Yeti hilarity ensues in adorable 'Abominable' trailer". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  17. ^ "Abominable". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-04. 
  18. ^ Rubin, Rebecca; Rubin, Rebecca (2019-09-24). "Box Office: 'Abominable' to Close Out Unexpectedly Strong September". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  19. ^ a b D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-09-29). "DreamWorks Animation & Pearl Studio's 'Abominable' Bigfoots B.O. With Near-$21M Opening Weekend". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  20. ^ Abominable (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-04 
  21. ^ Abominable, diakses tanggal 2019-11-04 
  22. ^ "Vietnam pulls DreamWorks' 'Abominable' film over South China Sea map". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2019-10-14. Diakses tanggal 2019-11-04. 
  23. ^ "Philippines' top diplomat calls for cut to 'Abominable' over China map". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2019-10-16. Diakses tanggal 2019-11-04. 
  24. ^ Charm, Neil (2019-10-16). "Locsin suggests: Cut 'offending scene' in Abominable movie". BusinessWorld (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  25. ^ Frater, Patrick; Frater, Patrick (2019-10-17). "Malaysia Orders Cuts to 'Abominable' Over Controversial Map Scene". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 
  26. ^ "'Abominable' film axed in Malaysia after rebuffing order to cut China map". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2019-10-20. Diakses tanggal 2019-11-04. 
  27. ^ INQUIRER.net, Agence France-Presse. "MTRCB bans 'Abominable' over China map–report". entertainment.inquirer.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]