Abel Pacheco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Abel Pacheco de la Espriella
Presiden Kosta Rika
Masa jabatan
8 Mei 2002 – 8 Mei 2006
PendahuluMiguel Ángel Rodríguez
PenggantiOscar Arias
Informasi pribadi
Lahir22 Desember 1933 (umur 85)
San José
KebangsaanKosta Rika
Partai politikPUSC

Abel Pacheco de la Espriella (lahir 22 Desember 1933 di San José) adalah presiden Kosta Rika, dari Partai Persatuan Sosial Kristen (Partido Unidad Social Cristiana – PUSC). Dalam kampanyenya ia menawarkan program-program untuk melanjutkan pembaruan pasar bebas dan menciptakan suatu program yang ketat. Ia terpilih dalam putaran kedua dengan 58% suara pada April 2002.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Pacheco adalah anak keenam dari seorang petani pisang. Sebagian masa kecilnya dilewatinya di provinsi Limón di pantai Karibia, tetapi ia kembali ke ibu kota untuk menyelesaikan pendidikan menengahnya. Ia belajar di Escuela Buenaventura Corrales Bermúdez dan melanjutkan studinya di sebuah perguruan tinggi los Ángeles, hingga mendapatkan gelar sarjananya yang pertama. Dengan bantuan beasiswa, ia meneruskan ke fakultas kedokteran di Universitas Otonom Nasional Meksiko di Kota Meksiko dan psikiatri di Universitas Negara Louisiana di Amerika Serikat.

Pada Januari 1955 ia ikut serta dalam penyerangan dari Nikaragua dengan bantuan diktator Anastasio Somoza, yang dipimpin oleh bekas presiden Rafael Ángel Calderón Guardia, dengan maksud utama menggulingkan presiden yang berkuasa saat itu, José Figueres Ferrer, tetapi akhirnya penyerangan itu berakhir dengan kegagalan.

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Pacheco menjadi direktur Rumah Sakit Psikiatri Nasional pada tahun 1973-1976, tempat ia bekerja selama 16 tahun.

Selama tahun 1970-an hingga 1990-an ia menjadi pembawa acara budaya yang terkenal di televisi Kosta Rika. Selama itu pula ia tetap mengajar di Universitas Kosta Rika dan secara pribadi melayani pelanggan di toko pakaian pria, El Palacio del Pantalón, yang didirikannya di pusat kota San José pada pertengahan 1980-an hingga tahun 1994. Ia juga menulis sejumlah novel dan lagu pop.

Terjun ke politik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1994 ia terjun ke dunia politik ketika ia memperebutkan kedudukan wakil presiden untuk mendampingi Miguel Ángel Rodríguez Echeverría, tetapi ia disisihkan oleh José Maria Figueres Olsen.

Pada 1 Februari 1998 ia terpilih sebagai wakil rakyat di Dewan Legislatif Kosta Rika mewakili provinsi San José untuk PUSC. Berkat penolakan rakyat terhadap politik neo-liberal yang dicoba diadopsi pemerintahan Rodriguez (1998-2002), dan karena ia sudah dikenal luas melalui program-program televisinya, Pacheco muncul sebagai kandidat yang mendapatkan banyak dukungan masyarakat.

Dengan demikian, Pacheco, yang dijuluki "politikus rakyat" menampilkan profil yang tidak sama dengan profil politikus yang tradisional. Ia mengadakan kampanye yang lebih pribadi sifatnya, dan menampilkan wajah orang Kosta Rika yang khas, rendah hati, dan santai, sehingga tema kampanyenya adalah "Pilihlah untuk diri Anda sendiri."

Dalam persiapan menuju pemilihan presiden pada 2002, konvensi partai PUSC memilihnya sebagai calon mereka dengan 76% suara anggota delegasi pada 10 Juni 2001. Pencalonannya dipandang sebagai kemenangan para anggota kecil atas hierarkhi partai.

Dalam putaran pertama pemilu Pachecho mendapatkan 38.6% suara. Jumlah ini kurang sedikit dari total 40% yang dibutuhkan untuk menghindari putaran kedua. Pada 7 April 2002, dalam putaran kedua – kali pertama mekanisme ini digunakan sejak aturan-aturannya ditetapkan – Pacheco mendapatkan 58% suara, mengalahkan Rolando Araya Monge dari PLN yang liberal dengan perbedaan suara tipis.

Buku-buku karangannya[sunting | sunting sumber]

  • Una muchacha (Anak perempuan)
  • El hijo de árbol (Putra pohon)
  • Paso de tropa (Derap langkah pasukan)
  • La tolvanera
  • Cuentos de la Meseta Central (Cerita-cerita dari Meseta Central)
  • Cuentos del Pacífico (Cerita tentang Pasifik)
  • Gente sin ancla (Orang-orang tanpa jangkar)
  • Más abajo de la piel (Jauh di bawah kulit - cerita pemenang hadiah kritik Kosta Rika)
Didahului oleh:
Miguel Ángel Rodríguez Echeverría
Presiden Kosta Rika
2002-2006
Diteruskan oleh:
Oscar Arias Sanchez