Abdussamad Sulaiman HB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Abdussamad Sulaiman HB
Berkas:Sulaiman HB.jpg
LahirAbdussamad Sulaiman
(1948-04-21)21 April 1948
Marabahan, Indonesia
Meninggal14 Juni 2015(2015-06-14) (umur 67)
Jakarta, Indonesia
MakamMarabahan, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Dikenal atasPengusaha
Politikus
Partai politikGolkar
Suami/istriNurhayati

Abdussamad Sulaiman Haji Basirun (21 April 1948 – 14 Juni 2015) adalah seorang pengusaha Indonesia asal Kalimantan Selatan. Haji Leman, panggilan akrabnya, adalah pemilik dan pendiri klub sepak bola PS Barito Putera. Ia juga pemilik Hasnur Group, perusahaan yang bergerak dibidang kehutanan, pertambangan, perkebunan, transportasi, media, olahraga dan pendidikan

Brand nama Hasnur diambil dari singkatan namanya sendiri Haji Abdussamad Sulaiman (HAS) dan istri tercintanya Hj Nurhayati (NUR). Nama itu pun dilekatkan pula untuk dua dari tujuh buah hatinya, yakni H. Hasnuryadi Sulaiman SE, yang juga seorang pengusaha dan Hj Hasnuryani Sulaiman.

Makam Haji Leman di Marabahan, Barito Kuala

Selain sebagai pemilik klub sepak bola PS Barito Putera, Haji Leman juga pernah menjabat sebagai ketua KONI Kalsel, yang turut berkiprah dalam bidang politik, sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan selama tiga periode.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Abdussamad Sulaiman HB mempunyai tujuh anak:

Meninggal[sunting | sunting sumber]

Abdussamad Sulaiman HB meninggal 14 Juni 2015 di RS Medistra Jakarta, dan dimakamkan di Alkah Datu Abdussamad Diarsipkan 2017-09-06 di Wayback Machine.Marabahan, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]