Abdullah bin Sa'ad bin Abi Sarh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Abdullah bin Sa'ad bin Abi Sarh bin Al-Harits bin Habib bin Judzaimah bin Malik bin Hasl bin 'Amir bin Luai Al-Qurasyi Al-'Amiri (bahasa Arab: عبدالله بن سعد بن أبي السرح‎) merupakan saudara angkat Utsman. Ayahnya adalah Saad ibn Abi Sarh, sementara ibunya bernama Mahanah binti Jabir. Ia bahkan menjadi komandan angkatan laut Islam pada zaman khalifah Utsman bin Affan dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan dan berperan besar dalam jihad di benua Afrika dan Laut Mediterania. Dia berasal dari suku Quraisy, lahir di kota Makkah, 23 tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah.

Abdullah bin Sa'ad masuk Islam sebelum terjadinya perjanjian Hudaibiyah. Berarti sebelum tahun 6 H.Abdullah bin Sa'ad saudara sepersusuan Utsman bin Affan. Setelah masuk Islam ia mendapat kepercayaan dari Rasulullah menjadi penulis wahyu. Dialah penulis wahyu pertama yang berasal dari suku Quraisy, komandan pasukan sayap kanan dalam seluruh pertempuran melawan pasukan Romawi di Mesir, dan berjasa besar menyebarkan Islam di Tunisia da sudan.

Pada zaman Khalifah Umar bin Khaththab, Abdullah bin Sa'ad diangkat menjadi gubernur daerah dataran tinggi Mesir. Pada zaman khalifah Utsman, dia mendapat kepercayaan lebih besar lagi yaitu menjadi gubernur Mesir. Seluruh wilayah Mesir ia pimpin.Itu terjadi pada tahun 25 Hijriah.Setelah menjadi gubernur Mesir,ia mengirim surat kepada khalifah Utsman untuk meminta ijin menyebarkan Islam ke Tunisia.Alhamdulillah Islampun menyebar dan berkembang di Tunisia sampai sekarang.Setelah Tunisia, diapun menyebarkan agama Islam ke daerah Sudan.

Setelah Khalifah Ustman bin Affan wafat,Abdullah bin Sa'ad pergi ke kota Asqalan di Palestina.Dia tinggal disana dan memfokuskan diri untuk beribadah kepada Allah.Abdullah bin Sa'ad selalu berdoa kepada Allah agar akhir hidupnya husnul khatimah,ditutup dengan ibadah, yaitu shalat subuh.Ketika waktu shalat subuh tiba,iapun shalat mengimami kaum muslimin.Pada rakaat pertama membaca surat Al-fatihah dan surat Al- Adiyat.Setelah rakaat kedua, ia memberikan salam ke kanan,kemudian salam ke kiri, lalu Allah langsung mewafaatkannya. Abdullah bin Sa'ad wafat pada tahun 37 H dan dimakamkan di kota Asqalan Palestin[1][2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abu Haura Romli, Ahmad (2016). Superhero Islam. Jakarta: Perisai Qur'an. hlm. 1 – 44. 
  2. ^ "TITLE" Periksa nilai |url= (bantuan). Hidayatullah.com (dalam bahasa Inggris). 2016-11-29. Diakses tanggal 2019-02-22.