Abdul Qodir Jaelani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Abdul Qodir Jaelani
Abdul-Qodir-Jaelani-Dul.jpg
Nama lahir Ahmad Abdul Qodir Jaelani
Nama lain Dul, AQJ
Lahir 23 Agustus 2000 (umur 15)
Bendera Indonesia Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia Raya
Pekerjaan Musisi, Penulis Lagu, Penyanyi, Musikus, Artis
Tahun aktif 2009-Kini
Tinggi badan 165cm
Hubungan Al Ghazali (Kakak Pertama)
El (Kakak Kedua)
Mempengaruhi Lucky Laki dan Backdoor
Orang tua Ahmad Dhani
Maia Estianty
Agama Islam

Abdul Qodir Jaelani atau dikenal sebagai Dul/AQJ (lahir di Indonesia, 23 Agustus 2000; umur 15 tahun) merupakan seorang musisi berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan bass dari grup musik The Lucky Laki, dan juga pemain gitar sekaligus penyanyi dari grup musik Backdoor. Dul adalah penulis lagu handal berusia muda

Biografi[sunting | sunting sumber]

Bersama kedua kakaknya, Al dan El, Dul bergabung dalam band Lucky Laki yang pernah populer dengan hitsnya, Aku Bukan Superman.

The Lucky Laki, Adalah band dari 5 bersaudara Al, El, Dul, Dashel, Raffi. Awalnya The Lucky Laki hanya beranggota tiga orang, yaitu Al, El, dan Dul. Lalu Dashel dan Raffi bergabung dengan The Lucky Laki pada tahun 2010. Formasi ini mulai dikenal saat The Lucky Laki tampil di salah satu acara kompetisi bernyanyi di televisi yang bermama Indonesian Idol. Setelah merilis lagu Aku Bukan Superman dan Sahabat yang masih beranggota tiga orang, The Lucky Laki kembali merilis lagu baru mereka yang bejudul Asboys (Aku Suka Bersama Orang Yang Aku Suka). Yang tentu sudah beranggota lima orang.

Berjalannya waktu, Dul mulai mencintai musik Grunge dan dia membuat grup musik beraliran Grunge yang bernama Backdoor pada tahun 2013. Awalnya posisi Dul di dalam Backdoor adalah pemain bass dan vokalis, setelah itu Dul menjadi pemain gitar sekaligus vokalis untuk Backdoor sejak 2 pemain gitar (Emyr dan Rifo) keluar dari Backdoor.

Pada Minggu, 8 September 2013 dini hari, Dul mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi bersama seorang rekannya. Mobil yang dikendarai Dul menabrak pembatas jalan dan menghantam minibus. Akibat kecelakaan ini, 6 orang tewas dan Dul mengalami patah tulang di bagian kaki. Hingga sekarang, polisi menetapkan Dul sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]