Abdul Qadir Dagarwal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Abdul Qadir
عبد القادر دگروال
Duta Besar Afghanistan Untuk Polandia[1]
Masa jabatan
3 November 1986 – 13 April 1988
PresidenBabrak Karmal
Mohammad Najibullah
Menteri Pertahanan
Masa jabatan
1982 – Desember 1986
PresidenBabrak Karmal
Mohammad Najibullah
Perdana MenteriSultan Ali Keshtmand
(Ketua dari Dewan Menteri)
Masa jabatan
30 April 1978 – Agustus 1978
PresidenHafizullah Amin
Perdana MenteriSultan Ali Keshtmand
Ketua Dewan Revolusi dari Angkatan Bersenjata
Masa jabatan
28 April 1978 – 30 April 1978
Informasi pribadi
Lahir
Abdul Qadir Dagarwal

1944
Herat, Afganistan
Meninggal22 April 1944 – 2014; umur 69–70 tahun
Kabul, Afganistan
KewarganegaraanAfganistan
Partai politikPartai Demokrasi Rakyat
Tempat tinggalAfganistan
(1944–86)
 Uni Soviet
(1986–89)
Bulgaria
(1989–2014)
Karier militer
PihakAfganistan
Dinas/cabang Afghan Air Force
Masa dinas1962–1989
Pangkat Kolonel Jenderal
KomandoAngkatan Udara Afganistan
Pertempuran/perangKudeta Afganistan 1973
Revolusi Saur
Perang Soviet-Afganistan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Kolonel Jenderal Abdul Kadir Dagarwal (bahasa Rusia: Абдул Кадыр ; Dari/Pashto: عبد القادر دگروال; 1944 - 22 April, 2014 adalah seorang politikus, diplomat, dan perwira militer Afghanistan di Angkatan Udara Afghanistan yang berpartisipasi dalam kudeta yang menciptakan Republik Afganistan di bawah Presiden Dawood Khan , dan kemudian mengarahkan skuadron Angkatan Udara Afganistan dan Korps Udara Angkatan Darat Afghanistan yang menyerang Stasiun Radio-TV selama Revolusi Saur. Ia menjabat sebagai penjabat kepala negara selama tiga hari ketika Partai Rakyat Demokratik Afganistan (PDPA) mengambil alih kekuasaan dan mendeklarasikan berdirinya Republik Demokratik Afghanistan , sebelum menyerahkan kekuasaan kepada pemimpin PDPA Noor Mohammad Taraki . Ia kemudian menjabat dua periode sebagai Menteri Pertahanan , yang pertama sebagai bagian dari pemerintahan Taraki dari April hingga Agustus 1978, dan yang terakhir sebagai bagian dari pemerintahan Babrak Karmal dari 1982 hingga 1986. Masa jabatan keduanya berlangsung selama Perang Soviet di Afghanistan.

Tampilan[sunting | sunting sumber]

Pada upacara berkabung di Moskow untuk menghormati memori Ahmad Shah Massoud

"Meskipun Massoud dan saya dulunya bermusuhan, saya yakin dia pantas mendapatkan rasa hormat yang besar sebagai pemimpin militer yang luar biasa dan, pertama-tama, sebagai patriot negaranya".[2] - 2001-09-21

Tahun-tahun kemudian dan kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa tahun tinggal di Bulgaria, Qadir kembali ke Rusia, di mana ia tinggal bersama keluarganya. Pada 2011/2012 ia kembali ke Afghanistan, di mana ia tinggal di Kabul dan menyelesaikan bukunya. Dia meninggal karena stroke di Rumah Sakit Militer Nasional Sardar Mohammad Daoud Khan pada 22 April 2014.[3]

Anggota Pemerintah Parchamite[sunting | sunting sumber]

Setelah invasi Soviet ke Afghanistan pada tahun 1979 yang membunuh Hafizullah Amin, Qadir dibebaskan dari penjara di bawah rezim baru Babrak Karmal, jabatan politik yang dia pegang di PDPA sebelum dikirim ke penjara dipulihkan. Dia menjabat sekali lagi sebagai Menteri Pertahanan (1982–1985) selama Pemerintahan Babrak.[4]

Setelah Invasi Soviet, Kabul dikepung. Jembatan diblokir, penghalang dan penyergapan tersembunyi dipasang di semua jalan menuju kota. Qadir diangkat menjadi panglima kota. Sebagai bagian dari perubahan kepemimpinan negara, ia mengundurkan diri dari Polibiro pada November 1985, setahun kemudian diangkat menjadi Duta Besar untuk Warsawa, Polandia oleh Presiden Mohammad Najibullah. Dia dipanggil kembali ke Afghanistan pada tahun 1988, dan kemudian terpilih menjadi anggota Parlemen. Setelah penarikan Soviet pada tahun 1989, diyakini dia melarikan diri ke Bulgaria dan mencari suaka politik.

Anggota Pemerintah Khalqist[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi menteri pertahanan, selama tiga bulan mulai Mei 1978. Pada tanggal 6 Mei Qadir meminta nasihat komandan Soviet tentang bagaimana menangani semua orang yang ditahan. Pada 17 Agustus, Qadir, yang masih menjabat sebagai menteri pertahanan, ditangkap karena terlibat dalam konspirasi yang diduga diorganisir oleh Parcham yang diasingkan di luar negeri. Karena Qadir tetap populer di militer, Presiden Taraki tidak berani membunuhnya dan malah dijatuhi hukuman lima belas tahun penjara.[4]

Kebijakan Taraki dan Hafizullah Amin untuk menyingkirkan orang-orang yang mereka anggap tidak cocok untuk mengkonsentrasikan semua kekuasaan di tangan mereka sendiri menjadi sangat jelas. Perdana Menteri Amin kemudian melaporkan:[5]

Partai tidak mampu menjadikan Qadir seorang Marxis-Leninis sejati, yang siap menahan pengaruh negatif apa pun. Itu adalah kesalahan kami.

Revolusi Saur[sunting | sunting sumber]

Dia juga memerintahkan serangan terhadap Arg , dan terhadap Istana Kerajaan Presiden Mohammad Daoud Khan . Komandan tank di darat adalah Kolonel Aslam Watanjar, dari batalyon pertama brigade tank ke-4. Bersama-sama, pasukan di bawah komando mereka merebut Kabul. Pemerintah jatuh, dan Daoud terbunuh.[4]

Pada pukul 19:00 tanggal 27 April, Ketua Qadir membuat pengumuman melalui Radio Afghanistan, dalam Bahasa Dari, bahwa Dewan Revolusi Angkatan Bersenjata telah dibentuk olehnya, dengan dirinya sebagai Pemimpin Negara. Pernyataan prinsip awal dewan, yang dikeluarkan pada malam hari tanggal 27 April adalah penegasan tanpa komitmen dari cita-cita Islam, demokratis, dan nonblok:

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Afghanistan, radio menyatakan, sisa-sisa terakhir Monarki, Tirani, despotisme ... telah berakhir, dan semua kekuatan negara ada di tangan rakyat Afghanistan.

Dewan Revolusi dibentuk oleh dirinya sendiri, Hafizullah Amin, dan Mayor Mohammad Aslam Watanjar, yang memegang kendali negara sampai pemerintahan sipil terbentuk. Pada tanggal 30 April Dewan Revolusi PDPA yang baru dibentuk (dengan Nur Mohammad Taraki dan Babrak Karmal dalam kepemimpinannya) mengeluarkan dekrit pertama dari serangkaian dekrit yang menentukan. Dekrit tersebut secara resmi menghapuskan dewan revolusioner militer. Dekrit kedua, dikeluarkan pada 1 Mei, menunjuk anggota kabinet pertama yang termasuk Qadir sebagai Menteri Pertahanan

Revolusi Republik 1973[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, Kolonel Qadir membantu manuver coup d'état yang dipimpin oleh Perdana Menteri Dawood Khan dengan dukungan Jenderal Abdul Karim Mustaghni, yang pernah menjadi Kepala staf angkatan bersenjata. Presiden Dawood Khan menjanjikan reformasi tanah radikal, legalisasi partai politik dan reformasi lainnya. Parcham ditawari empat jabatan menteri dalam pemerintahan Daoud. Sebagai anggota Parcham, Qadir dinominasikan sebagai wakil kepala Angkatan Udara Afghanistan, sementara pendukung Parcham lainnya, Mayor Zia Mohammadzi Zia, ditunjuk sebagai kepala Angkatan Darat Afghanistan. Namun, pada tahun 1974 Daoud mencopot dan menurunkan banyak menteri Parcham dalam pemerintahan. Dengan demikian, Qadir diturunkan menjadi kepala rumah potong hewan Kabul . Banyak pendukung Parcham, termasuk Kolonel Qadir, beralih kesetiaan kepada Khalq.

Pada April 1978, Daoud dan menteri dalam negeri garis kerasnya, Jenderal Abdul Qadir Khan Nuristani , melancarkan tindakan keras pemerintah terhadap Partai Demokrasi Rakyat Afganistan (PDPA). Ternyata salah perhitungan. Kolonel Qadir dan Kolonel Mohammad Aslam Watanjar, anggota PDPA terkemuka lainnya di militer, nyaris lolos dari penangkapan dan pada awal 27 April Hafizullah Amin berhasil menyelundupkan perintah untuk memulai kembali kudeta.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Abdul Qadir lahir di Herat di Provinsi Herat, Kerajaan Afghanistan pada tahun 1944.[6] Ia adalah seorang etnis Tajik yang keluarganya berasal dari Provinsi Herat.[6] Dia bersekolah di sekolah militer yang dijalankan oleh Tentara Nasional Afghanistan dan dilatih sebagai pilot, memenuhi syarat untuk menerbangkan Mig-15, Mig-21, dan Su-7, di Uni Soviet[6]. Pendidikannya berasal dari Uni Soviet, setelah belajar dan unggul di perguruan tinggi staf Rusia[6]. Selama karirnya di Angkatan Udara Afganistan, ia bergabung dengan Partai Komunis dan kemudian bersekutu dengan Parcham (Faksi Bendera).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Relacje polsko-afgańskie - Embassy of the Islamic Republic of Afghanistan, Warsaw - Ambasada". 
  2. ^ "Pravda.RU Afghans Living In Russia Held Mourning Ceremony In Moscow". 2001-09-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2001-09-23. Diakses tanggal 2019-04-17. 
  3. ^ В Кабуле скончался участник Саурской революции генерал Абдул Кадир Хан [Participant in the Saur Revolution, General Abdul Kadir Khan, died in Kabul], 23 April 2014, diakses tanggal 13 November 2019 
  4. ^ a b c Frank Clements and Ludwig W. Adamec (2003-12-31). Conflict in Afghanistan: An Encyclopedia. ABC-CLIO Ltd. hlm. 207. ISBN 1851094024. Diakses tanggal 2009-03-24. 
  5. ^ Vasili Mitrokhin (July 2009). "The KGB in Afghanistan". Woodrow Wilson International Center for Scholars. Diakses tanggal 2009-03-24. 
  6. ^ a b c d Adamec, Ludwig W. (2012). Historical Dictionary of Afghanistan (dalam bahasa Inggris). Scarecrow Press. hlm. 569. ISBN 9780810878150. Diakses tanggal 13 October 2019.