Abbas el-Akkad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Abbas el-Akkad
Nama asal عباس محمود العقاد
Lahir Juni 28, 1889
Aswan, Mesir
Meninggal 13 Maret 1964 (umur 74)
Kairo, Mesir
Kebangsaan Bendera Mesir Mesir
Suku Arab
Pekerjaan penulis
Agama Islam

Abbas Mahmud al-Aqqad (Arab: عباس محمود العقاد‘Abbās Maḥmūd al-‘Aqqād, lahir 28 Juni 1889 – meninggal 12 Maret 1964 pada umur 74 tahun). Adalah seorang penulis asal Mesir,[1] dan anggota dari Akademi Arab.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Al-'Akkad lahir di Aswan, sebuah kota di hulu Mesir, pada tahun 1889.[3] Ia menerima sedikit pendidikan formal, dengan hanya menyelesaikan pendidikan dasar. Tidak seperti teman sekolahnya, ia menghabiskan semua uang saku mingguannya untuk buku. Dia membaca tentang agama, geografi, sejarah dan mata pelajaran lainnya. Dia dikenal karena bahasa Inggris dan Perancis-nya yang sangat baik.

Dia menulis lebih dari 100 buku tentang filsafat, agama, dan puisi. Ia mendirikan sebuah sekolah puisi bersama dengan Ibrahim Al-Mazny dan Abdel Rahman Shokry yang dipanggil Al-Diwan. Dia meninggal pada tahun 1964 di Kairo. Karya-karyanya yang paling terkenal adalah al-'Abkariat, Allah, dan Sarah. Beberapa bukunya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Al-'Akkad dikenal karena dia menggunakan bunga-bunga dan prosa yang rumit.

Hubungan Romantis[sunting | sunting sumber]

Al-Aqqad mengalami dua hubungan romantis besar dalam hidupnya. Yang pertama adalah dengan seorang wanita Kristen Lebanon, yang ia panggil dengan "Sarah" dalam novelnya dengan judul yang sama. Yang kedua adalah dengan aktris Mesir terkenal Madiha Yousri. Hubungan ini diakhiri al-Aqqad dengan sendiri, karena karier Yousri sebagai seorang aktris. Al-Aqqad menulis sebuah karya puisi tentang hubungan ini yang diberi nama Cyclones of a Sunset (A-Asiru Maghrib dalam bahasa Arab).

Dilaporkan oleh penulis Mesir produktif Anis Mansour dan berbagai peserta lainnya dari Al-Aqqad terkenal 'ruang' bahwa ia terus menjaga lukisannya di kamar tidurnya yang menampilkan kue yang indah dengan kecoak merangkak di atasnya. Seperti yang ia harapkan, Al-Aqqad menjaga ini di kamarnya sebagai 'hal pertama yang ia lihat di pagi hari dan hal terakhir yang ia lihat di malam hari'. Ini melambangkan keindahan dan kemurnian (kue) yang terbuang dari glamornya lampu sorot (kecoak) seperti yang terjadi (yang ia anggap) antara hubungannya dengan aktris Madiha Yousri.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Al Aqqad meninggal di pagi hari pada tanggal 13 Maret 1964. Mayatnya diangkut dengan kereta api ke kampung halamannya, Aswan, di hulu selatan Mesir, di mana ia dimakamkan pada hari yang sama.

Pada awal 1980-an, serial televisi Mesir diproduksi yang berisi tentang kehidupan al-Aqqad, dengan judul The Giant (Al Imlaq dalam bahasa Arab). Dibintangi oleh aktor Mesir Mahmud Mursi.

Buku[sunting | sunting sumber]

  • al-'Abkariat
  • Allah
  • Sarah
  • The genius of Christ diterjemahkan oleh F. Peter Ford 2001

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ About Arabic books Nur Sherif - 1970 "WITH AL-AKKAD By Shawki DEIF. It is a few years since the Arabic-speaking world mourned the death of Abbas Mahmoud al-Akkad (1889–1964) at age 75. Nicknamed "the Giant", both for his physical and ...
  2. ^ Arab Observer Issues 185–197 1964 "ABBAS AL-AKKAD Yet another seat in the Arab Academy became vacant after the death last week of writer and man of letters, Abbas Mahmoud Al Akkad, at the age of 75."
  3. ^ The literature of ideas in Egypt Volume 1; Volume 1 Louis Awad - 1986 "'Abbas al-'Akkad 1889—1964 Introduction 'Abbas Mahmud al-'Aqqad was born in the town of Aswan on June 28, 1889. His father was a government clerk in charge of the deeds and property records of Aswan and Esna and died soon after 'Abbas'"