Aang Witarsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Witarsa
Informasi pribadi
Nama lengkap Aang Witarsa
Tanggal lahir 3 Desember 1930
Tempat lahir Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Tinggi 168 cm (5 ft 6 in)
Posisi bermain Penyerang
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
1947–1960 Persib Bandung ?? (??)
Tim nasional
1948-1960 Indonesia ?? (14)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik dan akurat per 27 September 2010.

‡ Penampilan dan gol di tim nasional
akurat per 27 September 2010

Aang Witarsa (lahir di Bandung, Jawa Barat, 12 Maret 1930; umur 87 tahun) merupakan mantan pemain sepak bola Indonesia dari Persib, klub Sepak Bola Indonesia yang berposisi sebagai penyerang.

Profil[sunting | sunting sumber]

Ia adalah pemain yang bertalenta pada zamannya. Ia merupakan ikon pesepak bola Persib dan Indonesia pada tahun 1950-1960an.

Ia mendapat julukan "The Flying Horse" atau "Si Kuda Terbang". Julukan ini diberikan karena ia memiliki kemampuan berlari yang sangat tinggi disertai dengan kemampuan mengolah bola yang sambil berlari, sehingga menyulitkan lawan untuk merebut bola darinya.

Julukan ini bukan datang dari dalam negeri, melainkan dari media pers Singapura yang memberikan pujian terhadapnya setelah Indonesia bertanding melawan klub asal Singapura.

Tak heran bila ia menjadi kebanggaan masyarakat Bandung saat itu hingga gambarnya tertera pada pensil, penghapus, penggaris para bobotoh saat itu.

Berkat permainan hebatnya bersama Persib pada usia 18 tahun, ia ditarik ke timnas. Bersama Anas, ia menjadi pemain Persib pertama yang memperkuat PSSI generasi pertama untuk kejuaraan Asian Games 1950. Ia juga turut membawa timnas melaju ke babak perempat final Olimpiade 1956 di Meulborne sebelum akhirnya kalah dari Uni Soviet.

Karier sebagai pelatih[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1960, ia memutuskan untuk pensiun dari dunia pesepak bolaan. Berbekal dari ilmu kepelatihan yang diikutinya di Leipzig, Jerman Timur, ia didaulat sebagai pelatih Persib pada tahun 1962.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]