A Funny Thing Happened on the Way to the Forum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Funny Thing Happened
on the Way to the Forum
Revival Cast Recording
MusikStephen Sondheim
LirikStephen Sondheim
NaskahBurt Shevelove
Larry Gelbart
Produksi1962 Broadway
1963 West End
1966 film
1972 Broadway
1986 West End
1996 Broadway
2004 West End
2009 Hong Kong
2009 Stratford Shakespeare Festival
PenghargaanTony Award for Best Musical
Tony Award for Best Book of a Musical

A Funny Thing Happened on the Way to the Forum adalah sebuah Musikal dengan musik dan lirik oleh Stephen Sondheim dan buku oleh Burt Shevelove dan Larry Gelbart.

Diinspirasi dari lelucon dari Romawi Kuno dramawan Plautus (251–183 BC), khususnya Pseudolus, Miles Gloriosus dan Mostellaria, ini menceritakan tentang cerita mesum budak bernama Pseudolus dan upaya untuk memenangkan kebebasannya dengan membantu tuan mudanya merayu pintu gadis berikutnya. Alur memperlihatkan banyak elemen klasik dari lelucon, termasuk permainan kata, pintu-pintu, kasus kesalahan identitas (sering melibatkan karakter menyamar sebagai satu sama lain), dan komentar-komentar satir pada kelas sosial. Judul berasal dari garis besar pelawak yang sering menggunakan kalimat untuk memulai sebuah cerita: "A funny thing happened on the way to the theater".

Musikal orisiilnya 1962 Broadway memenangkan beberapa Tony Awards, termasuk Best Musical dan Best Book. A Funny Thing menikmati beberapa Broadway dan West End kebangunan rohani dan dibuat menjadi film yang sukses dibintangi pemimpin asli, Zero Mostel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]