A Streetcar Named Desire (film 1951)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Streetcar Named Desire
Poster rilis teatrikal karya Bill Gold
SutradaraElia Kazan
ProduserCharles K. Feldman
SkenarioTennessee Williams
Berdasarkan
A Streetcar Named Desire
drama tahun 1947
oleh Tennessee Williams
Pemeran
Penata musikAlex North
SinematograferHarry Stradling
PenyuntingDavid Weisbart
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
  • 18 September 1951 (1951-09-18)
Durasi125 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$1.8 juta[2]
Pendapatan
kotor
$8 juta (Amerika Utara)[2]

A Streetcar Named Desire adalah sebuah film drama Amerika 1951, dari drama bernama sama pemenang Penghargaan Pulitzer karya Tennessee Williams yang dibuat pada tahun 1947. Film tersebut mengisahkan seorang gadis kaya, Blanche DuBois, yang, setelah mengalami serangkaian kehilangan harta benda, meninggalkan latar belakang aristokratiknya dengan mengungsi bersama saudari dan saudara iparnya di sebuah pemukiman New Orleans. Produksi Broadway dan para pemerannya dialihkan ke film dengan hanya perubahan kecil.

Tennessee Williams berkolaborasi dengan Oscar Saul dan Elia Kazan pada skenarionya. Kazan, yang menyutradara produksi drama Broadway-nya, juga menyutradarai film hitam-putih tersebut.. Marlon Brando, Kim Hunter, dan Karl Malden semuanya adalah pemeran dalam peran-peran Broadway asli mereka. Meskipun Jessica Tandy aslinya memerankan Blanche DuBois pada Broadway, Vivien Leigh, yang tampil dalam produksi teater London-nya, berperan dalam adaptasi filmnya karena kekuatan bintangnya.[3]

Setelah perilisan film tersebut, Marlon Brando, yang saat itu tak diketahui pemeranan dramanya, meraih ketenaran sebagai bintang film Hollywood besar. Film tersebut menandai tahun pertama dari empat nominasi Oscar untuk Aktor Terbaik berturut-turut yang diraih oleh Marlon Brando dan meraih sekitar $4,250,000 di box office AS dan Kanada pada 1951, menjadikannya hit terbesar kelima pada tahun tersebut.[4] Pada 1999, A Streetcar Named Desire terpilih untuk penyajian dalam Pendaftaran Film Nasional Amerika Serikat oleh Perpustakaan Kongres karena "signifikan secara budaya, sejarah, atau aestetik."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Streetcar Named Desire". American Film Institute. Diakses tanggal July 4, 2017. 
  2. ^ a b "A Streetcar Named Desire - Box Office Data, DVD and Blu-ray Sales, Movie News, Cast and Crew Information". The Numbers. Diakses tanggal December 15, 2014. 
  3. ^ Manvell, Roger. Theatre and Film: A Comparative Study of the Two Forms of Dramatic Art, and of the Problems of Adaptation of Stage Plays into Films. Cranbury, New Jersey: Associated University Presses Inc, 1979. 133
  4. ^ 'The Top Box Office Hits of 1951', Variety, January 2, 1952

Pranala luar[sunting | sunting sumber]