A Deacon's Summer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"A Deacon's Summer"
Singel oleh Mondo Gascaro
dari album Rajakelana
Dirilis20 Mei 2016 (2016-05-20)
Genre
Durasi4:38
LabelIvy League Music
PenciptaMondo Gascaro
Kronologi singel Mondo Gascaro
"Saturday Light / Komorebi"
(2014)
"A Deacon's Summer"
(2016)
"April"
(2018)
Sampel audio
Video musik
"A Deacon's Summer" di YouTube

"A Deacon's Summer" adalah sebuah lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Mondo Gascaro. Lagu tersebut menjadi singel kedua Mondo Gascaro, serta merupakan singel pertama untuk album perdananya Rajakelana pada tahun 2016.

Lagu ini sempat dinominasikan sebagai Karya Produksi Alternatif Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 2017.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Serupa dengan lagu-lagu lain dalam album Rajakelana, Mondo Gascaro mendapatkan inspirasi dari pengalamannya berlibur ke berbagai tempat di Indonesia. Lagu tersebut terinspirasi dari perjalanannya ke Tulungagung, Jawa Timur.[1] Mondo menjelaskan bahwa lagunya bercerita tentang istirahat sejenak dalam kehidupan dan bervakansi.[2] Lagu ini juga diinspirasi dari lagu "Deacon Blues" karya grup musik jazz rock Steely Dan.[2][3]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Mondo Gascaro di Little Tokyo, Blok M dalam video musik A Deacon's Summer. Sebagai lokasi cabang bar karaoke Jepang milik orangtua Mondo Gascaro,[a] Little Tokyo merupakan salah satu tempat yang ditampilkan dalam video berkonsep tapaktilas tersebut.

Video musik "A Deacon's Summer" disutradarai oleh Omar Annas dan dirilis pada tanggal 26 Mei 2016, dengan konsep berupa Mondo Gascaro menapaktilas tempat-tempat di Jakarta yang menjadi bagian dari masa kecil Mondo Gascaro.[3][4] Video musik tersebut menampilkan Mondo Gascaro menelusuri berbagai lokasi di Jakarta, dimulai dari Little Tokyo, Melawai, Cikini, dan diakhiri dengan Pasar Senen.

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Singel tersebut mendapatkan respons positif dari berbagai media. Situs berita Tempo.co menyebut "A Deacon's Summer" sebagai salah satu lagu andalan dalam album Rajakelana.[5] Agustinus Shindu Alpito dari Medcom.id mengulas bahwa lagu itu terdengar "meneduhkan", sementara Cholil Mahmud dari grup musik Efek Rumah Kaca menulis bahwa lagu tersebut "kompleks dan catchy".[2]

Personel[sunting | sunting sumber]

Sejarah rilis[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Label Format Ref.
Indonesia 20 Mei 2016 Ivy League Music Musik digital [2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Deskripsi video musik "A Deacon's Summer" di YouTube.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artiyono, Sabar (28 Oktober 2018). Khrisnanda, Andrian Gilang, ed. "Kisah Travelling yang Berbuah Album ala Mondo Gascaro". Kumparan. Jakarta. Diakses tanggal 30 November 2020. 
  2. ^ a b c d Alpito, Agustinus Shindu (19 Mei 2016). Yanuar, Elang Riki, ed. "A Deacons Summer, Ekspresi Mondo Gascaro terhadap Hidup". Medcom.id (dalam bahasa Indonesia). Jakarta. Media Group. Diakses tanggal 30 November 2020. 
  3. ^ a b Alpito, Agustinus Shindu (30 Mei 2016). Deviyana, Nia, ed. "Napak Tilas Mondo Gascaro". Medcom.id (dalam bahasa Indonesia). Jakarta. Media Group. Diakses tanggal 30 November 2020. 
  4. ^ Refliyandi, Sofyan (30 Mei 2016). "Mondo Rilis Video Musik". Djarumcoklat.com. Diakses tanggal 30 November 2020. 
  5. ^ "Arsitek Suasana Rajakelana"Perlu langganan berbayar. Tempo.co. Jakarta. 16 Januari 2017. Diakses tanggal 30 November 2020.