ASLAV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ASLAV
ASLAV-25
ASLAV-25
Tipe Kendaraan pengintai
Negara asal Australia/Kanada
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1995–present
Digunakan oleh Angkatan Darat Australia
Pada perang Perang Irak, Perang Afghanistan, Misi Timor Timur
Sejarah produksi
Perancang General Dynamics Land Systems
Tahun 1992–1994
Produsen General Motors Diesel Division &
General Dynamics Land Systems–Australia
Biaya produksi A$2.2M
Diproduksi 1995–2007
Jumlah produksi 257
Varian See variants
Spesifikasi
Berat 13.2 t (13.0 ton panjang)
Panjang 6.53 m (21.4 ft)
Lebar 2.62 m (8.6 ft)
Tinggi 2.69 m (8.8 ft)
Awak 3

Senjata
utama
M242 25mm Bushmaster Chain Gun
210 rounds
Senjata
pelengkap
FN MAG 58 7.62 mm machine gun
1000 rounds
Jenis Mesin Detroit Diesel 6V-53T
205 kW (275 hp)
Daya kuda/ton 15.53 kW/tonne
Transmisi Allison MT653
Daya jelajah 660 km (410 mi)
Kecepatan 100 km/h (62 mph)
10 km/h (6.2 mph) on water

Australian Light Armoured Vehicle (ASLAV) adalah kendaraan intai amfibi berlapis baja yang digunakan Angkatan Darat Australia. Kendaraan ini memiliki delapan roda dan dapat diangkut melalui darat, laut, ataupun udara (misalnya dengan pesawat C-130 Hercules). ASLAV dilengkapi dengan GPS, sistem navigasi internal, dan sarana komunikasi radio. Kendaraan ini dapat mencapai kecepatan 100 km/h dan dengan tangki penuh dapat menjangkau hingga 660 km. Penggerak 8 roda (8WD)-nya ditujukan untuk operasi di medan berat dan memberikan redundansi. Kendaraan ini dirancang dapat beroperasi jika hanya empat dari delapan penggeraknya berfungsi, dan juga dalam kondisi semua roda bocor. Kendaraan ini dapat dikendalikan di air dengan kecepatan hingga 10 km/jam menggunakan baling-baling di belakangnya.[1][2] Kendaraan ini dibuat oleh General Dynamics Land Systems dari Kanada, dan dikembangkan dari kendaraan LAV-25 dan Bison milik Angkatan Darat Kanada.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Australian Army, "Australian Light Armoured Vehicle", www.army.gov.au, retrieved 4 October 2018.
  2. ^ David Connery, David Cran & David Evered, Conducting counterinsurgency: Reconstruction Task Force 4 in Afghanistan, Canberra: Army History Unit, 2012, ISBN 978-1-921-94177-1.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ANAO" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Blaxland" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CASG" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Chambers" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Cotton" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "D’Angina" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Gardiner" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Janes" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Johnson-Grissom-Oliker" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Ker" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Moss" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Muir" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Noble" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.