ARM Cortex-M

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
IC mikrokontroler ARM Cortex-M0 dan Cortex-M3 dari NXP dan Silicon Labs (Energi Mikro)
Die dari STM32F100C4T6B IC. Mikrokontroler ARM Cortex-M3 24 MHz dibekali 16 MB memori flash dan 4 MB RAM. Diproduksi oleh STMicroelectronics.

The ARM Cortex-M adalah sekelompok inti (core) prosesor 32-bit RISC ARM lisensi dari ARM Holdings digunakan pada mikrokontroler. Inti tersebut terdiri dari Cortex-M0, Cortex-M0+, Cortex-M1, Cortex-M3, Cortex-M4(F), Cortex-M7(F), Cortex-M23, Cortex-M33(F). Jika silikon Cortex-M4 / M7 / M33 memiliki fasilitas FPU, maka inti ini dikenal sebagai Cortex-M4F / Cortex-M7F / Cortex-M33F. ARM Cortex-M core telah dikirim dalam puluhan miliar perangkat.[1]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Keluarga ARM Cortex-M adalah inti mikro prosesor ARM yang di-desain untuk digunakan dalam mikrokontroller, ASIC, FPGA, ASSP, dan SoC. Inti Cortex-M biasanya digunakan sebagai pengendali mikro ter-dedikasi, namun juga sering "tersembunyi" dibalik SoC sebagai kontroler pengatur tenaga, pengendali I/O, pengendali sistem, pengendali layar sentuh, pengendali smart battery, dan kontroler sensor.

Walaupun mikro kontroler 8-bit pernah sangat populer di waktu lalu, Cortex-M perlahan-lahan menggerogoti pasar 8-bit sejalan harga chip Cortex-M taraf-rendah berangsur-angsur turun. Cortex-M secara populer telah menjadi pengganti chip 8-bit dalam aplikasi yang memerlukan operasi matematis 32-bit, dan dalam mengganti inti ARM lama semacam ARM7 dan ARM9.

Lisensi ARM[sunting | sunting sumber]

ARM Holdings tidak memproduksi ataupun menjual perangkat CPU yang mereka desain, melainkan melisensi arsitektur prosesor kepada pihak-pihak yang tertarik. ARM menawarkan berbagai persyaratan lisensi, bervariasi dalam hal biaya dan jasa. Untuk semua pemegang lisensi, ARM menyediakan deskripsi perangkat keras dapat-ter-integrasi atas inti ARM, dan menyediakan pula seperangkat alat pengembangan perangkat lunak lengkap serta hak untuk menjual silikon yang berisi CPU ARM.

Referensi[sunting | sunting sumber]