Bus besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari AKAP)
Bus besar antarkota National Express di Britania Raya, 2012

Bus besar (dalam bahasa inggris lazim disebut big bus atau coach bus) adalah tipe bus berbodi besar, mewah dan juga kadang bertingkat yang digunakan untuk mengangkut penumpang yang bepergian antarkota dengan jarak jauh. Bus besar juga kerap digunakan sebagai bus antarkota, bus pariwisata, bus antarnegara, ataupun disewa untuk berbagai macam keperluan.

Hampir semua bus besar modern memiliki lantai tinggi, dengan ruang bagasi terletak di bawah ruang penumpang. Berbeda dengan bus kota, semua kursi penumpang bus jarak jauh biasanya menghadap ke arah jalannya bus, dan tidak boleh ada penumpang yang berdiri. Fasilitas pelengkap yang biasanya ada di bus besar antara lain toilet, televisi, akses Wi-fi, kursi bersandar, dan pemutar musik.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Bus besar jarak jauh biasanya dilengkapi sejumlah fasilitas yang tidak ditemui di bus yang jarak tempuhnya lebih pendek

Bus besar biasanya menawarkan lebih banyak fasilitas, karena harus mengangkut penumpang dalam waktu yang lama. Standar minimum fasilitas Bus besar dapat bervariasi, tergantung pada kebijakan atau regulasi dari pemerintah setempat. Berikut sejumlah fasilitas standar Bus besar:

Produksi[sunting | sunting sumber]

Bus besar jarak jauh, sebagaimana bus yang lain, dapat dibuat sepenuhnya oleh satu produsen, atau dibuat sasisnya saja, sehigga harus dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodinya. Sejumlah Bus besar juga dibuat dengan bodi monokok, sehingga tanpa rangka. Produsen bus lengkap antara lain Autosan, Scania, Fuso, dan Alexander Dennis. Selain memproduksi bus lengkap, sebagian besar produsen di atas juga dapat menjual sasis saja seperti Hino, Mercedes-Benz, dan yang lainnya. Di Indonesia sudah banyak karoseri-karoseri yang mampu membuat bodi bus besar seperti Adiputro, Gunung Mas, Laksana, New Armada, Rahayu Santosa (saat ini perusahaannya sudah tutup), Tentrem, Trijaya Union, Tri Sakti dan lainnya.[2] Sedangkan di luar negeri ada karoseri-karoseri terkenal seperti Van Hool, Neoplan, Marcopolo, Irizar, MCI, Prevost, Volvo, dan Designline yang model-model busnya banyak di adopsi oleh karoeri-karoseri tanah air.[3]

Peraturan atau Regulasi[sunting | sunting sumber]

Sejumlah negara di Eropa mengikuti traktat sertifikasi tipe tahun 1958, di mana sertifikasi tipe bus besar jarak jauh diatur melalui Peraturan Nomor 107 dari UNECE.

Galeri bus besar jarak jauh diberbagai negara[sunting | sunting sumber]

Bus besar modern[sunting | sunting sumber]

Bus besar jarak jauh zaman dulu[sunting | sunting sumber]

Berikut sejumlah bus jarak jauh yang pernah beroperasi di sejumlah negara di dunia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cooperative design, visualization, and engineering: third international... By Yuhua Luo, page 141
  2. ^ "8 Karoseri Bus Terbaik dan Terpopuler di Indonesia 2020". otomaniac.com. Diakses tanggal 04-01-2021. 
  3. ^ "Kisah Karoseri Adi Putro (2) Karoseri Pertama yang Kenalkan Bus Neoplan dengan Suspensi Udara". bus-truck.id. 06-01-2020. Diakses tanggal 04-01-2021. 
  • Anderson, R. C. A. and Frankis, G. (1970). History of Royal Blue Express Services. David & Charles.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]