AI-komplit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pada kawasan kecerdasan buatan, permasalahan yang paling sulit secara informal disebut sebagai AI-komplit (Inggris: AI-complete) menyiratkan bahwa kesukaran akan permasalahan komputasi ialah setara dengan memecah masalah utama kecerdasan buatan—membuat komputer secerdas manusia atau AGI.[1] Dengan memandang sebuah masalah sebagai AI-komplit, mencerminkan sikap bahwa masalah itu tidak akan dapat diselesaikan dengan algoritme yang sederhana.

Permasalahan AI-komplit ialah hipotesis mencakup visual komputer, pemahaman bahasa alami dan sepakat dengan keadaan yang tidak dapat diperkirakan selama memecahkan persoalan dunia riil.[2]

Di waktu ini, persoalan AI-komplit tidak dapat dipecahkan dengan teknologi komputer modern saja, namun akan memerlukan perhitungan berbasis manusia. Properti ini dapat bermanfaat bagi pengujian kehadiran akan manusia seperti pada CAPTCHA dan terhadap keamanan komputer untuk menghindari serangan brutal.[3][4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah AI-komplit ditemukan oleh Fanya Montalvo dengan analogi pada NP-komplit dan NP-sukar dalam teori kompleksitas, yang secara formal menggambarkan kelas paling terkenal dari permasalahan yang sulit.[5] Awal penggunaan istilah ini dalam disertasi Erik Mueller tahun 1987[6] dan Berkas Jargon Eric Raymond pada tahun 1991.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shapiro, Stuart C. (1992). Artificial Intelligence In Stuart C. Shapiro (Ed.), Encyclopedia of Artificial Intelligence (Second Edition, pp. 54–57). New York: John Wiley. (Section 4 pada "AI-Complete Tasks".)
  2. ^ Roman V. Yampolskiy. Turing Test as a Defining Feature of AI-Completeness. In Artificial Intelligence, Evolutionary Computation and Metaheuristics (AIECM) --In the footsteps of Alan Turing. Xin-She Yang (Ed.). pp. 3-17. (Chapter 1). Springer, London. 2013.
  3. ^ Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas Hopper, and John Langford. CAPTCHA: Using Hard AI Problems for Security. In Proceedings of Eurocrypt, Vol. 2656 (2003), pp. 294-311.
  4. ^ Bergmair, Richard (Januari 7, 2006). "Natural Language Steganography and an "AI-complete" Security Primitive".
  5. ^ Mallery, John C. (1988), "Thinking About Foreign Policy: Finding an Appropriate Role for Artificially Intelligent Computers", The 1988 Annual Meeting of the International Studies Association., St. Louis, MO .
  6. ^ Mueller, Erik T. (1987, March). Daydreaming and Computation (Technical Report CSD-870017)[pranala nonaktif permanen] Ph.D. dissertation, University of California, Los Angeles. ("Daydreaming is but one more AI-complete problem: if we could solve any one artificial intelligence problem, we could solve all the others", p. 302)
  7. ^ Raymond, Eric S. (1991, March 22). Jargon File Version 2.8.1 (Definition of "AI-complete" first added to jargon file.)