Angkatan Darat Pakistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari AD Pakistan)
Angkatan Darat Pakistan
پاکستان فوج
Pākistān Fãuj
Pakistan Army
Lambang dari Angkatan Darat Pakistan
Aktif14 Agustus 1947
Negara Pakistan
Tipe unitAngkatan darat
Jumlah personel560.000 personel aktif
550.000 pasukan cadangan
185.000 Garda Nasional
6.500 personel sipil[1]
~318 pesawat berawak
Bagian dariAngkatan Bersenjata Pakistan
MarkasGHQ, Punjab, Pakistan
MotoIman, taqwa, jihad fi sabilillah
Situs webpakistanarmy.gov.pk
Tokoh
Panglima Tertinggi Presiden Arif Alvi
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Qamar Javed Bajwa
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen Azhar Abbas
Insignia
Bendera

Angkatan Darat Pakistan (bahasa Urdu: پاکستان فوج, Pākistān Fãuj, bahasa Inggris: Pakistan Army) atau biasa disebut پاک فوج (PAK Fãuj) adalah cabang terbesar Angkatan Bersenjata Pakistan, dan terutama bertanggung jawab untuk perlindungan perbatasan negeri, keamanan daerah yang diperintah dan mempertahankan kepentingan nasional Pakistan dalam kerangka kerja kewajiban internasionalnya. Setiap tahun pada tanggal 6 September, hari setelah peringatan tahunan Hari Pertahanan Pakistan, hari itu diperingati sebagai Hari AD di Pakistan. Hari ini menandai penanda program lain dalam peranan AD Pakistan dalam mempertahankan negeri. AD Pakistan, digabungkan dengan AU dan AL, merupakan angkatan militer terbesar ke-7 di dunia.

Tujuan utama dan misi konstitusional Angkatan Darat Pakistan adalah untuk memastikan keamanan nasional dan persatuan nasional Pakistan dengan mempertahankannya dari segala bentuk agresi eksternal atau ancaman perang. Itu juga dapat diambil alih oleh pemerintah federal Pakistan untuk menanggapi ancaman internal di dalam perbatasannya.[2] Selama peristiwa bencana dan keadaan darurat nasional dan internasional, ia melakukan operasi penyelamatan kemanusiaan di dalam negeri dan merupakan peserta aktif dalam misi pemeliharaan perdamaian yang diamanatkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)—terutama memainkan peran utama dalam menyelamatkan tentara AS yang terperangkap yang telah meminta kekuatan reaksi cepat selama Operasi Gothic Serpent di Somalia. Pasukan dari Angkatan Darat Pakistan juga memiliki kehadiran yang relatif kuat sebagai bagian dari koalisi PBB dan NATO yang lebih besar selama Perang Bosnia dan Perang Yugoslavia yang lebih besar.[3]

Angkatan Darat Pakistan, komponen utama militer Pakistan bersama Angkatan Laut Pakistan dan Angkatan Udara Pakistan adalah pasukan sukarelawan yang telah menyaksikan pertempuran ekstensif selama tiga perang besar dengan India, beberapa pertempuran kecil di perbatasan dengan Afganistan di Garis Durand serta pertempuran panjang. -menjalankan pemberontakan di wilayah Balochistan yang telah diperangi bersama pasukan keamanan Iran sejak 1948.[4][5]  Sejak 1960-an, elemen tentara telah berulang kali dikerahkan untuk bertindak dalam kapasitas penasihat di negara-negara Arab selama peristiwa perang Arab-Israel serta untuk membantu koalisi pimpinan Amerika Serikat melawan Irak selama Perang Teluk Pertama. Operasi militer penting lainnya selama perang global melawan terorisme di abad ke-21 termasuk: Zarb-e-Azb, Black Thunderstorm, dan Rah-e-Nijat.[6]

Misi[sunting | sunting sumber]

Keberadaan dan fungsi konstitusionalnya dilindungi oleh Konstitusi Pakistan, di mana perannya adalah untuk melayani sebagai cabang layanan berseragam berbasis darat dari Angkatan Bersenjata Pakistan. Konstitusi Pakistan menetapkan cabang berseragam tentara darat utama di Angkatan Bersenjata Pakistan sebagaimana dinyatakan:

Angkatan Bersenjata, di bawah arahan Pemerintah Federal, akan membela Pakistan menghadapi agresi eksternal atau ancaman perang, dan, tunduk pada hukum, bertindak untuk membantu kekuatan sipil jika diminta untuk melakukannya.

— Konstitusi Pakistan[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Helikopter Mil Mi-17 di skuadron penerbangan AD Pakistan di Bandar Udara Skardu.

Angkatan Bersenjata Pakistan dibentuk pada tahun 1947 oleh divisi Angkatan Darat India Britania. Pakistan diberi unit seperti Khyber Rifles yang telah berpengalaman dalam Perang Dunia I dan II. Banyak dari pemimpin awal militer telah berperang di kedua perang dunia. Sejarah dan budaya militer digunakan untuk menginspirasi dan menguatkan pasukan modern, menggunakan nama bersejarah untuk medali, divisi tempur, dan senjata yang diproduksi di dalam negeri.

Sejak masa kemerdekaan, militer telah berperang tiga kali dengan India. Mereka juga terlibat dalam konflik terbatas di Kargil dengan India setelah memperoleh kemampuan nuklir. Selain itu, ada beberapa pertempuran kecil di perbatasan dengan negara tetangga Afganistan. Setelah serangan 11 September, militer terlibat dalam konflik intensitas rendah yang berkepanjangan di sepanjang perbatasan barat Pakistan dengan Afganistan, dengan militan Taliban dan Al-Qaeda, serta mereka yang mendukung atau menyediakan perlindungan bagi mereka.

Selain itu, pasukan Pakistan juga telah berpartisipasi dalam berbagai konflik asing, biasanya bertindak sebagai penjaga perdamaian PBB. Saat ini, Pakistan memiliki jumlah personel terbesar yang bertindak di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan jumlah mencapai 10.173 per 31 Maret 2007.[8]

Struktur[sunting | sunting sumber]

Reorganisasi jabatan tentara permanen pada tahun 2008, Angkatan Darat Pakistan sekarang mengoperasikan enam komando taktis, masing-masing dikomandoi oleh GOC-in-C (General Officer Commanding-in-Chief), dengan pangkat tiga bintang: Letnan Jenderal.[9] Masing-masing dari enam komando taktis melapor langsung ke kantor Kepala Staf Angkatan Darat, beroperasi langsung di GHQ Angkatan Darat.

Terdapat sembilan Korps aktif di Angkatan Darat Pakistan, yang terdiri dari divisi infanteri campuran, mekanik, lapis baja, artileri, sementara Pertahanan Udara, Penerbangan, dan Penerbangan dan Pasukan Khusus diatur dan dipelihara di tingkat komando mereka yang terpisah.[10]

Didirikan dan diorganisir pada bulan Maret 2000, Komando Pasukan Strategis Angkatan Darat menjalankan wewenangnya untuk pelatihan yang bertanggung jawab dalam keselamatan, penyebaran senjata, dan aktivasi sistem rudal atom.[11][12]

Pasukan khusus[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Pakistan memiliki divisi militer yang didedikasikan untuk melakukan operasi perang yang tidak konvensional dan asimetris, didirikan dengan bimbingan yang diberikan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1956.[13] Pasukan operasi khusus yang kompetitif ini dikenal sebagai Special Service Group (SSG Angkatan Darat, membedakan SSG Angkatan Laut), dan dikumpulkan dalam delapan batalyon, dikomandoi oleh Letnan Kolonel, dengan tambahan tiga kompi yang dikomandoi oleh Mayor atau Kapten, tergantung pada ketersediaan.[14]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Infrastructures Development". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-17. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  2. ^ "Chapter 2: "Armed Forces." of Part XII: "Miscellaneous"". pakistani.org. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  3. ^ Harper, Stephen (2017-03-09). Screening Bosnia: Geopolitics, Gender and Nationalism in Film and Television Images of the 1992-95 War (dalam bahasa Inggris). Bloomsbury Publishing USA. ISBN 978-1-62356-707-1. 
  4. ^ Fair, C. Christine (2014-04-25). Fighting to the End: The Pakistan Army's Way of War (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. ISBN 978-0-19-989271-6. 
  5. ^ "PAKISTAN ARMY". www.pakistanarmy.gov.pk. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  6. ^ "Welcome to ISPR". web.archive.org. 2015-03-15. Archived from the original on 2015-03-15. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  7. ^ "[Chapter 2. Armed Forces] of [Part XII: Miscellaneous]". 
  8. ^ "Ranking of military and civilian police contributions to the UN Operations" (PDF). 
  9. ^ Alam, Dr Shah (2012-06-12). Pakistan Army: Modernisation, Arms Procurement and Capacity Building (dalam bahasa Inggris). Vij Books India Pvt Ltd. ISBN 978-93-81411-79-7. 
  10. ^ "Command and Structure of Pakistan Army". www.pakdef.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-07. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  11. ^ "Army Air Defence Command". www.globalsecurity.org. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  12. ^ "Army Air Defence Command". www.globalsecurity.org. Diakses tanggal 2022-04-12. 
  13. ^ Bennett, R. M. (2011-08-31). Elite Forces (dalam bahasa Inggris). Random House. ISBN 978-0-7535-4764-9. 
  14. ^ "Special Service Group | Pakistan Army | Pakistan SSG | Pakistan Special Forces | Discover Military".