Augustin Pyrame de Candolle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari A. P. de Candolle)

Augustin Pyrame de Candolle
A. P. de Candolle
Lahir(1778-02-04)4 Februari 1778
Jenewa, Republik Jenewa
Meninggal9 September 1841(1841-09-09) (umur 63)
Jenewa, Swiss
KebangsaanJenewa, setelah itu Swiss (1815)
Dikenal atasSystem of Taxonomy, Principle of "Nature's War"
PenghargaanRoyal Medal(1833)
Karier ilmiah
BidangBotani, Agronomi, Fitogeografi
Singkatan penulis (botani)D.C. atau DC.

Augustin Pyramus[1] (atau Pyrame) de Candolle [2] bahasa Prancis: [kɑ̃dɔl]; 4 Februari 1778 – 9 September 1841) adalah seorang ahli botani asal Swiss. Tulisan-tulisan botani atas namanya mendapat singkatan "D.C." atau "DC.". Ia memulai karier sebagai ahli botani berkat René Louiche Desfontaines yang merekomendasikannya bekerja di sebuah herbarium. Hanya dalam beberapa tahun de Candolle sudah menemukan genus baru, selain itu dia juga telah mendokumentasikan ratusan famili tanaman dan membuat sendiri sistem klasifikasi ilmiah baru untuk tanaman. Selain botani sebagai fokus utamanya, de Candolle juga berkontribusi dalam beberapa bidang yang berkaitan, seperti fitogeografi, agronomi, botani medis dan botani ekonomi.

Ia mengembangkan pemikiran mengenai "perang di alam",[3] yang kelak memengaruhi pemikiran Charles Darwin dalam mengembangkan teori mengenai seleksi alam. Selain itu, de Candolle juga menemukan bahwa beberapa spesies bisa saja mempunyai karakteristik morfologi yang mirip walaupun berasal dari garis keturunan yang berbeda secara evolusi; sebuah fenomena yang sekarang disebut evolusi konvergen.

Saat dia melakukan penelitian dengan tanaman, de Candolle memperhatikan bahwa daun tanaman bergerak mengikuti siklus hampir 24 jam penuh dalam cahaya konstan, yang menunjukkan adanya jam biologis pada tanaman. Walaupun banyak ilmuwan yang meragukan temuannya, eksperimen-eksperimen yang dilakukan satu abad kemudian membuktikan bahwa "jam biologi internal" itu memang ada.

Putranya Alphonse dan cucunya Casimir de Candolle, melanjutkan penelitiannya mengenai klasifikasi tanaman dengan berkontribusi dalam Prodromus Systematis Naturalis Regni Vegetabilis, sebuah katalog tanaman yang awal mulanya dibuat oleh Augustin Pyramus de Candolle sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ #) (consulté le 29 novembre 2017)
  2. ^ "Candolle, Augustin Pyrame de". Lexico UK Dictionary. Oxford University Press. Diakses tanggal 17 August 2019. 
  3. ^ Desmond & Moore 1991, hlm. 283.

Referensi[sunting | sunting sumber]