A. Edwin Kawilarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alexander Edwin Kawilarang (lahir di Bandung, 20 Maret 1954; umur 65 tahun) ialah seorang pengusaha sekaligus politisi dari Partai Golkar. Ia Merupakan putra dari Alex Evert Kawilarang, seorang tokoh militer angkatan 1945 dan mantan anggota KNIL.[1] Ia pernah menjabat sebagai komisaris dari stasiun televisi RCTI dan turut juga mendirikan stasiun televisi Global TV.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Alumnus Institut Teknologi Bandung jurusan planologi, memulai kiprahnya sebagai seorang pengusaha bisnis properti melalui PT. Bimantara Siti Wisesa yang mengembangkan perumahan Lebak Bulus Indah, Plaza Indonesia berikut Hotel Grand Hyatt Jakarta, Apartemen Palma Citra dan Proyek Perumahan Pulo Permata Sari di Bekasi. Selain itu mendirikan PT. Abadi Guna Papan di daerah Bandung, PT. Kuripan Raya yang bergerak sama di bidang properti dan termasuk dalam pengembangan proyek berskala besar di Parung dengan nama Telaga Kahuripan.

Politik[sunting | sunting sumber]

Di bidang politik, pria yang memiliki tiga orang anak ini aktif di berbagai kepengurusan. Jabatan-jabatan penting yang pernah dipegangnya adalah Bendahara Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 1994-1997, Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI) periode 1998-2003, Pimpinan Fraksi Karya Pembangunan MPR RI (Oktober 98-November 99), Fungsionaris DPP Golkar (1998-sekarang), anggota MPR RI utusan daerah Sulewesi Utara (1997-1999 dan November 99-sekarang) dam Pimpinan Fraksi Partai Golkar MPR RI (November 99-sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]