A. Alin De

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Asril Alin Djainan atau A. Alin De (4 Maret 1952 – 18 Agustus 2007)[1] merupakan seniman teater dan pelukis asal Sumatra Barat yang dikenal di Indonesia. Semasa hidupnya A. Alin De setidaknya telah melakukan 40 pementasan teater sebagai sutradara dan penulis naskah. Dalam bidang seni lukis, ia telah memamerkan karyanya di ajang Pameran Besar Seni Lukis Indonesia 1976 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. [2]

Ia belajar melukis di SSRI Padang dan STSRI-ASRI Yogyakarta. Dalam bidang teater, Alin merupakan anggota Bumi Teater yang diasuh oleh Wisran Hadi. Kemudian dengan Muhammad Ibrahim Ilyas dan beberapa orang lainnya mereka mendirikan kelompok teater yang dinamakan dengan Sanggar Seni Dayung-Dayung.

Karya[sunting | sunting sumber]

Dalam menulis naskah A. Alin De kerap melakukan kerja dekontruksi dari teks sebelumnya. Oleh karena kerjanya, Naskah Matriakat Jamilan Putri Dewaraja pernah disangka hasil plagiat dari naskah Antigone karya Sophokles. (bagian dari trilogi Oedipus). Persamaan antara Antigone dengan Matriakat Jamilan Putri Dewaraja tampak pada alur cerita. Tokoh dan relasi antartokoh memiliki kesejajaran, namun ada beberapa tokoh dalam Antigone yang tidak memiliki kesejajaran dalam Matriakat Jamilan Putri Dewaraja, sebaliknya juga demikian.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A. Alin De dan karyanya: maestro dalam bidang kebudayaan di Provinsi Sumatra Barat". Situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 
  2. ^ Ernatip; Hasanadi. "A. Alin De dan Karyanya: Maestro Dalam Bidang Kebudayaan di Provinsi Sumatra Barat" (PDF). Repositori Kemendikbud. Kemendikbud RI. Diakses tanggal 18-08-2019. 
  3. ^ Sonia (19 Agustus 2019). "Zurmailis: A Alin De Bukan Plagiat". Harian Khazanah.