1 Litre no Namida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1 Litre no Namida
Book of 1 Litre of Tears.jpg
Cover buku asli dari 1 Litre no Namida
PengarangAya Kitō
Judul asli1リットルの涙
NegaraJepang
BahasaJepang
GenreNovel non-fiksi
PenerbitGentosha Inc.
Tanggal rilisJepang: 25 Februari 1986
Jenis mediaCetak (Sampul tipis)
Halaman270 hal
ISBNJepang: ISBN 4-344-40610-9
ISBN 978-4-344-40610-0
Amerika Serikat: ISBN 978-4-89684-495-5
Thailand: บันทึกน้ำตา 1 ลิตร ISBN 978-974-16-2574-1

1 Litre no Namida (1リットルの涙, Ichi Rittoru no Namida, en lit. "1 Litre of Tears"; disebut juga A Diary with Tears atau A Diary of Tears) adalah sebuah buku harian bergenre tragedi dramatis yang ditulis oleh Aya Kitō (木藤亜也, Kitō Aya, 19 Juli 1962 - 23 Mei 1988) yang diterbitkan tak lama sebelum kematiannya. Buku harian ini, merupakan kisah nyata berdasarkan hidupnya sendiri. Buku ini menceritakan tentang seorang gadis remaja yang menghadapi kehidupan bersama penyakit degeneratif. Dia membuat buku harian ini tidak hanya apa yang dia hadapi, tetapi bagaimana perasaan sulitannya ketika harus bertahan. Awalnya, tujuan buku harian ini adalah untuk Kitō, sebagai jejak hidup tentang bagaimana penyakit itu mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Saat penyakit itu mulai menjalar, buku harian ini menjadi jalan keluar Kito untuk menjelaskan perjuangan hebat yang ia jalani dalam menghadapi situasi, dan akhirnya mencoba bertahan dengan penyakitnya. Dia mencatat salah satu tulisan, "Saya menulis, karena menulis adalah bukti bahwa saya masih hidup."

Sinopsis ringkas[sunting | sunting sumber]

Aya Kitō didiagnosis memiliki penyakit yang disebut dengan degenerasi spinocerebellar ketika dirinya berusia 15 tahun. Penyakit ini menyebabkan seseorang hilang kendali terhadap tubuhnya, namun karena perjuangan untuk mempertahankan semua kemampuan mentalnya, penyakit tersebut seolah sedang berada di penjara. Jadi pada akhirnya dia tidak bisa makan, berjalan atau bicara.

Melalui keluarganya, Aya mendapatkan dukungan, pemeriksaan medis rutin dan rehabilitasi, sampai pada akhirnya menyerah dengan penyakit tersebut. Aya harus berjuang sendiri bersama penyakitnya dan hidup sampai dirinya meninggal pada usia 25 tahun.

Film[sunting | sunting sumber]

A Litre of Tears adalah film versi drama.

Serial TV[sunting | sunting sumber]

Sebuah drama TV Jepang, dengan judul yang sama 1 Litre no Namida, disiarkan oleh Fuji TV pada tahun 2005 berdasarkan kehidupan nyata seorang gadis bernama Aya. Karakter utama dalam serial ini adalah Aya Ikeuchi, yang diperankan oleh Erika Sawajiri, menggambarkan seorang gadis dengan penyakit yang sama seperti Aya Kitō dan menjalani hidupnya dengan persoalan yang sama. Di Indonesia, serial ini diadaptasi menjadi sebuah sinetron religi dengan judul Buku Harian Nayla yang terbagi 2 season.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]