18 Again

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
18 Again
18 Again main poster.jpg
Poster promosi
Hangul18 어게인
Genre
Didasarkan dari17 Again
oleh Jason Filardi
Pengarang
  • Ahn Eun-bin
  • Choi Yi-ryool
  • Kim Do-yeon
SutradaraHa Byung-hoon
Pemeran
Negara asalKorea Selatan
Bahasa asliKorea
Jmlh. episode16
Produksi
Durasi70 menit
Rumah produksiJTBC Studios
DistributorJTBC
Rilis
Jaringan penyiarJTBC
Format gambar1080i (HDTV)
Format audioDolby Digital
Tanggal tayang asli21 September (2020-9-21) –
10 November 2020 (2020-11-10)
Pranala luar
Situs web
Situs web produksi

18 Again (Hangul18 어게인; RR18 Eogein;) adalah sebuah seri televisi Korea Selatan tahun 2020 yang diangkat dari film Amerika tahun 2009 berjudul 17 Again karya Jason Filardi. Dibintangi oleh Kim Ha-neul, Yoon Sang-hyun, dan Lee Do-hyun, drama ini disiarkan di JTBC setiap Senin dan Selasa pukul 21:30 (WSK) mulai 21 September hingga 10 November 2020.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Jung Da-jung (Kim Ha-neul) dan Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun) adalah pasangan menikah dengan dua anak. Tak lama setelah Da-jung mengajukan gugatan cerai, tubuh Dae-young yang berusia 37 tahun berubah sampai dia terlihat seperti saat dia berusia 18 tahun (Lee Do-hyun). Dia mulai menjalani hidup baru dengan identitas baru dan mengejar mimpi yang belum pernah dia raih. Namun dalam tubuh remajanya, dia mengetahui anak perempuannya bekerja di toko kelontong tanpa seizin dirinya dan anak laki-lakinya menjadi korban kekerasan di sekolah. Maka dari itu, dia menggunakan kesempatan ini untuk lebih dekat dan melindungi anak-anaknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Kim Ha-neul sebagai Jung Da-jung
    • Han So-eun sebagai Da-jung, 18 tahun.[2]
Jung Da-jung, 18 tahun merupakan gadis yang sangat populer di sekolahnya. Namun suatu hari, dia memutuskan untuk menikah dengan Hong Dae-young. Sekarang, berumur 37 tahun, dia memutuskan untuk bercerai karena sudah tidak tahan hidup dengan Hong Dae-young. Dia adalah karakter drama dari Scarlett O'Donnell (Leslie Mann) dalam film aslinya.
Hong Dae-young,] yang berusia 18 tahun merupakan pemain basket andalan SMA Serim. Namun suatu hari, dia memutuskan untuk berhenti bersekolah dan menikahi Jung Da-jung, sehingga dia tidak mampu mendapatkan pekerjaan yang layak untuk memberi penghasilan untuk keluarganya. Sekarang, dia pria berumur 37 tahun dan ayah dari 2 orang anak kembar, dia digugat cerai oleh istrinya. Suatu hari, dia menyesal sangat menyesal atas hidupnya dan berharap dapat kembali ke masa-masa kejayaannya di umur 18 tahun. Suatu hari, dia mendapati tubuhnya kembali menjadi anak SMA berumur 18 tahun. Dia adalah karakter drama dari Mike O'Donnell (Matthew Perry) dalam film aslinya.
Sebagai anak umur 18 tahun, dia hidup dengan identitas baru dan menyamar sebagai anak sahabatnya, Go Deok-jin. Dia pun bersekolah di SMA Serim tempat dia dahulu belajar dan kini merupakan tempat kedua anaknya belajar. Namun di sekolah tersebut, dia mengetahui semua kehidupan anak-anaknya di sekolah yang tidak pernah dia ketahui sebelumnya. Go Woo-young adalah karakter drama dari Mark Gold (Zac Efron juga memainkan versi muda dari Mike O'Donnell).

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Dia adalah pemain bisbol terkenal favorit Hong Dae-young. Dia adalah pelempar Seum Wolves yang dikenal karena serangannya yang sempurna. Dia menjadi model banyak produk, termasuk produk perusahaan Go Deok-jin. Dia bertanggung jawab atas keponakannya, Ye Seo-yeon setelah ayahnya (saudara laki-laki Ji-hoon) meninggal karena kecelakaan lalu lintas dan ibunya melarikan diri. Dia memiliki perasaan terhadap Da-jung karena dia mengingatkannya pada mendiang kakaknya.
Dia adalah wali kelas Go Woo-young, Hong Shi-ah, Seo Ji-ho dan teman-teman mereka. Dia terlihat sebagai sosok guru yang sempurna tetapi dia menyembunyikan hobi culunnya dari semua orang, bahkan menggunakan penyamaran untuk pergi ke warung internet untuk bermain game online. Lemari pakaiannya penuh dengan film dan merchandise game dan satu set komputer. Dia sering berinteraksi dengan akun game yang ternyata adalah akun Go Deok-jin. Dia adalah karakter drama dari Jane Masterson (Melora Hardin) kecuali fakta bahwa dia bukan kepala sekolah seperti film asli.
Ibu Jung Da-jung. Dia sangat kesal dengan kenyataan bahwa putrinya hamil ketika dia masih sekolah. Awalnya, dia ingin Da-jung melakukan aborsi, tetapi kemudian memutuskan untuk mendukung keputusannya dalam mempertahankan janin kembar Da-jung.
Ayah Hong Dae-young. Dia meminta Da-jung untuk menggugurkan janin kembarnya. Sejak itu, Dae-young sangat kesal dengan ayahnya dan memutuskan untuk meninggalkannya untuk Da-jung. Namun terlepas dari hubungan tegang antara dia dan Dae-young, dia memutuskan untuk diam-diam mendukung putranya melalui Da-jung, sering mengiriminya sejumlah uang untuk menghidupi keluarga Dae-young. Setelah perceraian, Da-jung terus menjalin hubungan dekat dengannya.

Tokoh dari SMA Dae-young dan Da-jung[sunting | sunting sumber]

  • Kim Kang-hyun sebagai Go Deok-jin
Seorang CEO perusahaan game. Sahabat kaya Hong Dae-young yang tinggal bersama Hong Dae-young setelah diusir dari rumahnya. Dia berteman dengan Dae-young setelah dia menyelamatkannya dari perundungan oleh Choi Il-kwon. Dia menyamar sebagai ayah Go Woo-young dan menyiapkan dokumen untuknya bersekolah. Rumahnya penuh dengan film dan merchandise game. Dia adalah karakter drama dari Ned Gold (Thomas Lennon) dalam film aslinya.
Dia adalah seorang pengacara dan sahabat Da-jung. Dia sangat mendorong Da-jung untuk menceraikan Dae-young. Dia pernah mencintai Dae-young, tetapi kini sangat tidak suka Hong Dae-young terutama setelah penampilannya tidak lagi sekeren ketika dia masih muda. Dia adalah karakter drama Naomi (Nicole Sullivan) dalam film aslinya.
  • Lee Ki-woo sebagai Choi Il-kwon[5]
    • Kim Sun-min sebagai Choi Il-kwon usia 18 tahun
Dia adalah guru olahraga di SMA Serim dan mantan teman sekelas Dae-young dan Da-Jung dari SMA Serim. Da-jung adalah cinta pertamanya. Dia memanfaatkan wanita dengan mendekati mereka hanya untuk berjudi bersama teman-temannya. Dia menindas Go Deok-jin ketika dia masih muda, membuat Deok-jin membencinya sampai sekarang. Ia pun merasa terancam dengan kemampuan basket Dae-young.

Siswa SMA Serim saat ini[sunting | sunting sumber]

Putri kembar tertua dari Hong Dae-young dan Jung Da-jung. Dia adalah gadis yang sangat cantik dan populer di sekolahnya dan memiliki banyak teman tetapi sedikit pemberontak. Dia bekerja paruh waktu di minimarket tanpa izin orang tuanya, sementara hanya teman dan kembarnya yang tahu, sampai ayahnya yang berusia 18 tahun menangkapnya. Sejak itu dia bertindak memusuhi dia. Dia adalah karakter drama dari Maggie O'Donnell (Michelle Trachtenberg) dalam film aslinya.
  • Ryeoun sebagai Hong Shi-woo
Putra kembar bungsu dari Hong Dae-young dan Jung Da-jung. Tidak seperti saudara kembarnya dan walaupun terlihat sangat tampan, dia tidak memiliki teman dan sering diintimidasi oleh Goo Ja-sung dan tim bola basket. Dia suka bermain bola basket seperti ayahnya tetapi dia menyembunyikan fakta ini darinya. Akhirnya dia bertemu dengan ayahnya yang berusia 18 tahun yang siap melindunginya dari Goo Ja-sung. Dia adalah karakter drama dari Alex O'Donnell (Sterling Knight) dalam film aslinya.
Kapten tim bola basket dengan kepribadian agresif yang berasal dari keluarga kaya tetapi tidak bahagia. Kepribadian agresifnya berasal dari ayahnya yang melecehkannya dan tidak mempercayai keahliannya dalam bola basket. Hong Shi-woo pernah melihatnya dipukuli oleh ayahnya, oleh karena itu ia menjadikan Shi-woo sebagai karung tinju untuk menyembunyikan bekas luka dan rasa tidak amannya. Hal ini membuatnya tampak kuat dan mengintimidasi, tetapi sebenarnya hatinya lemah. Dia adalah karakter drama dari Stan (Hunter Parrish) dalam film aslinya.
  • Oh So-hyun sebagai Jeon Bo-bae
Teman Hong Shi-ah yang terkesan dengan Go Woo-young.
Teman sekelas Hong Shi-ah, siswa teladan, dan ketua kelas. Dia adalah teman masa kecil si kembar. Sepanjang seri, dia selalu salah memahami sifat baik Dae-young (sebagai Woo-young) terhadap Hong Shi-ah, karena dia diam-diam mencintainya. Namun terungkap bahwa, Dae-young juga sangat peduli padanya, dan memperlakukannya sebagai anak ketiganya.

Tokoh dari JBC News[sunting | sunting sumber]

Sesama rekan penyiar pemula yang lebih muda. Dia ditempatkan ke posisi 1 dalam audisi karena fakta bahwa Da-jung adalah seorang ibu.
  • Jang Hyuk-jin sebagai Heo Woong-gi
Manajer senior departemen penyiaran. Dia diminta untuk memusuhi Jung Da-jung oleh direktur.
  • Ahn Nae-sang sebagai Moon Sang-hwi
Direktur JBC News. Dia tidak menyukai fakta bahwa Da-jung dipilih sebagai penyiar dari tes buta karena usia tua dan latar belakangnya sebagai ibu rumah tangga, oleh karena itu dia ingin Da-jung mengundurkan diri dalam masa percobaan.
  • Yang Dae-hyuk sebagai Nam Gi-tae
Satu-satunya penyiar pemula pria yang diterima bersama Da-jung, Yu-mi, dan Ja-young.
  • Ko Eun-min sebagai Lim Ja-young
Rekan penyiar pemula yang diterima bersama Da-jung, Yu-mi, dan Gi-tae. Dia sangat ramah terhadap Da-jung.

Penampilan khusus[sunting | sunting sumber]

Juri audisi penyiar JBC.
Pelamar audisi penyiar JBC.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Seri ini awalnya dijadwalkan tayang perdana pada 7 September 2020 tetapi ditunda selama dua minggu karena pandemi COVID-19.[9]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

18 Again OST
Album soundtrack
Dirilis2020
GenreLagu tema
Bahasa
Label

Bagian 1[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 22 September 2020 (2020-9-22)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."The Only One" (하나면 돼요)
  • CR Kim
  • Kim Soo-bin (Aiming)
  • Clef Crew
  • CR Kim
  • Kim Soo-bin (Aiming)
  • Clef Crew
Soyou4:02
2."The Only One" (Inst.) 
  • CR Kim
  • Kim Soo-bin (Aiming)
  • Clef Crew
 4:02
Durasi total:8:04

Bagian 2[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 28 September 2020 (2020-9-28)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Hello"
  • Hana
  • Lee Yong-min (Urbane Music)
  • Urbane Music (Lee Yong-min, Choi Jae-hyuk)
  • Choi Sun-ho
Sohyang4:04
2."Hello" (Inst.) 
  • Urbane Music (Lee Yong-min, Choi Jae-hyuk)
  • Choi Sun-ho
 4:04
Durasi total:8:08

Bagian 3[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 29 September 2020 (2020-9-29)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."If You" (너였으면)
  • Eun Jong-tae
  • Clef Crew
  • Yoo Ji-ho (Clef)
  • Eun Jong-tae
  • Choi Cheon-gon
  • Clef Crew
  • Yoo Ji-ho (Clef)
Choi Nakta3:23
2."If You" (Inst.) 
  • Eun Jong-tae
  • Choi Cheon-gon
  • Clef Crew
  • Yoo Ji-ho (Clef)
 3:23
Durasi total:6:46

Bagian 4[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 5 Oktober 2020 (2020-10-5)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."One Person" (한사람)
  • GamDongis
  • Han Seung-taek
  • Ahn Sung-wook
  • GamDongis
  • Han Seung-taek
Solji (EXID)4:02
2."One Person" (Inst.) 
  • GamDongis
  • Han Seung-taek
 4:02
Durasi total:8:04

Bagian 5[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 6 Oktober 2020 (2020-10-6)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."How To Love"
  • Jay Lee
  • Yoo Song-yeon
  • Yoo Song-yeon
  • Jay Lee
Sondia3:08
2."How To Love" (Inst.) 
  • Yoo Song-yeon
  • Jay Lee
 3:08
Durasi total:6:16

Bagian 6[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 13 Oktober 2020 (2020-10-13)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Moments Become Memories" (기억은 추억이 된다)Honey PotHoney PotJukjae4:08
2."Moments Become Memories" (Inst.) Honey Pot 4:08
Durasi total:8:16

Bagian 7[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 18 Oktober 2020 (2020-10-18)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Somebody"Moon Sung-nam (Every Single Day)Moon Sung-nam (Every Single Day)Clara C3:43
2."Somebody" (Inst.) Moon Sung-nam (Every Single Day) 3:43
Durasi total:7:26

Bagian 8[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 20 Oktober 2020 (2020-10-20)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."If We Love Again" (다시 사랑한다면)Kang Eun-kyungKim Tae-wonYoon Sang-hyun3:51
2."If We Love Again" (Inst.) Kim Tae-won 3:51
Durasi total:7:42

Bagian 9[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 27 Oktober 2020 (2020-10-27)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."First Time"Moon Sung-nam (Every Single Day)
  • Moon Sung-nam (Every Single Day)
  • Shim Ji
  • Gravity
Every Single Day3:12
2."First Time" (Inst.) 
  • Moon Sung-nam (Every Single Day)
  • Shim Ji
  • Gravity
 3:12
Durasi total:6:24

Peringkat[sunting | sunting sumber]

  • Pada tabel berikut, angka berwarna biru menunjukkan peringkat terendah dan angka berwarna merah menunjukkan peringkat tertinggi.
  • N/A untuk peringkat yang tidak atau belum diketahui.
Ep. Tanggal rilis perdana Peringkat rata-rata
(AGB Nielsen)[10]
Nasional Seoul
1 21 September 2020 1,753% N/A
2 22 September 2020 2,417%
3 28 September 2020 2,674% 2,494%
4 29 September 2020 2,532% 2,531%
5 5 Oktober 2020 3,209% 2,987%
6 6 Oktober 2020 2,786% 2,855%
7 12 Oktober 2020 2,803% N/A
8 13 Oktober 2020 3,157% 3,220%
9 19 Oktober 2020 3,117% 2,969%
10 20 Oktober 2020 3,192% 2,985%
11 26 Oktober 2020 2,573% 2,423%
12 27 Oktober 2020 2,256% 2,315%
13 2 November 2020 2,824% 2,797%
14 3 November 2020 2,878% N/A
15 9 November 2020 2,683%
16 10 November 2020 2,743%
Rata-rata 2,725% [a]
  • Drama ini ditayangkan di televisi kabel (kanal berbayar) di mana biasanya memiliki pemirsa yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan siaran televisi publik (KBS, SBS, MBC dan EBS).

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

  • Seri ini tersedia di iQIYI dengan terjemahan berbagai bahasa di Asia Tenggara, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, dan Makau.
  • Seri ini ditayangkan di K + Asia, 24 jam setelah penayangan perdananya di Korea Selatan dengan terjemahan berbagai bahasa.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Karena beberapa peringkat tidak dicatat, peringkat rata-rata pastinya tidak diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seon, Mi-kyung (25 Februari 2020). "Kim Ha Neul, Yoon Sang Hyun, Lee Do Hyun to co-star in new drama 18 Again". Osen. V Live. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  2. ^ "Han So-eun Confirmed for "Eighteen Again"". HanCinema. 5 Februari 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  3. ^ "Wi Ha-joon to Star in "Eighteen Again"". HanCinema. 3 Maret 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  4. ^ "Lee Byung-joon to Star in "Eighteen Again"". HanCinema. 25 Maret 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  5. ^ "Lee Ki-woo Confirms Appearance in "Eighteen Again"". HanCinema. 27 Februari 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  6. ^ "Roh Jeong-eui to Star in "Eighteen Again" sebagai Kim Ha-neul's Daughter". HanCinema. 9 Maret 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  7. ^ "Golden Child Choi Bomin to Star in "Eighteen Again"". HanCinema. 18 Februari 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  8. ^ "Kim Yoon-hye in "Eighteen Again"". HanCinema. 9 Maret 2020. Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 
  9. ^ Kim, Myung-mi (4 September 2020). "JTBC 측 "'사생활' '18 어게인' 촬영 재개, 편성 논의 중"(종합)". Newsen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 17 September 2020. 
  10. ^ "Nielsen Korea". AGB Nielsen Media Research (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 10 Agustus 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]