13.5 cm K 09

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Krupp 135mm Field Gun Full.JPG

13,5 cm Kanone 09 (13,5 cm K 09) adalah senjata artileri berat medan sungsang-loading yang digunakan oleh Jerman pada Perang Dunia I. Dibangun oleh Friedrich Krupp AG, di Essen, Jerman, senjata ini dimaksudkan untuk melengkapi 10 cm K 04. Hanya empat berada di layanan di pecahnya perang.

Senjata itu ditarik dari layanan pada tahun 1915 karena dianggap terlalu banyak senjata untuk shell yang terlalu sedikit, tapi itu kembali ke layanan kemudian dalam perang ketika blokade Sekutu mulai mempengaruhi produksi amunisi Jerman.

Salah satu senjata ini ditangkap selama Pertempuran Canal du Nord, pada 29 September 1918, oleh Divisi Selandia Baru. Dua batalyon dari Resimen Wellington terlibat dalam aksi ini, yang merupakan bagian dari serangan Sekutu di Jalur Hindenburg.

Pada akhir perang, senjata ditangkap, Nr 4, dan banyak senjata Jerman lainnya ditangkap dikirim ke Selandia Baru sebagai piala perang. Pada tahun 1920, Nr 4 diberikan kepada kota Wellington menghormati tentaranya. Senjata, yang diyakini menjadi salah satu dari beberapa sisa yang ada, saat ini dipamerkan di Wellington Botanic Garden.

Referensi[sunting | sunting sumber]