1-Oktanol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari 1-oktanol)

1-Oktanol atau zat pelarut hidropobik juga dikenal sebagai oktan-1-ol, adalah senyawa organik dengan rumus molekul CH3(CH2)7OH. Ini adalah zat yang paling berlemak. Banyak isomer lain juga dikenal secara umum sebagai oktan. 1-Oktanol diproduksi untuk ester untuk digunakan dalam parfum dan perasa. Ini memiliki bau yang menyengat. Ester oktanol, seperti oktil asetat, muncul sebagai komponen minyak atsiri. Ini digunakan untuk mengevaluasi lipofilisitas produk farmasi.[1]

Awal[sunting | sunting sumber]

Oktanol diproduksi secara industri dengan oligomerisasi etilen menggunakan trietilaluminium diikuti oleh oksidasi produk alkilaluminium. Rute ini dikenal sebagai sintesis Alkanol Ziegler. Proses ideal ditunjukkan berikut ini:

Al(C2H5)3 + 9C2H4 → Al(C8H17)3
Al(C8H17)3 + 3O + 3H2O → 3HOC8H17 + Al(OH)3

Proses menghasilkan berbagai alkanol adalah sama dengan yang dipisahkan oleh distilasi.

Partisi[sunting | sunting sumber]

Oktanol dan air 'tidak bisa bercampur'. Distribusi senyawa antara air dan oktanol digunakan untuk menghitung koefisien partisi] , P , dari molekul itu (sering dinyatakan sebagai logaritma ke basis 10, log P). Partisi air / oktanol adalah perkiraan yang relatif baik dari partisi antara sitosol dan membran lipid dari sistem kehidupan.

Banyak model penyerapan kulit menganggap koefisien partisi stratum / air untuk didekati dengan baik oleh fungsi koefisien partisi air / oktanol dalam bentuk:

(K_ {sc / w}) = a + b \ (K_ {w / o} \(K_{sc/w})=a+b\(K_{w/o}})

Dimana a dan b adalah konstanta, K_ {sc / w} K_ {sc/w} adalah koefisien partisi stratum / air, dan K_ {w / o} K_{w/o} adalah koefisien partisi air / oktanol. Nilai a dan b bervariasi di antara kertas, tetapi 'Cleek & Bunge' telah melaporkan nilai a = 0, b = 0,74.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Dengan titik nyala 81 °C, 1-oktanol tidak mudah terbakar secara serius, meskipun titik otomatisnya serendah 245 °C.[3] 1-Oktanol terutama dikonsumsi sebagai prekursor parfum. Ini telah diperiksa untuk mengendalikan tremor esensial dan jenis lain dari tremor neurologis involunter.

Referensi[sunting | sunting sumber]