Jung Yong Hwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari 정용화)
Lompat ke: navigasi, cari
Jung Yong Hwa
정용화
Jung Yong Hwa pada tahun 2012
Jung Yong Hwa
Latar belakang
Nama lahir Jung Yong Hwa
Nama lain Yong Choding, Towel Guy, Milk Guy, Bolmaejung
Lahir 22 Juni 1989 (umur 26)
Yeoksam-dong, Seoul, Korea Selatan Bendera Korea Selatan
Genre Indie, R&B, hip-hop, Rock, pop
Pekerjaan Leader, Gitaris, Penyanyi, Aktor, rapper, MC, model
Instrumen Guitar, Piano, Drum, Suling, Beatbox, Clarinet, synthesizer
Tahun aktif 2009-sekarang
Label FNC Music (Korea)
Warner Music Japan[1]
Warner Music (Taiwan)
Artis terkait C.N.Blue, A.N.Jell
Situs web Http://www.cnblue.co.kr/
Korean name
Hangeul 정용화
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Jeong Yong Hwa
McCune–Reischauer Jŏng Yong Hwa atau Chŏng Yong Hwa

Jung Yong Hwa (정용화; pronounced [ tɕəːŋ joŋ hwa ];) (lahir 22 Juni 1989; umur 26 tahun) adalah penyanyi dan aktor asal Korea Selatan. Ia mulai dikenal setelah berperan sebagai Kang Shin-woo dalam serial televisi You're Beautiful.

Kehidupan dan Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Jung Yong Hwa lahir pada tanggal 22 Juni 1989, di Seoul, Korea selatan.[2][3] Keluarganya terdiri dari orang tua dan saudara laki-laki empat tahun lebih tua darinya. Dia pindah ke Busan pada tahun 1991 dan tinggal di sana sampai SMA, di mana ia pertama mulai menyusun lagu.[2] Setelah mengambil ujian masuk perguruan tinggi, ia pindah kembali ke Seoul di mana ia bergabung dengan FNC musik dan mulai menjalankan pelatihan dalam teknologi bass di F & C Academy. Pada tahun 2009, Jung Yong Hwa berangkat ke Jepang untuk belajar musik dengan bandnya.[4] Selama tinggal di sana, mereka melakukan pertunjukan jalanan dan merilis album indie .[4]

Sebelum bergabung dengan perusahaan dan debut berikutnya di bidang industri hiburan, dia sudah terkenal di Busan, karena ketampanannya dan suaranya. Dia juga dikenal di Internet sebagai "Eoljjang". Ia dibina oleh agen casting FNC, yang kebetulan melihat foto Yong Hwa di resor ski di internet yang di-upload kembali dari blog pribadinya oleh netizen tak dikenal di sebuah kafe ulzzang. Kemudian agem casting menghubunginya, pada hari pertama sebelum ujian SMA-nya dimulai. Namun, ia tidak menerima tawaran casting dari perusahaan tersebut karena dia tidak ingin menjadi seorang seniman. Kemudian, 50 hari sebelum ujian itu, para agen casting langsung pergi ke kampung Yong Hwa untuk meyakinkannya. Dia kemudian mengatakan kepada orang tuanya, yang tidak tahu bahwa Yong Hwa didekati oleh perusahaan, mengenai permintaan perusahaan untuk audisi menjadi seorang seniman. Orang tuanya menganjurkan dia untuk mencobanya dan kembali ke kampung halamannya untuk melanjutkan studinya. Dia merasa ragu bahwa ia akan lulus audisi karena mereka belum mendengarkannya menyanyi sebelumnya. Dia lulus audisi dan memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan untuk menjadi penyanyi utama dari band.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Jung Yong Hwa membuat debut sebagai penyanyi rocker dengan CN Blue pada 14 Januari 2010. Pada tanggal 25 Mei 2010, perwakilan Musik FNC mengumumkan bahwa Yong Hwa telah didiagnosis mengidap laringitis akut. Yong Hwa dirawat di rumah sakit untuk perawatan 24-27 Mei 2010 dan mungkin memerlukan operasi di masa depan.

Pada tanggal 14 Januari 2011, Jung Yong Hwa merilis single solo digital pertamanya, "For First Time Lovers" yang berduet dengan personil SNSD, SeoHyun. "[5] Lagu ini menduduki puncak tangga lagu selama 2 minggu berturut-turut.

Pada 19 Oktober 2011, Yong Hwa melakukan debutnya di Jepang dengan lagunya yang berjudul "In My Head" di bawah label Warner Music Japan.[1][6] Lagu "In My Head" dipilih sebagai lagu penutup Kartun Jepang Supernatural. [7]

Ia juga membuat dan menulis lagu single kedua C.N BLUE "Where You Are", yang dirilis di Jepang pada tanggal 1 Februari 2012. Singlefisik debutnya di nomor satu di chart harian Oricon dengan 32.943 kopi terjual pada hari pertamanya dan di chart mingguan dengan 60.398 kopi terjual pada minggu pertama. Hal ini membuat C.N BLUE menjadi band asing top pertama di Oricon Singles Chart sejak 18 Januari 1971.

Penulisan Lagu[sunting | sunting sumber]

Jung Yong Hwa telah menulis banyak lagu untuk C.N BLUE disamping untuk artis lain juga. Dia menulis dan menghasilkan "Fool" dan "Babo" (versi Jepang dari "Fool") sebagai hadiah untuk album debut Juniel, yang juga di bawah agensi yang sama sepertinya. Yong Hwa juga menyusun dan memproduksi "Love is Only You" untuk kelompok artis FNC lain, AOA

Karier akting[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Jung Yong Hwa mengawali debutnya di dunia akting dengan membintangi drama berakting untuk pertama kalinya di SBS Serial tv You're Beautiful bersama Park Shin Hye, Jang Geun Suk dan Lee Hong Ki F.T. Island, yang disiarkan dari mulai tanggal 7 Oktober - 26 November, 2009. Dia mendapatkan popularitas tinggi melalui aktingnya sebagai anggota band fiksi, ANJELL.

Hampi dua tahun setelah debutnya di dunia akting, Yong Hwa terpilih sebagai pemeran utama pria dari drama Heartstrings, bersama dengan Park Shin Hye, bintang dari You're Beautiful dan anggota bannya Kang Min Hyuk. Drama ini adalah melodrama muda Korea Selatan tentang cinta dan impian dari karakter utama, yang pertama kali ditayangkan pada tanggal 29 Juni 2011. Di drama ini, Jung Yong Hwa juga menhyanyikan tiga OST. Heartstrings, "You've Fallen For Me", "Because I Love You", dan "Comfort Song".

Penampilan MC[sunting | sunting sumber]

Jung Yong-hwa menjadi seorang MC utuk pertama kalinyacdi Melon Music Awards yang diadakan pada tanggal 16 Desember 2009 bersama dengan aktris Lee In Hye. Bersama dengan Kim Heechul dan Park Shin Hye, Yong Hwa adalah seorang MC dalam acara SBS Gayo Daejeon Award Ceremony yang diselenggarakan pada tanggal 29 Desember 2009. Sementara itu, Yong Hwa juga menggantikan Tiffany dan Yuri Girl's Generation sebagai MC di acara Music Core episode yang ditayangkan pada tanggal 29 Mei 2010 bersama dengan Sun Ye dan Yoo Bin dari Wonder Girls. Pada bulan Juni 2010, ia juga menjadi MC di dalam acara Music Core bersama Yuri dan Seohyun Girl's Generation. Akhirnya pada tanggal 18 Juli 2010, ia secara resmi menjadi salah satu host baru di SBS Inkigayo bersama dengan Sulli F(x) dan Jo Kwon 2AM. Dia berakhir menjadi host di Inkigayo pada 13 Maret 2011 karena jadwalnya yang padat.

Dia juga muncul sebagai MC untuk SBS Gayo Daejun 2010 yang diselenggarakan pada 29 Desember bersama dengan Jo Kwon, Kim Hee Chul dan Hwang Jung Eum. Pada tanggal 7 April 2012, ia dan Hyoyeon menjadi MC sehari di MBC Music Core dan menjadi host suatu program bersama Seohyun Girl's Generation, menggantikan Tiffany dan Taeyeon. Ia juga menjadi host di KBS Music Bank pada tanggal 2 November 2012 yang diadakan di Chili, bersama dengan Kyuhyun Super Junior dan Uee After School. Program ini disiarkan pada tanggal 17 November. Pada tanggal 10 November, ia juga menjadi host 'K-Pop Ssuper Concert" di Amerika bersama dengan Tiffany Girl's Generation dan Lee Gi Kwang Beast. Dia dan Gi Kwang Beast menjadi MC khusus di SBS 'Inkigayo, bersama IU yang disiarkan pada tanggal 9 Desember.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Drama TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Jaringan Judul Peran Keterangan
2009 SBS You're Beautiful Kang Shin-woo Debut berperan ( acting Second role)
2011 MBC Heartstrings Lee Shin[8] First lead role
2012 SBS A Gentleman's Dignity sebagai dirinya, Jung Yonghwa (kameo) ep 13[9]
2013 KBS 2 Marry Him If You Dare Park Se Joo
2014 tvN The Three Musketeers Park Dal Hyang

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran
2014 Go! CNBLUE Himself
The Story of CNBLUE: Never Sop Himself

Reality Show[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Jaringan Keterangan
2009–2010 Sunday Sunday Night – Hunters: Echo House MBC Co-host
2010 Happy Birthday SBS Bersama Lee Jung-shin
Haha Mong Show SBS Episode 11
Let's Go Dream Team! Season 2 KBS2 Episode 17
Night After Night SBS Co-host bersama Kang Dae Sung (Big Bang) dan Uee
Running Man SBS Episode 7 bersama Ham Eun Jung (T-ara) dan Jo Kwon (2AM)
Episode 11 bersama Kim Je Dong
Episode 17 bersama Go Joo Won
Star Golden Bell KBS2 Episode 274
Strong Heart SBS Episode 17, 18, 29 dan 40
We Got Married MBC Berpasangan dengan Seohyun
Win Win KBS2 Episode 5 dan Episode 20
MC pada episode 19
2011 Happy Together KBS2 Episode 156, 192 dan 193
Strong Heart SBS Episode 73 dan 74
Running Man SBS Episode 35 dan 36 bersama Kang Dae Sung (Big Bang)
Episode 72 dan 73 bersama Lee Min Jung
2012 Sponge KBS2 Bersama Lee Jung Shin (CN Blue)
Hello KBS2 Bersama Lee Jung Shin (CN Blue)
Invincible Youth KBS2 Episode 21 dan 22 bersama Lee Jung Shin (CN Blue)
Strong Heart SBS Episode 125-126
Running Man SBS Episode 104 bersama Eun Hyuk (Super Junior), Ham Eun Jung (T-ara), Lee Joon (MBLAQ), Nichkhun (2PM), Si Wan (ZE:A), dan Yoon Doo Joon (Beast)
2013 Moonlight Prince KBS Episode 4 bersama Haha dan Moon Hee Jun
Running Man SBS Episode 127 bersama Choi Ji Woo, Lee Jong Hyun (CN blue), Lee Gi Kwang (Beast), dan Simon Dominic (Supreme Team)
Episode 129 bersama L (Infinite), Choi Min Ho (SHINee), Sulli (f(x)), Hwang Kwang Hee (ZE:A), dan Lee Joon (MBLAQ)
2014 Cheongdam-dong 111 tvN Episode 1-8 bersama CN Blue
Radio Star MBC Episode 367 bersama CN Blue
Running Man SBS Episode 186 bersama CN Blue
Weekly Idol MBC Episode 139–140 bersama CN Blue
2015 Happy Camp Chinese Hunan TV Bersama JJ Lin
Hello Counselor KBS2 Episode 212 bersama Jang Su Won, Lizzy (After School), dan Sun Woo
I Live Alone MBC Episode 96 dan 103
Idol True Colors MBC Music Episode 44
Infinite Challenge MBC Episode 416 dan 417
Picnic Live MBC Music Episode 61-63
Radio Star MBC Episode 411 dan 412
Running Man SBS Episode 242 bersama Lee Hong Ki (FT Island) dan Jung Il Woo
We Got Married MBC Episode 280 bersama CN Blue
Weekly Idol MBC Episode 186
Yonghwa's Hologram Mnet MC
Yu Huiyeol's Sketchbook KBS2 Episode 259 bersama  Yang Dong Geun
Episode 272 bersama Lee Moon Se

MC[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Jaringan
2010–2011 Inkigayo SBS
2009, 2010 SBS Gayo Daejeon SBS

Video musik[sunting | sunting sumber]

Tahun Video musik Panjang Album Keterangan
2012 "Fool" (Korea: 바보) 3:57 My First June (album mini ke-1) oleh Juniel Diproduksi oleh dan menampilkan dirinya

Iklan[sunting | sunting sumber]

  • 2011: Scotch Puree
  • 2011: Hazzys Acc
  • 2011: BangBang
  • 2011: Suit House
  • 2010: Suit House
  • 2010: NII (Spring)
  • 2010: Holika Holika
  • 2010: Sony Ericsson Xperia (X10)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan
2009
2010

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b CN Blue's Japan major debut,dkpopnews.net, Retrieved 20 October 2011.
  2. ^ a b "정용화│My name is..." (in Korean). 10asia.co.ko. Diakses tanggal 2011-03-28. 
  3. ^ "정용화" (in Korean). Nate. Diakses tanggal August 27, 2011. 
  4. ^ a b (Korea)Showcase for his singer debut takes place on Jan. 14,dcnews, Retrieved 27 December 2011.
  5. ^ The Gaon Chart, The song topped the chart for 2 consecutive weeks.
  6. ^ (Korea)"Jung Yong Hwa’s self-composed song chosen as a Japanese animation's ending song". nocutnews.co.kr. Diakses tanggal 26 October 2011.  Text "sports_ent" ignored (bantuan); Text "ent" ignored (bantuan)
  7. ^ "CNBLUE’s “In My Head” dipilih sebagai penutup Kartun jepang “Supernatural”". OneAsiaa.com. Diakses tanggal 26 October 2011. 
  8. ^ Jung Yonghwa's 180 Degrees Transformation in "Title: 넌 내게 반했어 (You've Fallen For Me)"
  9. ^ Sunwoo, Carla (5 July 2012). "Jung Yong-hwa to make cameo appearance in A Gentleman’s Dignity". Joongang Daily. Diakses tanggal 4 July 2012. 
  10. ^ SBS Entertainment Awards Winners
  11. ^ "2010 Korea Drama Festival Popularity Award" (in Korean). kdfo.org. 2010-9. Diakses tanggal 2011-06-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]