Šajkaška

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta wilayah Šajkaška.

Šajkaška (bahasa Serbia: Шајкашка) adalah sebuah kawasan yang merupakan bagian dari wilayah Bačka di provinsi Vojvodina. Wilayah ini terdiri dari empat munisipalitas:: Titel, Žabalj, Novi Sad dan Srbobran. Pusat bersejarah wilayah ini terletak di kota Titel.

Kota dan desa di Šajkaška[sunting | sunting sumber]

Munisipalitas Titel:

Munisipalitas Žabalj:

Munisipalitas Novi Sad:

Munisipalitas Srbobran:

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama "Šajkaška" berarti "tanah šajkaši". Šajkaši adalah pasukan Serbia di Kekaisaran Austria yang beroperasi di Sungai Donau, Tisa, Sava, dan Moriš dengan menggunakan kapal. Pada masa kekuasaan Habsburg, batalion Šajkaš yang didirikan pada tahun 1763 merupakan bagian dari provinsi Militärgrenze. Pada awalnya, wilayah ini hanya dihuni oleh orang Serbia saja dan pasukan Šajkaši turut serta dalam pertempuran melawan Utsmaniyah.

Pada tahun 1852, batalion Šajkaš diubah menjadi "batalion infantri Titel". Satuan ini dibubarkan pada tahun 1873, sementara Provinsi Militärgrenze menjadi bagian dari Komitat Bács-Bodrog.

Saat ini, Šajkaška merupakan wilayah pertanian dengan industri pangan yang cukup maju.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Di wilayah ini terdapat sebuah biara Ortodoks Serbia yang terletak di desa Kovilj. Biara ini didirikan oleh Santo Sava pada abad ke-13 dan dibangun kembali dari tahun 1705 hingga 1707.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]