Œthelwald dari Deira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Œthelwald
Raja Deira
Berkuasa651 – 655 M
PendahuluOswine
PenerusAlhfrith
Lahirskt. 625
Wafatset. 655 M
WangsaDeira
AyahOswald

Œthelwald merupakan seorang Raja Deira (651 – skt. 655). Ia adalah putra Raja Oswald dari Northumbria, yang tewas terbunuh di Pertempuran Maserfield pada tahun 642.

Setelah Oswine dari Deira dibunuh oleh Oswiu dari Bernicia pada tahun 651, Œthelwald menjadi raja; tidak pasti jika Oswiu (yang merupakan pamanda Œthelwald) menempatkannya sebagai raja atau Œthelwald merebut tampuk kepemimpinan dari Oswiu.[1] Ia kemudian bersekutu dengan musuh Oswiu, Penda dari Mercia, dan membantu Penda selama invasi di Northumbria pada tahun 655. Namun ketika pasukan Oswiu dan Penda bertemu pada tanggal 15 November di Pertempuran Winwaed, Œthelwald menarik pasukannya. Penda dikalahkan dan dibunuh,[2] mungkin sebagian karena pembelotan ini, dan setelah itu Œthelwald tampaknya kehilangan Deira dari Alhfrith, yang ditempatkan di sana oleh Oswiu yang menang.

Nasib Œthelwald selanjutnya tidak diketahui, karena tidak ada yang tercatat dengan resmi mengenai dirinya setelah pertempuran.[3] Akan tetapi, tradisi setempat menyatakan bahwa ia menjadi seorang pertapa di Kirkdale, Yorkshire Utara.

Meskipun ia bersekutu dengan Penda yang pagan, Œthelwald adalah seorang penganut Kristen yang saleh dan dikenang karena kemurahan hatinya terhadap St. Ceddus, kepada siapa ia menghibahkan tanah untuk sebuah biara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D. P. Kirby, The Earliest English Kings (1991, 2000), page 78.
  2. ^ Bede, H. E., book III, chapter 24.
  3. ^ Kirby, page 81.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]